Tea walk di barat kota Yogyakarta

kebun teh di dusun nglinggo

kebun teh di dusun nglinggo, yogyakarta

Liburan natal ini, sayang sekali kalau dilewatkan hanya di rumah. Awalnya saya dan gerombolan teman-teman SMA saya yang berjumlah 6 orang berencana untuk kemping atau tinggal di homestay di perbukitan menoreh *gayane kemping, padahal awake wes manulo*. Tapi karena waktu yang tersedia di antara kami tidak singkron, maka tersisalah hanya saya dan kawan saya Hans yang pada pagi hari itu berangkat bertamasya ke perbukitan menoreh *jiaah tamasya*.

tea slope nglinggo

tea slope nglinggo

Hasil dari blogwalking yang saya lakukan selama beberapa hari tampaknya tidak sia-sia. Saya dan Hans memutuskan untuk blusukan ke sebuah kebun teh yang ada di menoreh. Unik dan belum banyak orang tahu, di Jogja ada kebun teh? Saya saja baru tahu. Sebelumnya sih saya pernah juga ke kebun teh di perbukitan menoreh, yaitu di daerah puncak suroloyo, tapi di sana kebun tehnya tidak luas, hanya satu gundukan bukit saja. Nah kebun teh yang satu ini lumayan luas lah, cukup luas untuk aktivitas tea walk dan trekking dengan pemandangan kota magelang dan purworejo terlihat dari atas bukit. Ketinggiannya mungkin sekitar 1000 meter sampai 1500 meter di atas permukaan laut. Kebun teh yang dimiliki penduduk lokal ini, hasil panennya diolah masih di desa setempat, tetapi sayang karena hari hujan kami tidak sempat menilik pabrik tehnya.

trek untuk tea walk

trek untuk tea walk

Ketika kami sampai di sana, suasana sungguh masih sepi, hanya ada sekelompok pengunjung lain yang rumahnya tidak jauh dari situ. Kami memarkir motor kami di pinggir kebun teh, karena  kalau kami mengelilingi kebun dengan motor, jalannya rusak dan menanjak, terlalu beresiko. Saya membayangkan kalau saja kami bisa menikmati secangkir teh hangat dari daun kebun teh ini, di atas bukit di tengah perkebunan dengan hamaparan hijau tanaman teh yang menyejukkan mata, pasti rasanya sungguh epic *jiaaah epic*. Tidak hanya kebun teh, di seberang bukit teh ini juga terhampar hutan pinus yang masih alami dan tebing-tebing yang bentuknya unik. Sungguh tempat yang cocok untuk melepas penat dan hiruk-pikuk suasana kota yogyakarta.

tea walking di yogyakarta

tea walking di yogyakarta

Anda ingin ke sana juga? silahkan arahkan kendaraan anda menuju dusun nglinggo, desa pagerharjo, kecamatan samigaluh, kabupaten kulon progo, yang letaknya sekitar 30 km dari kota. Kalau dari tugu yogyakarta, lurus saja ke arah barat menuju jalan godean, teruskan sampai perempatan nanggulan. Dari perempatan nanggulan belok ke kanan (ke utara) sampai perempatan dekso. Dari perempatan dekso belok ke kiri (ke barat) sampai pusat kecamatan samigaluh. Dari pasar samigaluh belok lagi ke utara sampai dusun wisata nglinggo.

3 Komentar

Filed under Fun Trip

3 responses to “Tea walk di barat kota Yogyakarta

  1. Ping-balik: Masih di dusun wisata nglinggo, ada grojogan watu jonggol di sana | Catatan Membolang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s