Gua cerme, gua untuk a very newbie caver

gua cerme

pelataran gua cerme

Caving di gua cerme adalah bagian dari masa lalu saya *bleeeh. Yang saya maksud di sini adalah saya pernah caving di gua cerme 3 kali beberapa tahun yang lalu, tetapi saya belum pernah menulis ceritanya di blog. Karena banyak memori kecil yang sudah dilupakan oleh otak saya (nuduh otak sendiri) tentang penyusuran gua ini, maka saya hanya akan meng-aplot foto-foto yang menurut saya menarik😀. Waktu itu saya menyusuri gua ini dengan ketiga teman baik saya mega, jainer dan anes. Jainer  membawa kamera canggih yang menghasilkan foto-foto keren di dalam gua (padahal kebanyakan sebenarnya adalah foto narsis) dan selama di gua ia membawanya menggunakan dry bag (thanks to dry bag ijo😀 ).

lets go in

mari masuk gua cerme

Di manakah gua cerme? Gua cerme terletak di perbukitan di dusun srunggo, selopamiro, imogiri,  perbatasan kabupaten bantul dan kabupaten gunung kidul, 20 km selatan kota yogyakarta. Dari kota yogyakarta melewati jalan imogiri timur ke arah panggang, setelah sampai di perempatan siluk jembatan sungai oya, ambil jalan naik ke atas bukit, dan ikuti saja petunjuk jalan yang telah dipasang oleh pemkab.

Bagaimana caranya ke sana? Paling mudah memang dengan kendaraan pribadi terutama sepeda motor, tetapi jika anda ingin menggunakan kendaraan umum, anda bisa menggunakan bis trans jogja (dari mana saja di kota yogyakarta) yang menuju ke terminal giwangan (Rp 3000). Dari terminal giwangan menggunakan bis jogja-panggang berhenti di perempatan siluk jembatan sungai oya (Rp 10.000). Selanjutnya anda bisa melanjutkan perjalanan dengan ojek (Rp 10.000- Rp 15.000).

trek cerme awal

trek awal gua cerme

Apa saja yang perlu dipersiapkan? Setiap pengunjung diharuskan membayar tiket masuk obyek wisata Rp 3250. Jika anda tidak berminat caving, anda bisa memandangi keindahan panorama perbukitan yang indah dari pelataran gua. Anda juga bisa memasuki beberapa gua-gua kecil di pelataran ini tanpa harus caving berbasah-basahan. Untuk para caver, gua dengan panjang 1,2 km dengan jarak tempuh 1,5 sampai 2 jam ini merupakan sungai bawah tanah dengan kedalaman bermacam-macam hingga 2 meter. Jika anda tidak benar-benar tahu seluk beluk gua ini, sangat disarankan untuk menyewa guide dengan membayar Rp 25.000 sampai Rp 30.000 per kelompok. Yang perlu dipersiapkan supaya anda nyaman berjalan-jalan di gua ini adalah headlamp, helm, kaus lengan panjang, celana panjang dan sepatu tertutup yang rela dibasahi dan dirusak😀 . Saya pernah menggunakan sandal gunung di gua ini, eh malah banyak kerikil yang nyangkut dan mebuat kaki saya nan mulus terluka *gege. Untuk headlamp dan helm, anda bisa menyewa di TKP. Dimumkan juga untuk para fotografer, jika kamera anda tidak waterproof maka, anda diharuskan membawa dry bag untuk meindunginya dari air. Warning? Sayangnya jika musim hujan deras, gua ini ditutup untuk para caver, jadi datanglah di waktu yang tepat saat cuaca cerah😀 atau selama musim kemarau.

tumpukan sparkling stone

tumpukan sparkling wall di gua cerme

Why gua cerme? Menurut saya para very newbie caver yang ingin membuktikan diri suka pada gua atau tidak bisa latihan di gua ini. Walaupun gua ini merupakan gua horizontal, untuk para very newbie, gua ini cukup menantang, karena anda akan melakukan adegan-adegan ngesot, merangkak, jongkok berjalan, pura-pura berenang dan panjat-panjat gua untuk ke jalan berikutnya. Anda juga harus merelakan diri terluka dan terberet karena batu, kerikir dan dinding gua. Kali kedua saya menyusuri cerme, saya harus merelakan celana saya yang tidak bermerk menjadi bermerk reebok eh roobek setelah keluar gua. What else? Nikmati saja petualangannya, anda akan melihat banyak stalaktit dan stalakmit indah, kelelawar beterbangan, tempat-tempat bertapa, paralel cave dan air terjun di dalam gua😀. Enjoy!

adegan 1 cerme

adegan jalan bungkuk di gua cerme

teman teman batman

teman-temanya batman

adegan observasi

adegan observasi

adegan sebelum memanjat air terjun

adegan sebelum memanjat air terjun

adegan in the middle of cerme cave

adegan in the middle of cerme cave

adegan berfoto di stalaktit

adegan berfoto di stalaktit gua cerme

adegan mencari jalan keluar

adegan mencari jalan keluar dari gua cerme

adegan merangkak di gua cerme

adegan merangkak di gua cerme

finally keluar juga

akhirnya melihat matahari setelah 2 jam

Lokasi goa cerme di google map :

1 Komentar

Filed under Keliling Indonesia

One response to “Gua cerme, gua untuk a very newbie caver

  1. Goa Cermai memang goa yg eksotik…mari kita promosikan..

Tinggalkan Balasan

