The other escape to Menoreh : Trekking ke curug kali lor, Purworejo

Hari minggu yang cukup cerah. Saya dan hans blusukan di perbukitan menoreh utara di daerah Samigaluh kabupaten Kulon Progo. Di jalan tak sengaja kami melihat sebuah air terjun dari kejauhan. Ar terjun yang terletak di sebuah tebing di seberang bukit. Meskpiun terlihat dekat, kami sadar kalau lokasinya pasti jauh. Kami kemudian bertanya kepada penduduk setempat tentang lokasinya. Kami diberitahu untuk menuju ke desa sedayu, kec Loano, Purworejo. Wah udah masuk wilayah Jawa Tengah nih?  Sampai di desa Sedayu kami beberapa kali memakai GPS alias gunakan penduduk setempat untuk mengetahui lokasi tepatnya. Akhirnya sampailah kami di dusun kali lor. Kami menitipkan motor kami di rumah penduduk di sebelah masjid.

100_4495

Trek menanjak ke curug kali lor

100_4499

Hutan dan perbukitan menoreh di trek kali lor

100_4493-001

Bunga liar nan cantik

Untuk menuju ke air terjun ini ternyata kami harus trekking beberapa ratus meter dari dusun kali lor. Katanya sih ada juga jalan lain yang lebih mudah untuk menuju ke sana. Karena sudah terlanjur di sini , ya sudah kami niat olahraga saja lah, biar kurusan dikit😀. Lagian hari itu kami sudah well dressed ala trekker dengan sandal gunung juga. Kata orang-orang sekitar air terjun ini ga ada namanya. Ya sudah untuk sementara disebut sebagai curug kali lor saja dulu🙂. Tingginya sekitar 40 meter. Kami trekking selama 1 jam di tengah hutan dari dusun untuk ke curug. Treknya ya seperti trek mendaki gunung. Menurut saya bisa nih tempat ini dijadikan tempat alternatif trekking di menoreh.

100_4506

Trekking terus🙂

Setiap kali kami berpapasan dengan penduduk yang sedang “ngalas” alias mencari rumput dan kayu di hutan, mereka selalu tersenyum dan bertanya mau ke mana ke pada kami. Kami menjawab kalau kami ingin melihat air terjun. Mereka selalu berpesan untuk hati-hati karena jalan tanahnya licin. Kami juga berpapasan dengan seorang nenek perkasa yang masih mengenakan kain jarik. Ia membawa banyak rumput dan daun-daunan untuk ternaknya. Ia juga menanyakan hal yang sama kepada kami. Tetapi jawabannya cukup mengejutkan.
 Ia bilang “Oalah mbak-mbak muk banyu wae didelok!”.
Yang artinya cuma air saja kok dilihat. Aduuh simbah, di kota kan ga ada air terjun. Buat kami bisa menemukan tempat seperti ini yang begitu alami adalah surga🙂 .
100_4490-001

Curug kali lor dari kejauhan

100_4538

Akhirnya sampai juga😀

Lokasi : Dusun Kali Lor, Desa Sedayu, Kec Loano, Kab Purworejo.

Tinggalkan komentar

Filed under Keliling Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s