Trip To Petang Part 2 : Jembatan Tukad Bangkung

jembatan tukad bangkung

jembatan tukad bangkung

Destinasi : Jembatan Tukad Bangkung

Yuhuuu!! Setelah berasyik-asyik ria main sama monyet-monyet di sangeh, kami melanjutkan perjalanan ke tukad bangkung, petang. Kuda besi kami pacu terus ke arah utara. Waktu itu jalanan begitu lengang, mungkin karena jalan ke arah petang bukan merupakan jalan utama yang menghubungkan dua kota besar. Kami melewati jalan yang meliuk-liuk dan menanjak yang dikitari oleh hutan-hutan dan desa-desa. Pemandangan alam berupa bukit-bukit memanjakan mata kami. Hijau semua😀

Di pertengahan jalan kami melewati sebuah desa yang memiliki masjid cukup besar. Sempat membuat saya amazed juga, ternyata di pedalaman bali ada masjid juga lho😀. Duuh sayang lupa apa nama desanya.

Beberapa menit kemudian kami mulai panik, kok tidak sampai-sampai yah. Seems sudah lama jalan kok ga keliatan juga itu jembatan. Lalu kami memutuskan untuk bertanya kepada bli-bli yang sedang mencuci motor di pinggir jalan.

“Permisi…Bli kalau mau ke jembatan yang tinggi itu masih jauh ga bli?”
“Ooooh ga ko, tinggal lurus aja, nanti sampai.”

Si bli tadi sih bilangnya tidak jauh lagi. Tapi bagi kami yaa lumayan jauh banget. Mungkin karena ukuran “kejauhan” bagi orang kota dan penduduk desa beda kali yaa😀. Beberapa menit setelah kami bertanya sama si bli tadi, kami melewati sebuah desa. Di desa itu ada plang dan tanda panah “air terjun….meter”. Wah air terjun yang kami tidak sempat membaca namanya tadi mesti di jabanin sehabis dari jembatan. Finally setelah kira-kira satu jam kami mengendarai motor dari sangeh, kami menemukan jembatannya. Ternyata jembatan itu memang dalam sekali pilarnya (atau tinggi sekali). Kontur dataran sungai di Bali kalau menurut saya memang berbeda dari dataran sungai di jawa. Di bali sungai-sungai tampak begitu dalam dan jauh untuk dituju dari atas. Tukad bangkung ini mungkin jembatan dengan pilar tertinggi yang pernah saya lihat dengan mata kepala saya sendiri (berhubung saya memang beum pernah travel ke banyak tempat :D).

Setelah memarkir motor, kami berjalan menyusuri jembatan yang panjangnya beberapa ratus meter tersebut. Maaf tidak sempat mengukur panjangnya, kan tidak bawa meteran😀. Sesampainya di sisi jembatan yang lain, kami memutuskan untuk turun ke bawah dan mencari jalan untuk ke seberang. Akan teapi setelah turun ke bawah kami tidak menemukan jalan untuk menyebrang sungai, jadi kami naik lagi deh. Dari atas kami mencoba memetakan rute perjalanan ke bawah tadi, ternyata ada jalan dan ada jembatan bambu di bawah. Kebalik yaah, seharusnya kami memetakan rute dulu baru turun ke bawah dan bukan sebaliknya😀.

Sebelum melanjutkan perjalanan kami sempat melihat batu peresmian jembatan itu. Nama tukad bangkung, terdengar aneh untuk orang jawa seperti saya. Lalu saya bertanya ke mega yang orang bali asli.

” Ga…tukad bangkung artinya apa sih?”
“Kalau tukad artinya sungai, kalau bangkung artinya babi betina”
“Duuh kasian banget tu sungai dan jembatan dinamain babi betina..”😀 hehe JSKD

Secuil info tentang Jembatan Tukad Bangkung

– Masuknya ga bayar (waktu itu seh)
– Parkir juga ga bayar (waktu itu juga)😛
– Di pinggir-pinggir jembatan ada warung-warung, jadi ga usah takut kelaperan. Tapi bagi kalian yang tidak makan babi sebaiknya hati-hati dalam memilih makanan.
– Kalau takut ketinggian sebaiknya jangan lihat ke bawah😀 dalem bgt bow!
– Kalau suka ketinggian rasanya pengen terjun bebas dari atas jembatan😀 hehe..ngebunjee….

Arah : Denpasar –> Mambal –> Abian semal –> Sangeh –> Carang sari –> Persiapan pangsan –> Petang –> Tukad Bangkung

Peta Jembatan Tukad Bangkung

Tinggalkan komentar

Filed under Keliling Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s