Tentang mooncake yang super lezat dan mahal

toko emas penjual mooncake di semawis

toko emas penjual mooncake di semawis

Siang itu saya dan beberapa orang teman menapaki jalanan pecinan semawis nan panas, sehabis mencicipi lumpia terkenal khas semarang di gang lombok. Meskipun panas, jalanan kecil yang full dengan arsitektur Tionghoa itu begitu menyenangkan untuk ditelusuri. Jajaran toko-toko emas, keramik dan alat peribadatan khas Tionghoa berderet rapi menambah suasana yang semakin oriental.

Namun yang lebih membuat saya penasaran adalah deretan toko yang menjual mooncake. Yang terlintas di benak saya waktu itu adalah “apaan sih ini kue bulan?”. Maklum sebelumnya saya sama sekali belum pernah mendapatkan pengetahuan tentang mooncake sedikitpun. Apakah ini oleh-oleh khas semarang juga? Atau hanya kue yang khusus untuk orang cina saja? Kami kemudian mampir sejenak di salah satu toko yang menjual mooncake dan bertanya berapa harga satu mooncake yang berdiameter hanya sekitar 7 cm ini. Saya kaget banget karena saya kira harganya murah, ternyata harga satu mooncake kecil ini adalah Rp 60.000. Well jelas ga cocok buat kantong kere saya. Tapi dibalik harganya nan mahal ini pastilah ada alasan mengapa jadi semahal ini.
mooncake semawis

mooncake semawis

Ibu-ibu si penjual kue kemudian bercerita sedikit  tentang mooncake yang merupakan kue sakral bagi etnis Tionghoa. Di negara asalnya kue ini merupakan kue persembahan kepada para dewa di saat masa panen dan di saat musim gugur. Etnis Tionghoa di Indonesia menggunakan mooncake sebagai salah satu persembahan kepada dewa dan nenek moyang mereka. Mooncake dipajang di altar bersama jeruk mandarin, aneka manisan, lilin dan dupa. Bahan yang dipilih untuk mooncake ini ternyata tidak sembarangan. Kumbu di dalamnya terbuat dari biji teratai yang harganya sangat mahal dan agak susah didapatkan. Terjawab sudah, mengapa harganya mahal.

mooncake kumbu biji teratai

mooncake kumbu biji teratai

Teman saya setelah mendengar penjelasan dari si Ibu kemudian membeli satu buah mooncake. Saya shock teman saya membeli makanan mahal. Sebagai penggemar makanan tingkat berat, pastilah dia pensaran dengan rasanya. Mooncake tersebut diberi kemasan yang sangat oriental. Membuat tak tega membuka kemasannya.

Tak disangka ketika di dalam bus perjalanan ke Jogja, teman saya telah memotong mooncake itu menjadi 4 bagian dan memberikan satu bagian kepada saya. Saya terharu. Saya memakan kue mahal dan sakral. Saya gigit dan memaksimalkan fungsi lidah saya ketika memakannya. Hmmm kue ini sungguh lezat dengan lapisan luar yang liat renyah dan kumbu biji teratai yang manis dan padat. Mirip dengan kue pia kumbu kacang merah sih, tetapi yang ini rasanya jauh lebih lezat. Biji teratai teranyata rasanya enak banget! Ga salah deh kalau harganya mahal.

kemasan mooncake

kemasan mooncake

Tinggalkan komentar

Filed under Keliling Indonesia, Travel Food and Fruit

Tinggalkan Balasan

