Pulau panjang, pulau kecil di lepas pantai Jepara

Ceritanya di tahun 2012 seorang teman saya mengetag saya di facebook tentang liburan dia di pulau panjang, Jepara. Ia dan teman-temanya berkemah sehari semalam di pulau yang tampak indah dengan pantai putih dan bersih.  Di akhir tahun 2008 saya juga pernah melihat pantai pasir putih pulau ini dari kapal ferry menuju ke Karimunjawa.  Melihat foto teman saya dan ingatan yang indah tentang pulau panjang, saya pengen banget ke sana pas ada kesempatan. Kesempatan saya datang di tahun 2014. Kebetulan sehari sebelum berangkat ke Karimunjawa, saya dan pacar saya menginap di pantai kartini Jepara. Kami memilih menyambangi pulau ini di sore hari agar bisa sekalian melihat matahari terbenam di sana. Ada banyak perahu yang bisa disewa untuk ke pulau panjang dari pantai Kartini. Perahu- perahu ini bisa muat sampai 12 orang. Harganya berkisar Rp 150.000 sampai Rp 300.000, tergantung jumlah orang dan keramaian pengunjung. Waktu itu pas sepi jadi kami dapat harga yang murah.

Foto pulau panjang yang ditunjukkan teman saya tahun 2012, pantainya belum terkena brasi dan masih bersih

Foto pulau panjang yang ditunjukkan teman saya tahun 2012, pantainya belum terkena abrasi dan masih bersih

Tak sampai setengah jam mengarungi lautan kami sampai di pulau yang berjarak hanya 1,5 mil dari daratan. Dermaga pulau ini terlihat sudah dibangun dengan baik untuk wisata. Kami kemudian diberi waktu cuma 30 menit saja oleh bapak perahu, karena ia akan membawa kami mengitari pulau dengan perahu setelahnya sebelum hari beranjak malam. Saya kemudian bertanya ke bapak perahu di mana letak pantai dengan pasir putih yang luas. Ia kemudian menunjuk suatu tempat. Awalnya saya membayangkan pasir putihnya masih seperti yang dulu, bersih dan bebas sampah. Sampai di sana, ternyata pulau ini sudah terkena abrasi yang gawat. Pantai dengan pasir putihnya sudah banyak yang terkikis ombak😦 . Sayang sekali. Di beberapa bagian pantainya juga terlihat kotor akibat sampah, padahal di pantai ini sudah banyak disediakan tempat sampah. Kami lalu berjalan kaki sejenak menembus hutan sampai ke makam Syekh Abu Bakar. Hutannya masih terlihat alami dengan pohon-pohon hijau yang tampak lebat. Semoga saja pulau dengan luas 19 hektar ini tetap memiliki hutan yang senantiasa terjaga. Jika memiliki waktu lebih pengennya sih kami jalan kaki mengelilingi pulau ini, tetapi karena sudah kesorean kami kembali ke dermaga dan duduk santai di sana. Pacar saya kemudian mencoba berenang di pantainya tapi tak berani lama-lama karena di bawah airnya juga terdapat sampah😦. Sayang sungguh sayang, membuang sampah ke tempatnya adalah hal yang mudah, kenapa harus mengotori pantai dan pulau yang indah ?

Gapura pulau panjang, Jepara

Pantai pulau panjang di sisi selatanyang kotor karena banyak sampah :(

Pantai pulau panjang di sisi selatanyang kotor karena banyak sampah😦

Pantai di bagian timur pulau panjang yang terkena abrasi

Jalan setapak yang membelah hutan lindung di pulau panjang, Jepara

Kami kemudian mengitari pulau dengan perahu. Ternyata 19 hektar itu luas juga ya? Mungkin butuh waktu 2 sampai 3 jam berjalan kaki mengitari pulau ini.  Di sisi-sisi lepas pantainya terdapat jermal-jermal kecil tempat menampung ikan milik nelayan-nelayan setempat. Jermal yang terbuat dari bambu dan kayu ini tampak kokoh meski berdiri di tengah laut. Di sisi barat pulau ini terdapat mercusuar yang tinggi menjulang dan dermaga kecil yang terbuat dari kayu. Sembari mengitari pulau yang sayangnya terkena abrasi ini, kami melihat perahu-perahu nelayan yang lalu lalang. Bapak perahu bilang, di pulau panjang akan segara ditanam aneka manggrove untuk mencegah abrasi. Hari menjelang malam, perlahan-lahan matahari tenggelam ke dalam laut Jawa. Kami menikmati sunset sore yang sangat indah dari atas perahu saat itu.

Jermal kecil di tengah laut Jepara

Sisi barat pulau panjang

Sunset cantik dari atas perahu