Tibubiyu, pantai ini pasirnya hitam bangeett!

black sand beach tibubiyu

black sand beach tibubiyu

Hari itu adalah hari terakhir christel menginap di kos kami, esoknya dia harus segera meninggalkan Indonesia untuk pulang ke Jerman. Karena hari itu sabtu, masuk setengah hari kerja, maka saya dan sita memutuskan untuk jalan-jalan bersama christel sebagai farewell moment😀. Kami ingin mengunjungi tempat yang tidak biasa untuk turis di Bali. Maka kami mengubek-ubek peta Bali dan berharap mendapatkan ilham. Setelah bertapa beberapa menit, kami menemukan tulisan black sand beach Tibubiyu di bagian kiri peta. Dari peta tersebut diketahui bahwa black sand beach terletak di Tabanan barat, lumayan jauh dari Denpasar. Kami berangkat siang hari dari kos dengan dua motor. Sebelum ke black sand beach kami mampir dulu ke pura taman ayun yang juga terletak di kabupaten Tabanan. Pura keluarga raja itu merupakan pura megah dan indah dengan taman dan kolam yang ditumbuhi berbagai macam jenis flora. Kami hanya sebentar di sana karena terlalu banyak pengunjung.

Kami lalu menyusuri jalan raya denpasar-gilimanuk (by pass kediri) sampai ke ibu kota kabupaten Tabanan (Kediri). Sampai di sana kami bingung, enaknya belok kanan menuju selatan dari mana. Kami banyak bertanya kepada orang di pinggir jalan mengenai lokasi Tibubiyu. Setelah beberapa kali bertanya baru ada satu orang yang benar-benar mengerti jalan ke arah Tibubiyu, yang masih berkilo-kilo meter jauhnya dari Kediri. Walaupun masih jauh dan sudah sore kami tetap kekeuh bersemangat karena penasaran dengan hitam pasirnya, benar-benar hitam atau tidak😀.

Kami kemudian bermotor melewati desa-desa yang masih belum tersentuh oleh bau-bau turis di pedalaman Bali. Walaupun jauh dari kota, daerah ini sudah beraspal mulus. Sesekali beberapa orang melihat ke arah kami dengan pandangan aneh, mungkin karena kami sedang bersama christel (haha, ge-er). Setelah beberapa kali kami nyasar dan menghabiskan waktu kira-kira 35 menit dari kota kediri, akhirnya kami sampai di pantai yang dimaksud.

pasir hitam tibubiyu

pasir hitam tibubiyu dan sepatu sita

black and white tibubiyu

black sand and white skin in tibubiyu

sita and the black sand beach

sita and the black sand beach tibubiyu

para abg di black sand beach

para ABG di black sand beach Tibubiyu menjelang sore

Awalnya saya pikir hitamnya pasir di Tibubiyu seperti hitamnya pasir di Parangtritis, Yogya. Pantai parangtritis adalah pantai dengan pasir terhitam yang pernah saya kunjungi😀. Ternyata pasir hitam di Tibubiyu jauh lebih hitam (Nah lho!). Di antara hitam pasirnya terdapat kerlip-kerlip perak yang berkilauan tanda pasirnya mengandung banyak biji besi. Saya pikir pantai ini sepi karena jauh dari Denpasar, ternyata tidak kalah ramai dengan pantai kuta, hanya saja pengunjungnya 99,99 % lokal. Mereka kebanyakan para ABG yang membawa motor berboncengan tanpa helm. Semakin sore, semakin banyak ABG datang. Apa yang terjadi jika anda bertemu banyak ABG dengan motor di bibir pantai yang luas? Yeaap! Mereka balapan motor trek-trekan di atas pasir. Pantai ini bagaikan sebuah sirkuit luas bagi mereka. Sesekali mereka tidak hanya balapan tapi menunjukkan kemampuan mereka akrobat di atas motor.

Kami bertiga menikmati pantai yang ombaknya lumayan besar ini, sedikit menjauh dari para ABG itu. Jujur saya takut melihat trek-trekan. Kami banyak mengambil foto pantai bagian barat yang lumayan sepi. Beberapa orang terlihat bermain ombak di pantai ini, tetapi tidak ada yang berenang atau surfing. Pohon-pohon kelapa dan semak-semak tinggi banyak tumbuh di sepanjang pantai. Tidak ada warung di pantai ini, tetapi banyak pedagang asongan yang mengelar lapak di gapura masuk berupa makanan kecil, jagung bakar dan minuman. Ada satu bangunan yang menarik perhatian saya, yaitu sebuah resto berdesain eksotik Bali. Tampaknya itu satu-satunya resto di sana.

Jika anda sedang di Bali dan bosan dengan pantai yang pasirnya putih atau coklat, pantai berpasir hitam ini merupakan tujuan yang unik dan berbeda. Buktikan saja hitamnya!

Arah : Denpasar –> Jalan By Pass Kediri –> Jalan Melilingng Tabanan –> Kediri –> Kerambitan –> Tibubiyu

Peta Tibubiyu :

Tinggalkan komentar

Filed under Keliling Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s