Pulau Serangan #3 Serangan Marine Garden

Serangan Marine Garden

Serangan Marine Garden

Siang itu setelah menghabiskan waktu yang cukup lama di TCEC atau pusat pendidikan dan konservasi penyu di pulau serangan, saya dan Santi travelmate saya bingung mau kemana lagi. Siang itu cukup terik, sehingga kami cukup malas untuk pergi ke pantai. Bli Made dari TCEC kemudian memberi saran kami untuk pergi ke suatu tempat tidak jauh dari TCEC. Namanya serangan marine garden. Ternyata tempat ini letaknya hanya beberapa puluh meter dari TCEC. Dari namanya saja terbayanglah kalau tempat ini penuh ikan-ikan dan biota laut seperti di Sea World. Saya sebagai orang yang cukup sering ke Jakarta dan belum pernah ke sea world, sungguh excited mengunjungi tempat ini. Memang sih di sini tidak ada aquarium raksasa melingkar seperti di sea world, tetapi keragaman biota-biota lautnya cukup menarik untuk dilihat.

Ketika kami datang, hanya kami saja yang ada di sana. Saya heran sebanyak ini turis yang datang ke Bali ketika peak season, sedikit sekali yang tujuannya ke pulau serangan. Tampaknya saya termasuk penjelajah Bali yang lumayan tahu mana-mana deh *jiaaah*. Kami disambut oleh bapak guide bernama pak Wayan yang dengan baik hatinya menjelaskan tentang keberadaan serangan marine garden. Tempat ini ternyata baru didirakan pada tahun 2009 oleh Ibu Anny Numberi yang bekerja sama dengan seorang pengusaha asal Jepang. Pengusaha Jepang ini senang sekali dengan aquarium. Ia juga ingin melestarikan serta membagi ilmu tentang biota-biota laut di perairan Bali. Oleh karena itu ia mendirikan Serangan Marine Garden ini di bawah yayasan bali alami.
Jajaran aquarium Serangan Marine Garden

Jajaran aquarium Serangan Marine Garden

Tempat ini penuh dengan jajaran aquarium dengan bermacam-macam ikan dan terumbu karang yang berwarna-warni.  Tidak hanya jajaran aquarium air laut saja, di tempat ini juga ada aquarium air tawar, aquarium ruang gelap dan kolam sentuh. Ada puluhan aquarium air laut di SMG dengan ratusan jenis ikan berwarna-warni seperti clown fish (nemo), ikan buntal (nyonya puff), ikan kuning bertanduk, kuda laut, udang laut bergaris merah, kuda laut, belut laut merah dan masih banyak lagi. Saya mengelilingi aquarium-aquarium ini satu persatu dan terkagum-kagum dengan keanekaragaman biota laut di perairan Bali.

Ikan tutul dan koral warna-warni

Ikan tutul dan koral warna-warni

Kuda Laut

Kuda Laut

ikan kuning bertanduk

ikan kuning bertanduk

Nemo asli Bali

Nemo asli Bali

Ikan manyun

Ikan manyun

Bintang laut biru

Bintang laut biru

Aquarium air tawar yang ada di sini ikan-ikan serta tumbuhan airnya juga diambil dari sungai-sungai dan danau yang ada di Bali. Tumbuhan airnya ada berbagai macam dengan warna hijau yang menyejukkan mata. Ikan-ikan air tawarnya juga berwarna-warni seperti ikan-ikan di aquarium laut. Di shallow water pond atau kolam sentuh, kita dapat bermain dan menyentuh biota-biota laut yang ada di sana seperti penyu, bintang laut dan kerang laut. Kita juga bisa menggendong si penyu seperti di TCEC. Saya sih mencoba menyentuh temanya patrick star yang ternyata kulitnya keras ketika diangkat ke permukaan dan menjadi lunak di dalam air. Kami juga mencoba mengangkat si penyu, tapi karena penyunya tampak kasihan ketika digendong, kami segera mengembalikannya ke kolam.

Penyu dan bintang laut di kolam sentuh

Penyu dan bintang laut di kolam sentuh

towel-towel temenya patrick

towel-towel temenya patrick

Glow in the dark coral at SMG

Glow in the dark coral at SMG

Yang paling menarik di tempat ini menurut saya adalah dark room aquarium. Di sini pengunjung bisa melihat koral dan terumbu karang yang bisa glow in the dark. Terumbu karang seperti ini hanya bisa kita lihat ketika menyelam malam-malam di laut. Karena saya sama sekali belum pernah menyelam, saya jadi bisa merasakan sensasi menyelam dengan melihat aquarium-aquarium ini. Tidak ada tiket masuk ke SMG ini,  knowledge yang kita dapat dari sini adalah free. Jadi kalau punya banyak waktu luang pas ke Bali tetapi tidak sempat ke sini, rugi!

Tinggalkan komentar

Filed under Keliling Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s