Jogja-Karimunjawa – Plesiran Karimunjawa Part 1

Kalau tidak gara-gara patah hati mungkin saya belum pernah ke Karimunjawa (curcol :D). Waktu itu saya punya sedikit uang untuk pergi mengunjungi pacar saya di seberang pulau nun jauh dari Jogja. Namun uang itu batal saya gunakan untuk tujuan utama karena saya terlanjur diputus😦 (ouuch!). Saya kemudian menghadiri couchsurfing gathering yang ada di yogyakarta, sekembalinya dari Bali. Pada gathering tersebut, teman-teman membicarakan soal gathering yang lebih besar lagi se-Indonesia di Karimunjawa yang hanya mengeluarkan kocek sekitar Rp 265.000. Jelas saja saya tergiur. Tinggal bayar dan teman-teman dari semarang yang pernah ke Karimunjawa telah mempersiapkan semuanya, dari ferry, hotel, makan hingga sewa boat dari pulau ke pulau.

ngangkot ke terminal terboyo

ngangkot ke terminal terboyo otw karimunjawa

Hari itu hari jumat, teman-teman couchsurfing jogja berkumpul di terminal jombor untuk berangkat ke semarang. Karena perjalanan ini memang ala backpacker (emangnya pernah jalan ala koper? hehe) maka kami berangkat dengan bis ekonomi jogja-semarang. Sampai di semarang kami naik angkot beberapa kali menuju rumah sonny hermawan, teman kami. Kami menginap beramai-ramai di rumahnya dan harus bangun sangat pagi untuk naik bis ke Jepara. Jam 5 pagi kami sudah sampai di terminal terboyo dan bertemu teman-teman CS dari Jakarta. Dua jam naik bis semarang-jepara, kami tiba di pelabuhan kartini, satu-satunya pelabuhan ferry di Jepara. Kapal ferry yang mengangkut kami adalah kapal KMP Muria. Ferry ini berangkat jam 9 tepat dari jepara, jadi jikalau kami terlambat sedikit saja berangkat dari semarang pagi itu, hanguslah trip indah kami😀.

dek bawah yang sangat ramai

dek bawah KMP Muria yang sangat ramai seperti pasar😀

pulau sepanjang dari atas ferry

pulau sepanjang dari atas ferry KMP Muria

Ferry ini selain mengangkut beraneka macam manusia😀, juga mengangkut ternak, hasil bumi dan sembako. Deck paling bawah sudah seperti pasar saja. Satu-dua jam berada di atas KMP Muria yang penuh penumpang, kami masih sangat excited mengarungi luasnya laut biru. Kami juga excited ketika melewati satu pulau kecil berpasir putih bernama pulau sepanjang yang jaraknya hanya beberapa km dari jepara. Waktu itu saya dan beberapa teman dari jogja dan semarang mencari tempat duduk di dek paling atas, dengan cara menggelar matras di dekat ruang kemudi (saking penuhnya!). Pagi itu matahari masih berpihak kepada kami karena kami berada di sisi barat kapal. Untuk membunuh waktu kami bernyanyi dan bermain game-game kecil. Sesekali kami melihat ikan-ikan terbang (ikan indosiar) berenang dan berlompatan di dekat kapal. Menjelang tengah hari matahari mulai menyengat, satu per satu teman kami mreteli entah kemana, ada yang pindah ke ruang VIP dengan tempat duduk nyaman dan AC, ada yang mencari makanan kecil di kantin kapal, ada yang bolak-balik ke toilet karena mabuk laut dan muntah terus. Jam 12 siang, dari ferry daratan jawa sudah tak terlihat dan daratan karimunjawa pun juga belum terlihat. Tempat kami duduk yang semula sejuk kini berubah menjadi sauna yang langsung teradiasi sinar ultraviolet. Akhirnya daripada mati kepanasan kami pindah ke sisi timur kapal yang ternyata sudah penuh dengan manusia. Keceriaan teman-teman dan saya berkurang drastis karena panas di tengah lautan lepas. Rasanya ingin segera melihat daratan!

akhirnya pulau karimunjawa kelihatan juga

akhirnya pulau karimunjawa terlihat juga dari atas ferry

Waktu menunjukkan sekitar jam 2 siang, samar-samar terlihat bukit di tengah lautan. Kami merasa lega karena sebentar lagi kami sampai di daratan😀 . Lama-kelamaan bukit itu terlihat semakin jelas dan pulau-pulau lain pun terlihat di sisi kanan kapal. Awalnya saya pikir Karimunjawa itu adalah pulau yang flat dengan banyak pohon kelapa di atas pasir putih, ternyata saya salah. Karimunjawa adalah pualu dengan jajaran perbukitan yang menurut perkiraan saya tingginya bisa mencapai 700 meter. Awalnya pula saya pikir perjalanan ferry Jepara-Karimunjawa hanya memakan waktu 3 jam, ternyata 6 jam. Kalau saja saya mencari tahu dulu sebelum berangkat, pasti saya akan membawa makanan yang lebih banyak lagi untuk saya habiskan di atas ferry😀.

Jogja – Karimunjawa – Jogja Transport dan Estimasi Waktu ala Backpacker

• Jogja – Semarang dengan bis ekonomi maks jam 5 sore dari Terminal Jombor atau maks jam 4 sore dari Terminal Giwangan Rp 18.000 (Hari jum’at). Estimasi waktu 3,5 – 4 jam.
  • Menginap semalam di rumah teman di Semarang (gratisaan)😀 . Jadi sediakan saja biaya angkot ke rumah teman.
  • Angkot ke Terminal Terboyo Rp 2500-5000 (tergantung jauh-dekat dan berapa kali ganti angkot). (Hari sabtu jam 5 pagi, dan harus jam 5 pagi kalau tidak mau ketinggalan ferry)
  • Bis, Terminal Terboyo Semarang – Pelabuhan Kartini Jepara Rp 12.000 (Hari sabtu jam 6 pagi). Estimasi waktu Semarang – Jepara adalah 1,5 sampai 2 jam.
  • Ferry KMP Muria kelas ekonomi+asuransi, Jepara – Karimunjawa Rp 32.000 (Hari sabtu jam 9 pagi tepat). Estimasi waktu 6 jam.
  • Sampai di Karimunjawa ada banyak penginapan murah atau di rumah penduduk mulai Rp 40.000. Kalau mau lebih hemat lagi, bawa tenda saja, tapi saya belum tahu di mana lokasi yang boleh mendirikan tenda😛.
  • Ferry KMP Muria kelas ekonomi+asuransi, Karimunjawa – Jepara Rp 32.000 (Hari minggu atau selasa jam 8 pagi tepat). Estimasi waktu 6 jam.
  • Bis, Jepara – Semarang Rp 12.000. Estimasi waktu 1,5 – 2 jam. Sampai semarang biasanya sudah malam sekitar jam 6 – jam 7. Jadi bila sudah tidak ada bis ke Jogja sebaiknya menginap dulu semalam di semarang.
  • Bis, Semarang – Jogja (ekonomi) Rp 18.000. Estimasi waktu 3,5 – 4 jam.
  • Total biaya transport Jogja – Karimunjawa – Jogja kira-kira Rp 126.000 – Rp 140.000 (ala backpacker!)

KURANG MURAH? coba pakai motor saja!

• Estimasi biaya bensin dari jogja-karimunjawa-jogja dengan motor biasa (bukan moge atau vespa), adalah sekitar Rp 60.000-Rp 90.000
  • Tarif Ferry KMP Muria untuk motor Rp 27.500 sekali jalan, jangan lupa Ferry per manusia Rp 32.000 sekali jalan.
  • Perkiraan biaya transport dengan motor adalah Rp 243.000 – Rp 270.000 untuk 2 orang
  • Keuntungan bawa motor ke karimunjawa : anda bisa mengelilingi pulau karimunjawa-kemojan yang jaraknya puluhan kilometer sesuka hati😀.