Hello lombok #3 Ngiler ikan asap di pasar keruak

Siang yang cukup terik sekembalinya kami dari kota Praya untuk mengambil data penelitian di sebuah instansi pemerintah, kami mampir ke sebuah pasar yang sudah masuk wilayah kabupaten lombok timur, namanya pasar keruak. Pasar menurut saya adalah destinasi wisata, karena selalu saja ada yang menarik di sana, yang berbeda dan unik dari pasar di daerah tempat tinggal kita. Do you agree with me?

penjual ikan pasar keruak

deretan penjaja ikan di pasar keruak

aneka ikan asap

aneka ikan asap di pasar keruak

Nah apa yang menarik di pasar keruak ini? Dari pinggir jalan saja, saya sudah mendapati pemadangan lain, yang sangat berbeda dari pasar di Jogja. Deretan penjual ikan asap siap menawarkan dagangannya kepada para pembeli. Perairan Lombok, merupakan salah satu yang menghasilkan berbagai macam makhluk laut dalam jumlah besar. Karena saking banyaknya inilah maka ada yang dijual dalam keadaan masih segar ada pula yang diasapkan dahulu agar lebih tahan lama. Ikan asap yang dijual di pasar keruak ini beraneka macam jenisnya, dari ikan tuna, ikan pari, ikan dorang, ikan ekor kuning dan lain-lain. Bahkan di musim tertentu, para nelayan lombok panen gurita dalam jumlah besar. Kebetulan sekali gurita asap dengan tentakel yang cukup besar ada di hadapan saya waktu itu. Membuat saya ngiler dengan suksesnya dan membayangkan takoyaki raksasa. Sayang tidak memungkinkan untuk masak takoyaki di rumah host saya. Saya yang awalnya cuma mau lihat-lihat dan mampir membeli batere untuk kamera, akhirnya membeli tiga tusuk tentakel gurita asap yang harganya hanya Rp 10.000 untuk 3 tusuk dan tiga tusuk ikan tuna asap yang satu tusuknya seharga Rp 2.500. Sungguh sangat murah. Bagaimana memasak ikan dan tentakel gurita ini? saya serahkan semuanya ke host saya. Ia kemudian memasakkan ikan tuna bakar dengan sambal yang sangat enak dan oseng-oseng tentakel gurita yang disajikan dengan plecing kangkung. Ngiler ga pemirsa?

ikan ekor kuning asap

ikan ekor kuning asap, satu bijinya Rp 4000, mursidah bambang

tentakel gurita asap

tentakel gurita asap yang besar-besar, guritanya seberapa yah?

Tinggalkan komentar

Filed under Travel Food and Fruit

Tinggalkan Balasan

