Hello lombok #4 my first plecing kangkung experience

Ceritanya setelah selesai bertugas di sebuah instansi pemerintah di kota Mataram, seorang teman yang asli Lombok mengajak saya dan rekan kerja saya untuk makan siang. Ia ingin memperkenalkan makanan khas Lombok yang paling terkenal, apalagi kalau bukan plecing kangkung ? Plecing adalah sajian yang terdiri dari lontong atau ketupat yang lauknya adalah kangkung rebus dan diberi bumbu berupa sambal dengan parutan kelapa goreng serta taburan kacang tanah goreng. Memang terdengar sederhana, tetapi katanya sih sangat lezat karena kangkungnya adalah kangkung Lombok. Teman saya bilang kangkung Lombok berbeda dengan kangkung-kangkung di pulau lain. Katanya sih jenis kangkungnya kangkung air biasa tetapi ketika ditanam di pulau lain rasanya akan berbeda. Kangkung lombok teksturnya lebih renyah daripada kangkung dari pulau lain, katanya. Di pulau Lombok sendiri teman saya bilang kalau kangkung yang paling enak adalah kangkung narmada. Saya jadi teringat ketika tetangga depan rumah saya memberi oleh-oleh kangkung sepulang berlibur dari Lombok. Ibu saya bilang kangkungnya enak banget, crunchy dan terasa lebih segar. Saya jadi penasaran, plecing kangkung yang beneran asli Lombok rasanya seperti apa😀.

IMG_1177

Sepiring plecing kangkung di Jl majapahit , Mataram

Teman saya kemudian membawa kami di sebuah warung yang terkenal sebagai plecing kangkung majapahit yang terletak di Jl majapahit kota Mataram. Ia bilang plecing kangkung di Mataram banyak yang enak, salah satunya di warung ini. Selain plecing kangkung, warung ini juga menyediakan rujak ala Lombok dan aneka macam kerupuk sebagai pendamping plecing. Kami memesan masing-masing satu porsi plecing dan sepiring rujak untuk dimakan bersama-sama. Pengunjung dan pelanggan tidak bisa memilih tingkat kepedesannya karena bumbunya sudah jadi dan baku. Pas plecingnya datang, dari bentuknya saja sudah bikin ngiler. Ah saya mah selalu ngiler kalau lihat makanan enak😀. Saya sebenarnya ga begitu doyan pedas, ga tahan kepedesan. Tetapi I’ll give it a try for this special plecing kangkung. Begitu dimakan, wiiiih rasanya enak banget, kangkungnya renyah dan bumbu di sambelnya sungguh lezat dan segar. Kangkungnya memang benar-benar beda. Tingkat kepedesannya? Pedes banget buat saya! Tapi karena enak, saya habis juga, meskipun saya terlihat kayak mau nangis saking pedesnya. Saya juga menghabiskan banyak kerupuk untuk menawarkan rasa pedasnya. Well sesuai sih namanya juga makanan khas Lombok, pedesnya kayak nama pulaunya😀.Teman-teman  penggemar pedas pasti akan doyan banget makan plecing kangkung ini. Sepiring plecing ini harganya hanya Rp 7000 saja. Sejak saat itu juga saya jadi jatuh cinta sama plecing kangkung, sayangnya saya beneran belum nemu yang enak di luar pulau Lombok. Well nanti kalau balik lagi ke pulau Lombok, saya pasti akan berburu plecing lagi🙂.

Tinggalkan komentar

Filed under Keliling Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s