Cruising garut selatan–Day 1-Destination Pantai Santolo

perahu nelayan pantai santolo

perahu nelayan pantai santolo

Seorang teman, saya memanggilnya teteh, mengundang saya untuk berlibur di rumahnya di garut selatan. Gara-gara dia suka sekali memasang status facebook tentang kebun teh dan pantai yang tidak jauh dari rumahnya, saya jadi tergiur untuk ke sana. Akan tetapi karena “dana” saya waktu itu amat sangat terbatas, maka saya traveling dengan cara menggelandang untuk penghematan (seperti biasanya sih :D). Untung saja teman saya bersedia menjemput saya di bandung, sehingga saya tidak perlu memikirkan bagaimana dan dengan apa menuju ke rumahnya di garut selatan. Saya berangkat dengan kereta ekonomi pasundan malam hari dari yogyakarta. ThanksGOD ada tempat duduk yang kosong diantara banyaknya penumpang yang berdiri waktu itu. Setelah sampai di bandung, saya dan teman saya itu bersama-sama melanjutkan perjalanan ke garut dengan bis. Saya kira rumah teman saya berada tidak jauh dari kota garut, ternyata rumahnya masih  dua jam melewati jalan-jalan berkelok di pegunungan. Kelokan-kelokan sepanjang kota garut – pamengpeuk ini membuat saya sedikit mabuk, padahal saya juaarang sekali mabuk perjalanan.

Day 1

pantai santolo

pantai santolo, garut selatan

Saya diajak oleh keluarga teteh jalan-jalan ke sebuah pantai di garut selatan. Pantai ini terkenal dengan nama pantai santolo. Pantai santolo memiliki beberapa spot yang menarik di sisi sebelah barat dan di sisi sebelah selatan. Sisi sebelah barat santolo adalah sebuah teluk dengan hamparan pasir putih bersih. Ombaknya lumayan bersahabat sehingga pengunjung bisa bermain ombak sampai basah kuyup. Pasirnya juga enak dimainin😀, salah satu spot yang asyik untuk bermain istana pasir. Di sisi sebelah selatan terdapat sebuah pulau, namanya juga pulau santolo.

sungai yang memisahkan pulau jawa dengan pulau santolo

sungai yang memisahkan pulau jawa dengan pulau santolo

Meskipun pulau ini letaknya hanya beberapa meter dari pulau jawa, pengunjung diharuskan menaiki perahu untuk menyeberang ke pulau santolo. Tarif perahunya murah hanya Rp 5000 rupiah. Pulau dengan luas sekitar 40 hektar ini dihuni kera ekor panjang dan banyak terdapat karang di dalamnya.

pantai di selatan pulau santolo

pantai di selatan pulau santolo

Pantai di selatan pulau ini merupakan pantai karang yang ketika surut kita dapat melihat luasnya hamparan karang yang hanya terendam air laut 10 cm. Hamparan karang yang ditumbuhi oleh rerumputan laut hijau ini juga dihuni oleh aneka macam ikan hias kecil-kecil.

bekas bangunan dermaga belanda di santolo

bekas bangunan dermaga belanda di santolo

Di sisi sebelah barat pulau terdapat sebuah bekas bangunan pelabuhan yang konon adalah peninggalan belanda. Tempat ini sangat pas untuk menikmati sunset atau mengamati perahu-perahu nelayan yang sedang sibuk mencari ikan. Sebenarnya saya ingin menjelajahi pulau ini dari ke ujung ke ujung, karena terdapat jalan setapak membelah hutan yang berada di tengah pulau dan berujung pada sebuah jembatan gantung. Akan tetapi karena hari sudah sangat sore dan saya malas menghadapi gangguan dari anak buah sun go kong, kami langsung kembali ke pulau jawa lagi (jieeh). Di kawasan santolo ini yang merupakan pelabuhan para nelayan, terdapat pasar ikan dengan harga yang terjangkau. Selain ikan segar, mereka juga menjual beraneka macam ikan asin. Jika anda ingin menikmati seafood, tinggal mampir ke resto-resto yang berjejer di pinggir pantai dengan aneka macam pilihan menu dan bisa anda dinikmati sambil melihat tenggelamnya matahari.

pantai santolo, garut selatan

pantai santolo, garut selatan

2 Komentar

Filed under Keliling Indonesia

2 responses to “Cruising garut selatan–Day 1-Destination Pantai Santolo

  1. M

    NDANDA MASIH KURUS IIIHHH!!! AHAHAHAHAH!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s