Sumbawa trip #1, menikmati ikan bakar celup kuah sepat di pantai labuhan badas

Saya dan teman-teman tim penelitian saya saat itu ditugaskan di sebuah instansi pemerintah yang letaknya persis berhadapan dengan sebuah pantai di sumbawa besar. Selesai bertugas, jelang dos pengen banget ke pantai, sekedar untuk sight seeing dan menghirup udara laut. Waktu itu cuaca memang tampak mendung, tetapi karena kami hanya punya waktu hari itu untuk melihat pantai, maka kami tetap berniat ke sana. Kebetulan bapak kepala instansi tersebut mengundang kami makan siang yang tempatnya di pantai itu juga. Pantai ini namanya pantai labuhan badas, pasirnya abu-abu dan ombaknya cukup bersahabat. Beberapa perahu nelayan tampak bersandar di tepian pantai ini. Sayangnya saya memakai baju kerja yang sangat resmi, aneh banget kalau jalan-jalan di pasir dengan sepatu fantofel apalagi nyemplung sekedar merasakan sapuan ombak.
panai labuhan badas sumbawa

mendung di pantai labuhan badas

pantai labuhan badas sumbawa besar

pantai labuhan badas, pantai berpasir abu-abu

Sembari menunggu sajian istimewa khas sumbawa ini, saya duduk di tepian pantai sambil melamun, membayangkan pulau moyo yang ada di seberang sana. Kapan ya bisa ke sana? Di pantai labuhan badas ini terdapat beberapa pondok makan tradisional yang menyediakan sajian kuliner khas sumbawa. Salah satu kuliner andalannya adalah ikan bakar yang cara makannya dicelupkan ke sebuah sajian kuah dengan bermacam-macam rempah. Sajian kuah ini terdiri dari dua jenis yaitu kuah sepat dan kuah singang. Kami memesan kuah sepat, karena rasanya lebih light dibandingkan kuah singang. Kuah sepat ini terdiri dari air yang dicampur dengan terong, mangga muda, ketimun, belimbing wuluh, tomat, kemiri, daun aru dan asam sumbawa. Tampaknya kalau saya mencoba membuat di Jogja, saya akan kesulitan mendapatkan bahan-bahannya.
ikan bakar yang dicelupkan ke kuah sepat

ikan bakar yang dicelupkan ke kuah sepat

ikan bakar khas sumbawa

ikan bakar khas sumbawa besar

sajian lengkap

sajian lengkap ikan bakar kuah sepat sumbawa di labuhan badas

Seketika setelah hidangan siap, saya yang tadinya hanya lapar, menjadi lapaar sangaatt, nafsu makan meningkat tajam. Sajian ikan bakar ini ada yang dibumbui dengan kecap manis dan ada yang dibumbui dengan cabai. Ikan yang biasa disajikan dengan kuah sepat ini biasanya adalah ikan kakap atau ikan baronang. Awalnya saya merasa aneh ketika ikan bakar harus dicelupkan ke dalam kuah sepat, tetapi setelah saya mencicipi rasanya di atas nasi panas saya, rasanya sangat segar, asam dan nikmat. Kalau kata pak bondan sih mak nyuuuss banget deh! Lebih nikmat lagi karena sajian ini juga dilengkapi plecing kangkung dan es kelapa muda. This is really pampered my tounge to the max! Pengen mencoba ini pemirsaah? silahkan saja ke pantai labuhan badas di kabupaten sumbawa besar😀

2 Komentar

Filed under Travel Food and Fruit

2 responses to “Sumbawa trip #1, menikmati ikan bakar celup kuah sepat di pantai labuhan badas

  1. ZI

    Datang lagi ya kapan-kapan ke kota saya

  2. @ZI : Iya pengen balik ke sini lagi, masih banyak tempat yang belum dikunjungi🙂

Tinggalkan Balasan

