Pantai pok tunggal, tersangkanya adalah pohon itu

ImageTadinya saya hanya mau pergi blusukan dengan teman baik saya sodara laila qadria tercinta, tetapi karena dia berhasil mempengaruhi saya untuk ke sebuah pantai yang sedang populer di beberapa blog travelers, maka saya alihkan motor saya menuju ke pantai ini. Namanya adalah pantai pok tunggal. Di beberapa foto di blog, pantai ini terlihat cantik dengan pasir putih luas dengan sebuah pohon besar menjadi ikonnya.

Untuk menuju pantai ini sih gampang saja, bisa lewat tepus dulu, atau melewati jalur susur pantai dari baron sampai indrayanti. Pantai pok tunggal terletak kira-kira 200 meter sebelah timur loket karcis pantai kecamatan tepus. Jalan menuju ke sana campuran antara cor blok dua sisi dan off road tanah bebatuan kapur sepanjang satu kilometer. Sudah ada petunjuk arah ke pantai ini dari jalan utama, jadi tidak akan sulit menuju ke sana.

Kemarin kami berdua pergi di saat ribuan umat manusia sedang ingin menghabiskan liburan lebaran di pantai. Jalanan macet dari pantai baron sampai pantai indrayanti, seperti macetnya jakarta pada jam pulang kerja. Ini adalah kali pertama kami berdua ke pantai di gunung kidul dengan keadaan jalan yang sangat tidak menyenangkan. Meskipun demikian, karena saya menggunakan motor, saya berusaha mencari celah-celah jalan di antara mobil-mobil, bis-bis bahkan truk-truk yang isinya penuh dengan manusia. Kami sempat kuatir, jangan-jangan pantai yang kami tuju ini isinya juga penuh sesak dengan manusia, seperti di pantai indrayanti.

Setelah 4 jam berada di jalan (well normalnya 2 jam), sampailah kami di pok tunggal. Pantainya tidak begitu ramai!! horee!! Senangnya berada di pantai yang ga rame-rame amat, ketika pantai tetangga-tetangganya bagaikan pasar sebelum lebaran.

Yang kami cari begitu memarkirkan motor adalah pohon! pohon duras yang menjadi ikon pantai ini. Dan pohon itu memang berdiri dengan cantiknya, “pohon yang fotogenic”, kata laila. Saat itu karena pantai sedang surut, hal yang menyenangkan dilakukan adalah mecari obyek fotogenic lain di sela-sela karang. Di pantai ini terdapat beberapa jenis rumput laut, terumbu karang yang masih hidup dan beraneka macam hewan laut seperti landak laut (bulu babi), umang-umang dan siput laut.

6 Komentar

Filed under Keliling Indonesia

6 responses to “Pantai pok tunggal, tersangkanya adalah pohon itu

  1. caroline

    saya ingin tau jalan nya dari pantai sundak gitu harus ke arah mana? terimakasih

    • @caroline : Dari pantai sundak lurus saja ke arah timur / tepus, pantai indrayanti masih lurus lagi ikuti jalan sampai bertemu dengan loket karcis pantai. Dari loket ini tidak jauh ada jalan ke selatan, jalannya masih corblok, ikuti saja jalan ini sampai pok tunggal

  2. lufi

    kalo naik angkutan umum gimana???

  3. ijin share soal pohon pok ya….ada yang menanyakan. sewaktu saya ke sana, saya gak sempet lihat “pohon pok”nya..hiks hiks

  4. sella

    Kalau bis besar bisa sampe sana g ya? Thx

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s