Traveler Exchange Program

me, vane and emelie

when traveler meet local

karimunjawa cs gath

couchsurfing.org indonesia gathering in karimunjawa

rafting

share adventure together, Rafting!!

Pertukaran para pengembara (bahasa lebaynya red) merupakan kegiatan pertukaran traveler di seluruh dunia menggunakan media situs internet. Awalnya saya diperkenalkan oleh salah seorang teman, Cali yang berasal dari jerman, mengenai situs ini pada tahun 2008. Sebelumnya saya kira situs ini adalah situs jalinan pertemanan seperti facebook atau friendster karena anda bisa saling berteman dan saling memberikan referensi. Waktu itu Cali berkata kepada saya “You gonna like this site”. “Ok, I’m going to sign up” jawab saya waktu itu. Setelah saya sign up, Cali menjadi teman saya dan memberikan sebuah referensi, sayapun juga melakukan hal yang sama. Saya kemudian mengeset situs itu dengan membuat profil lengkap dan menambahkan foto-foto.

Suatu hari saya mendapat pesan melalui situs tersebut dari seorang cewek bernama Joyce Chen yang berasal dari negeri paman sam. Joyce berkata akan datang ke jogja dan ingin bertemu dengan “orang lokal” (maksudnya saya sebagai orang lokal jogja). Beberapa hari kemudian saya bertemu dengannya di sosrowijayan. Ia bertanya mengenai jogja, tempat yang bagus untuk dikunjungi, makanan tradisional, adat-istiadat lokal dan hal-hal lain tentang jogja. Kami bisa sharing tentang banyak hal mulai dari cerita perjalanan, berbagai macam budaya di dunia bahkan sampai politik (karena waktu itu amerika sedang seru-serunya menjelang pemilu), meskipun kami hanya saling bertemu hari itu juga.

Dari situlah saya mulai mengerti tentang fungsi dan manfaat situs ini (Naaah telat banget ngertinya). Situs ini sangat berguna bagi anda yang suka traveling, tertarik mempelajari budaya negara lain, tertarik memperkenalkan budaya lokal kepada orang asing, memperlancar kemampuan berbahasa inggris atau bahasa-bahasa lain, dan masih banyak lagi manfaatnya. Anda juga bisa membuka rumah atau kamar kost anda untuk “ngehost” traveler dari berbagai belahan bumi. Begitu pula jika anda traveling, anda bisa tinggal di tempat orang lokal, selain ngirit biaya akomodasi anda bisa mendapatkan banyak pengalaman berharga tentang budaya setempat. Fun isnt it??😀 Jika anda tertarik, anda bisa bergabung dengan cara mendaftar di situs-situs di bawah ini.

http://www.hospitalityclub.org

http://www.couchsurfing.org

http://www.bewelcome.org

http://www.travelersfortravelers.com

Setelah anda mendaftar isilah profile anda selengkap-lengkapnya dan semenarik mungkin (tetep be yourself yaa..), karena jika anda hanya mengisi profile anda asal-asalan saja orang lain tidak akan tertarik menjadi “host” anda atau tinggal di tempat anda. Tampilkan pula beberapa foto-foto traveling dan foto-foto menarik dari tempat tinggal anda. Biasanya di dalam situs tersebut, seperti di couchsurfing.org terdapat opsi komunitas yang terbentuk dalam berbagai macam grup. Pilihlah grup-grup yang sesuai dengan minat anda. Jangan lupa untuk bergabung di grup lokal daerah anda. Misalnya anda tinggal di yogyakarta, bergabunglah di grup yogyakarta. Di dalam grup lokal anda bisa bertukar informasi tentang event-event traveling dan gathering lokal sesama pengguna situs. Setelah itu anda bisa share tentang bagaimana menjadi host atau menjadi tamu yang baik.

So untuk para pengembara what are you waiting for? Sign it up!!

4 Komentar

Filed under Travel Stuff and Tips

4 responses to “Traveler Exchange Program

  1. Nin

    Hi Ndanda, saya lagi nih, beruntung ya kamu tinggal di daerah exotic seperti Jogja, yang termasuk daerah tujuan wisata, jadi ada orang yang menghubungi. Saya dah jadi anggota Traveler Exchange Program sejak tahun 2009 kayaknya, tapi ga pernah ada yang mau berkunjung tuh… mungkin karena lokasi domisili saya bukan daerah kunjungan wisata ya…🙂

    • Hai! Maaf ya, saya baru sadar kalau belum membalas. Mungkin karena sistem notifikasi wordpress dulu ga seperti sekarang. Sorry! Ya ampun telat banget. Tinggal di mana? Siapa tau saya bisa nyemperin? hehehe

  2. Nin

    Ada pertanyaan lain, untuk Hospitality-club, biasanya orang2nya kelompok umur berapa? karena saya sebagai traveler yang sudah ‘mature’ lebih merasa nyaman kalo ketemu host dengan kelompok umur dan gaya traveling yang sama…

    • Menurut saya sih HC atau CS anggotanya beragam, banyak yang sudah berumur juga. Kalau sekarang dunia sudah berubah *eh. Menurut saya website-website ini ga seasyik dulu😦

Tinggalkan Balasan

