Air terjun banyunibo yang tidak cuma halusinasi :D

air terjun banyunibo dari kejauhan

air terjun banyunibo dari kejauhan

Awalnya saya melihat air terjun ini dari ketinggian puncak nglanggeran, patuk, gunung kidul ketika saya trekking di sana beberapa kali. Kalau dilihat dari puncak bukit nglanggeran air terjun ini berada di sebelah tenggaranya. Karena sudah sering melihat dan penasaran, maka sehabis turun bukit saya dan kedua orang teman trekking saya ini memutuskan untuk mencari air terjun ini. Kami memacu motor kami sesuai insting penjelajah kami (hiperbolic word on) yaitu mengikuti jalan ke arah tenggara sampai sejauh dua kilometer, karena kami perkirakan jarak air terjun ini tidak begitu jauh. Mulanya kami bertanya kepada penduduk setempat di mana letak air terjun yang bahkan kami tidak tahu namanya ini. Jadi kami bertanya seperti ini “pak/bu di dekat sini ada air terjun tidak?”. Setelah beberapa kali bertanya dan sang penjawab malah bingung dengan pertanyaan kami, maka kami melanjutkan pencarian kami hingga satu kilometer ke depan. Untung saja ketika kami bertanya lagi, sang penjawab bisa menjawab dengan benar dan membuat kami bahagia😀 , karena kami takut ketika berada di puncak nglanggeran yang kami lihat hanya halusinasi😀.

hamparan sawah terasiring di sekitar air terjun banyunibo

hamparan sawah terasiring di sekitar air terjun banyunibo

aliran sungai air terjun banyunibo

aliran sungai air terjun banyunibo

air terjun banyunibo

air terjun banyunibo

mandi di bawah air terjun banyunibo

mandi di bawah air terjun banyunibo

Setelah kira-kira 5 kilometer kami memacu motor (jauh juga dan tidak sesuai dengan insting :D) barulah kami sampai di dusun batur, desa putat dan masih di kecamatan patuk gunung kidul tempat air terjun ini berada. Dusun batur ini letaknya bersebelahan dengan dusun bobung, dusun yang terkenal dengan kerajinan topeng kayu. Untuk menuju air terjun ini, kami memarkir kendaraan kami di sebuah rumah penduduk terdekat yang memang sudah terbiasa diparkiri pengunjung air terjun😀. Dari rumah ini kami berjalan kaki mengikuti jalan setapak kira-kira 300 meter menuju sebuah sungai. Nah setelah sampai di sungai air terjun ini sudah bisa terlihat dari kejauhan. Oya nama air terjun ini adalah air terjun banyunibo yang dalam bahasa indonesia artinya air yang jatuh (seperti nama candi juga yaaa..). Di sebelah utara sungai terdapat hamparan sawah berbentuk terasiring dengan gubug-gubug kecil sebagai tempat istirahat, tempat yang cocok untuk makan siang😀. Nah untuk menuju ke air terjun ini dari dekat saya dan teman-teman harus menerabas sungai dengan bebatuan besarnya. Teman saya yang bernama jainer, saat itu ingin sekali mandi di bawah air terjun banyunibo ini, jadi dia sangat bersemangat sekali melintasi bebatuan besar itu. Sedangkan saya dan laila yang kelelahan berjalan lambat melompati bongkahan bebatuan kapur ini, tetapi akhirnya sampai juga. Air yang mengalir di air terjun ini cukup deras dan merupakan air kapur sehingga warnanya terlihat keruh, tapi sepertinya segar juga buat mandi😀. Senang rasanya telah menemukan air terjun ini sebagai pemenuhan rasa penasaran kami, ternyata bukan cuma halusinasi😀.

Untuk menuju ke air terjun banyunibo ini dari yogyakarta ternyata sangat mudah, di jalan jogja-wonosari kira-kira 5 km dari kecamatan patuk, ada sebuah penunjuk jalan “desa wisata bobung” ke arah kiri. Ikuti saja jalan yang sudah beraspal ini ke desa wisata bobung, sampai di sana tinggal tanya saja ke penduduk, pasti mereka tahu😀

6 Komentar

Filed under Keliling Indonesia

6 responses to “Air terjun banyunibo yang tidak cuma halusinasi :D

  1. Tak salah ungkapan, Gunungkidul adalah eksotisme terpendam……

  2. Mantab gan ekpedisinya…. mari kita gali potensi wisata di Indonesia.

  3. Senang baca cerita perjalanan ini. Trims sharing infonya

  4. wira

    didaerah perbatasan GK – wonogiri jg ad air terjun sekitar kecamatan semin Gk ad yg memberi nama BANYU NIBO juga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s