Jurnal teluk bintuni part 8 : Anyam-anyam rambut

Kali itu langkah kaki saya berada di distrik Tomu, Kapubaten Teluk Bintuni. Semakin lama saya berada di Papua Barat ini saya penasaran dengan cara para wanita dan gadis-gadis muda menata rambut mereka. Rambut yang keriting kecil-kecil itu ditata secara unik bak penyanyi hip-hop dan RnB afro american. Keren juga! Saya jadi pengen mencoba gaya rambut seperti mereka. Sore itu saya dan teman saya Lusi sedang berada di kampung Ekam dan melihat gadis-gadis seumuran SMP saling menata rambut. Dengan iseng Lusi meminta kepada mereka untuk melakukan hal yang sama pada rambutnya. Mereka dengan serentak bilang bahwa itu namanya anyam rambut kakak. Oh anyam rambut, kok seperti menganyam bambu atau rotan🙂. Salah seorang dari mereka bernama Anissa, meminta saya dan Lusi membeli karet rambut ke kios terdekat. Setelah kami mendapatkan karet-karet rambut tersebut Anissa mulai menganyam rambut kami. Kebetulan waktu itu rambut saya agak panjang jadi anyaman rambutnya pun terlihat panjang. Ia menganyam mulai dari ujung rambut atas sampai ujung rambut bawah. Di setiap anyaman rambut ia mengikatkan 7 buah karet rambut supaya anyamanya tidak mudah lepas. Karena waktu itu giliran Lusi dahulu, saya bisa mengamati bagaimana jari-jari tanganya dengan cepat menganyam rambut. Tidak sampai 30 menit, Anissa bisa menyelesaikan anyaman rambut  saya dan Lusi. Wow! hebat bener dia! Kalau saya yang menganyam rambut teman saya, pasti akan menghabiskan waktu 3 jam dan hasilnya tidak akan bagus. Memang gadis-gadis papua ini sangat berpengalaman dalam menata rambut keriting mereka. Salut!

Tangan cekatan Anissa sedang menganyam rambut

Tangan cekatan Anissa sedang menganyam rambut

Saya dan penata rambut saya, Anissa

Saya dan penata rambut saya, Anissa

Hasil anyaman rambut Anissa

Hasil anyaman rambut Anissa

Tinggalkan komentar

Filed under Keliling Indonesia, Miscelaneus

Tinggalkan Balasan

