Muter-muter pagi di pasar Tanjung, Lombok Utara

Suasana di pasar Tanjung, Lombok Utara

Suasana di pasar Tanjung, Lombok Utara

Edisi jelajah pasar di pulau Lombok kali ini bertempat di pasar Tanjung, Lombok Utara. Mumpung saya agak tinggal lama di kota ini🙂 .Seperti pasar-pasar di pulau Jawa, pasar ini juga mulai bergeliat dari pagi hari sehabis subuh. Pasar ini mencapai puncak keramaiannya sekitar jam 7 pagi dan mulai sepi di atas jam 10 pagi. Saya datang ke pasar ini jam 6.30 untuk mencari sarapan dan juga jajanan pasar. Sarapan pagi yang tersedia di pasar ini biasanya adalah nasi balap bungkus seharga Rp 5000 per bungkus atau nasi kuning. Nasi balap isinya nasi suwiran ayam pedas dan tumis sayur buncis atau kacang panjang, mirip seperti nasi jinggo Bali. Nasi balap biasanya dimakan dengan kerupuk yang terbuat dari singkong. Pedagang sate lilit ikan juga ada beberapa di pasar ini. Sate lilit yang dijual adalah sate yang malam hari sebelumnya tidak habis dijual di jalan-jalan kota Tanjung, jadi harganya lebih murah.

Aneka cabe dari yang kering sampai yang basah dijual di pasar ini

Aneka cabe dari yang kering sampai yang basah dijual di pasar ini

Ibu-ibu di pasar ini masih mengenakan sarung tradisional

Ibu-ibu di pasar ini masih mengenakan sarung tradisional

Sekilas pasar ini tampak sama dengan pasar-pasar yang ada di Jogja, tempat tinggal saya. Apa yang berbeda ? Banyak sayur mayur yang dijual di pasar ini berbeda dari tempat tinggal saya. Ada juga yang sama sih seperti kangkung. Kangkung adalah sayuran terpopuler di pasar ini, dan tentunya juga se-pulau Lombok karena orang Lombok tak bisa hidup tanpa makan kangkung🙂 . Kangkung yang dijual di pasar ini terlihat segar menggiurkan, rasanya saya pengen mengirim kangkung ini ke Jogja untuk ibu saya🙂. Yang menjadi misteri adalah kenapa ya kalau bibit kangkung Lombok ditanam di pulau Jawa rasanya tidak akan sama? Tidak akan serenyah dan sesegar kangkung Lombok asli? Anyone knows? Beberapa pedagang sayur juga menjual daun talas. Daun talas biasa disayur dengan bumbu asam pedas di pulau Lombok. Penasaran gimana rasanya? Saya pernah sih sekali mencicipi pas mampir di rumah seorang teman asli Lombok. Awalnya saya ragu kok daun talas disayur? Ternyata daun talas enak juga disayur meskipun daunnya agak terasa liat ketika digigit. Sayuran lain yang menurut saya unik dan dijual di sini adalah batang pisang muda. Kalau batang bambu muda kan lazim dijual di Jogja, batang pisang muda saya baru lihat di pasar ini. Katanya batang pisang muda biasa dimasak dengan santan gurih dan dibumbui pedas seperti sayur nangka. Kacang koro juga mudah ditemukan di pasar ini dan biasa dijadikan campuran sayur oleh ibu-ibu setempat.

Kangkung Lombok is the best kangkung I ever tasted

Kangkung Lombok is the best kangkung I ever tasted

Kacang koro banyak dijual di pasar ini

Kacang koro banyak dijual di pasar ini

Batang pisang muda

Batang pisang muda

Selain sayur-mayur, aneka ikan laut dan sea food mudah ditemukan di pasar ini. Ikan asap yang terbuat dari ikan cakalang atau tongkol juga mudah ditemukan di pasar ini. Untuk jajanan pasar ada macam-macam di sini. Ada yang terbuat dari olahan tepung beras, ketan, kelapa dan pisang. Hampir mirip seperti jajanan pasar di Jogja. Saya membeli satu bungkus makanan olahan pisang yang diberi parutan kelapa dan gula merah. Beberapa pedagang bunga juga terlihat di pasar ini. Bunga-bunga ini biasanya diperuntukkan untuk sesaji dan untuk ziarah makam. Melihat hiruk pikuk pasar tradisional untuk mengawali hari sambil membeli makanan lokal memang menyenangkan. Pengalaman muter-muter sebentar di pasar Tanjung ini saja membuat wawasan perpasaran saya bertambah😀 . Saya jadi tahu kebiasaan makan penduduk setempat dan bahan-bahan makanan mereka yang unik. Saya juga jadi tahu kalau ibu-ibu di kota Tanjung masih banyak yang mengenakan kain sarung untuk ke pasar dan beraktivitas sehari-hari. Sesuatu yang sudah jarang terlihat di kota besar. Aktivitas mengunjungi pasar lokal memang menjadi salah satu kegiatan wajib ketika saya mengunjungi suatu daerah. Fun! isn’t it?

jajanan pasar ala Tanjung, Lombok Utara

jajanan pasar ala Tanjung, Lombok Utara

Aneka bunga untuk sesaji dan ziarah yang banyak dijual di pasar tanjung

Aneka bunga untuk sesaji dan ziarah yang banyak dijual di pasar tanjung

Tinggalkan komentar

Filed under Keliling Indonesia

Tinggalkan Balasan

