Sate Bulayak, sajian sate khas pulau Lombok

Malam terakhir setelah 1 bulan lebih bertugas muter-muter pulau Lombok, saya penasaran sama pedagang sate yang berjualan di ujung jalan basecamp saya di Sesela. Meskipun hanya berjualan secara sederhana, sate ini tampak ramai pembelinya. Sate apakah itu?  Teman saya yang asli Lombok kemudian bilang bahwa si Ibu itu berjualan sate bulayak, salah satu makanan tradisional khas pulau ini. Ya elah sebulan lebih tinggal di Lombok ga ada yang ngajak saya makan sate bulayak sih ? Biasanya teman-teman saya yang asli Lombok lebih suka mengajak saya makan plecing kangkung dan nasi balap😀 . Sebagai farewell moment saya dengan pulau Lombok, saya niat ngantri demi makan sate ini.

Seorang ibu penjual sate keliling di daerah Sesela, Lombok

Seorang ibu penjual sate keliling di daerah Sesela, Lombok

Sate bulayak sebenarnya mudah ditemukan di kota Mataram di sore sampai malam hari. Pedagang sate ini biasanya menggunakan gerobak atau berkeliling kampung seperti penjual sate madura. Di tempat nongkrong seperti di jalan udayana atau di pantai ampenan, ada banyak penjual sate bulayak. Sate bulayak adalah sate dari daging dan jeroan sapi yang dibumbui pedas kemudian dibakar di atas arang. Sate ini disajikan dengan kuah kental yang terbuat dari kacang yang dihaluskan tetapi pedas dan teksturnya lebih mirip kuah kari. Saya jadi penasaran nih, bahan kuahnya apa saja ya?  Sate ini dimakan dengan lontong yang berbentuk segitiga. Lontong inilah yang biasa disebut dengan bulayak. Lontong ini biasanya dibuat dengan daun pisang atau daun kelapa muda. Satu porsi sate bulayak harganya terjangkau sekitar Rp 10.000. Saya membeli satu porsi sate dan lontong lalu memakanya di basecamp supaya bisa dicicipi bersama-sama dengan teman-teman. Saya tidak berani makan banyak-banyak karena banyak jeroan sapinya🙂 . Rasanya berbumbu dan pedas banget! Cabenya benar-benar terasa. Sangat berbeda dengan sate-sate dari daerah lain yang pernah saya cicipi sebelumnya. Sate ini layak dicoba kalau pas berada di Lombok terutama di kota Mataram. Kalau tidak ke Lombok, mungkin saya ga tau kalau di pulau ini juga punya sajian dan budaya makan sate kreasi mereka sendiri🙂.

Sate sapi berbumbu pedas dan lontong bulayak

Sate sapi berbumbu pedas dan lontong bulayak

Tinggalkan komentar

Filed under Keliling Indonesia

Tinggalkan Balasan

