Damainya di Pura Ulun Danu Beratan

Saya sudah pernah dua kali ke bedugul dan ke danau beratan. Pertama ketika study tour bersama teman-teman SMP saya. Ke dua pada tahun 2008 ketika saya masih tinggal di Bali dan piknik ke sana. Saya kerap kali membaca dari majalah atau sekedar melihat foto di kartu pos tentang sebuah pura yang bangunanya seperti mengambang di sepinggir danau, dan saya baru sadar kalau Pura itu ada di Danau Berantan *tepok jidat*. Dua kali ke danau berantan, bisa-bisanya saya melewatkan mengunjungi Pura Ulun Danu yang lokasinya di sana.
Kali ketiga saya ke pulau dewata akhirnya kesampaian juga keinginan saya ke Pura ini. Sayangnya saya hanya memiliki waktu sekejap saja. Waktu itu saya sedang dalam perjalanan dari Denpasar ke Singaraja untuk menjalankan misi dari kantor. Karena dua orang yang semobil dengan saya lapar berat, maka mereka mampir makan di bedugul. Nah, ketika mereka makan inilah, saya dan teman kerja saya Santi ngabur ke pura Ulun Danu.
Taman nan asri

Taman nan asri

Berbekal tiket Rp 10.000 dan buklet gratis, kami mengitari komplek pura yang dibangun oleh dinasti Mengwi beberapa abad silam. Di komplek pura yang konon merupakan pura ke dua terbesar di Bali setelah pura Besakih ini juga terdapat sebuah stupa Buddha yang biasa digunakan untuk beribadah. Unik juga ya, sungguh menggambarkan toleransi dan saling menghormati yang sangat baik. Jika berfoto di stupa Buddha ini menurut saya hasilnya sih seperti ga lagi di Bali, melainkan seperti lagi di Thailand atau Kamoboja *just saying*🙂.
pura Buddha di Ulun Danu Beratan

pura Buddha di Ulun Danu Beratan

Kami kemudian mengitari pelataran tamannya yang tertata sangat asri dan indah sampai ke sepinggiran danau. Di tempat ini ada 5 bangunan pura yaitu pura penataran agung, pura lingga petak, pura dalem purwa, pura prajapati dan pura taman beji. Pura-pura ini berfungsi sebagai tempat pemujaan terhadap Tri Murti dan sebagai pura subak.  Bagunan pura yang tampak mengambang di atas danau ini adalah pura lingga petak. Pura dengan latar belakang kabut yang turun menutupi permukaan danau ini membuat suasana terasa misty dan super damai. Sungguh tempat yang perfect untuk menghilangkan penat dan stress sambil menghirup udara pegunungan. Kami sempat terlena di sana sampai lupa waktu kalau kami ditunggu teman kami di rumah makan. Kapan-kapan balik lagi ke sini deh🙂.
Pura Ulun Danu Beratan

Pura Ulun Danu Beratan

Tinggalkan komentar

Filed under Keliling Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s