Waterblow! bukan waterboom, fenomena alam unik di pantai nusa dua

kerindangan nusa dua bali

salah satu sudut pantai nusa dua bali

Pada zaman dahulu kala saya tidak bisa membedakan antara waterboom dan waterblow😀. Waktu itu di Indonesia hanya ada dua waterboom yaitu di Bali dan di Jakarta. Dan saya sama sekali belum pernah ke waterboom saat itu (maklum muahal sangat), jadi belum tahu bentuk dan isi waterboom itu seperti apa (walaupun sampai saya menulis ini saya belum pernah ke waterboom :P). Seorang teman kerja saya di Bali pernah memberitahu saya kalau ada waterboom gratis di pantai nusa dua. Dengan rasa penasaran yang teramat sangat tinggi (soalnya gratis), pergilah saya ke pantai nusa dua. Untuk ke pantai ini saya harus melewati barikade pos penjagaan komplek hotel mewah nusa dua. Waktu itu rada keder juga, takutnya semua pantai di komplek nusa dua itu adalah private beach yang dikhususkan untuk pengunjung hotel. Untung saja pak satpamnya baik-baik dan dengan baik hati mau menunjukkan di mana letak pantai nusa dua yang terbuka untuk umum. Sesampainya saya di pantai nusa dua yang gratisan dan terbuka untuk umum ini😀, saya mencoba menemukan di mana letak waterboom ini berada. Menyusuri pantai nusa dua terasa menyenangkan, karena pantai ini begitu hijau banyak ditumbuhi pohon-pohon rindang, bahkan pasir putihnya pun ditumbuhi rerumputan hijau.

waterblow nusa dua

gapura, jalan masuk ke lokasi waterblow nusa dua

Setelah menyisir pantai dan beberapa sudut nusa dua, akhirnya saya menemukan sebuah gapura dengan tulisan “waterblow”. Ooh waterblow, bukan waterboom, untung saja saya belum tanya ke orang “bli/mbok waterboomnya di mana yah?” Apakah waterblow? Ternyata di pesisir tenggara pantai nusa dua terdapat fenomena unik gugusan karang yang sedikit terangkat ke daratan. Karang-karang hitam tersebut membentang luas dan terlihat sangat runcing berbahaya. Pengunjung dapat melintas di tengah-tengah gugusan karang ini, karena sudah disediakan jalan sendiri dengan pembatas dan tulisan “jangan melampaui batas, berbahaya!” di mana-mana. Di ujung jalan ini terdapat sebuah celah karang dan ketika sapuan ombak besar masuk ke dalamnya, ombak tersebut membentuk sebuah pusaran besar yang kemudian pecah dengan dahsyatnya (lebay sih, tapi mending lihat sendiri deh).

waterblow nusa dua

Jadi inilah waterblow itu,  yang difoto ini hanyalah yang hempasan ombaknya kecil lho  *please ignore the girl😀

Nah inilah yang disebut dengan waterblow nusa dua, semacam blender raksasa alami di antara celah karang. Saya tidak bisa membayangkan kalau ada mahkluk hidup seperti ikan terseret ombak dan masuk ke celah karang itu, kalau tidak tewas yah paling sedikit pusing karena harus berputar dan terhempas. But anyway pemandangan di tempat ini sebenarnya sangat indah dan unik untuk dinikmati. Adakah fenomena waterboom eh waterblow lain di Indonesia?

All photo above by christel

2 Komentar

Filed under Keliling Indonesia

2 responses to “Waterblow! bukan waterboom, fenomena alam unik di pantai nusa dua

  1. Sepertinya keren nih Pantai Nusa Dua…Dari foto-fotonya jadinya membuat pengen pergi ke sana nih…

    Do’ain ya supaya bisa menyusul dan menikmati Pantai Nusa Dua…Amiiinnnnn…

    Thx atas postingannya…

    • Iya, keren! Amin saya doakan anda bisa segera mengunjunginya🙂 . Saya juga masih pengen ke waterblownya lagi, pengen lihat ombak besar yang dahsyat tapi aman😀

Tinggalkan Balasan

