Bonus hari libur! mari kita ke museum!

Museum Kebudayaan Bali dan Museum Perjuangan Rakyat Bali Bajra Sandhi

Rasanya hari itu saya malas dan pegal linu karena saya baru datang bulan di hari pertama. Ingin rasanya saya menelepon kantor dan minta ijin sakit, karena saya belum pernah mengambil jatah cuti. Baru enak-enaknya saya melungker di atas kasur, saya mendapatkan telepon dari kantor bahwa hari itu libur, karena kantor pusat di Jepang juga libur. Horeee! Saya senang sekali dan tiba-tiba saya malah pengen jalan-jalan (lhoo??). Hari itu saya pengen jalan-jalan yang tidak begitu capek dan tidak jauh dari kos serta tidak boros ongkos. Jadi saya skip tujuan seperti pantai, gunung atau mall.

Saya memutuskan untuk mengunjungi dua museum yang dikelola oleh pemerintah daerah Bali, yaitu museum budaya Bali dan museum perjuangan rakyat Bali atau museum bajra sandhi. Sebelumnya saya hanya melewati kedua museum itu dengan bersepeda di hari minggu pagi. Kedua museum ini letaknya di dekat lapangan atau alun-alun kebanggaan masyarakat Bali, museum budaya Bali di puputan badung dan museum perjuangan rakyat Bali di puputan niti mandala renon.

gapura museum bali

salah satu gapura megah UPT museum Bali

patung wanita bali

salah satu patung wanita bali yang terpajang di museum

Saya mulai dari museum yang paling dekat dulu dari kos saya, yaitu museum budaya atau UPT museum Bali. Saya membeli tiket masuk seharga Rp 2000. Cukup murah, eh salah, terlalu murah untuk sebuah wahana yang kaya akan wawasan budaya. Arsitektur museum ini Bali banget! (ya iyalaah..:D). Terdapat empat buah bangunan utama, yang setiap bangunannya mempunyai halaman sendiri dan dipisahkan oleh gapura khas bali. Ke-empat gedung itu adalah gedung tabanan, buleleng, karangasem dan gedung timur. Banyak hal yang dipamerkan di museum ini mengenai kebudayaan Bali, mulai dari Bali jaman purba, seperti artefak dan peti kubur batu sampai diorama upacara-upacara adat Bali. Terdapat pula aneka ragam pakaian adat Bali dari beberapa kabupaten yang berbeda. Barong, ogoh-ogoh, rangda serta topeng-topeng Bali di tempatkan dalam satu ruangan khusus, tetapi saya lupa di gedung yang mana😀 . Karena saya hanya sendirian di ruangan itu dan merasa merinding saya cepat-cepat keluar😀. Pengunjung museum hari itu sedikit dan hanya saya yang orang lokal, mungkin karena weekdays. Menurut saya museum ini wajib dikunjungi wisatawan lokal dan asing yang ingin lebih mengenal kebudayaan dan sejarah etnografi suku Bali. Sangat tidak rugi, murah tapi banyak hal yang bisa memperkaya wawasan.

di depan museum bajra sandhi

Pak satpam! fotoin saya dunk!

tangga menuju menara bajra sandhi

tangga melingkar menuju puncak menara museum bajra sandhi

Hanya 10 menit dari puputan badung, sampailah saya di monumen/museum bajra sandi yang terletak di puputan niti mandala renon, alun-alun utama kota denpasar. Saya membayar Rp 5000 untuk tiket masuk. Museum ini berarsitektur unik, terbuat dari batu dan terdapat sebuah menara yang menjulang di tengah-tengahnya. Saya tidak dapat membayangkan bagaimana orang-orang Bali membangun bangunan megah yang terkesan seperti candi itu. Pastinya penuh kesabaran karena terdapat banyak ukiran batu yang detil dan njelimet. Di sekeliling bangunan museum terdapat kolam ikan dan empat bungalow batu di ujung-ujungnya. Museum ini terdiri dari 3 lantai. Lantai pertama adalah pusat informasi, perpustakaan dan ruang pameran. Lantai ke dua adalah ruang diorama yang menggambarkan awal mula kerajaan-kerajaan di Bali, penjajahan Belanda dan Jepang di Bali, serta perjuangan I Gusti Ngurah Rai. Lantai ke tiga adalah menara yang bisa kita naiki dengan tangga melingkar. Saya sangat ingin naik ke atas dan melihat pemandangan kota Denpasar dari sana, akan tetapi peraturan tidak memperbolehkan wanita yang sedang datang bulan untuk naik😦. Akhirnya saya turun dan leyeh-leyeh di pinggir kolam ikan, menikmati angin siang yang sepoi-sepoi sambil memijat diri-sendiri😀. Puas sekali rasanya hari ini, dapat mengenal Bali lebih dekat lagi.