Plesiran Karimunjawa, pengalaman ke dua

Dulu di tahun 2008 saya pernah berplesir ria di kepulauan Karimunjawa. Waktu itu saya hanya menghabiskan Rp 296.000 untuk akomodasi, makan dan transport muter-muter pulau selama 3 hari 2 malam bersama teman-teman. Biaya tersebut termasuk tiket kapal ferry bolak-balik juga. Murah banget kan ya? Pengalaman snorkeling dan mantai di kepulauan ini membuat saya masih ingin kembali lagi. Pantai pasir putih dan air laut biru bening serta ikan-ikan yang cantik masih berenang di dalam benak saya. Di tahun 2014 ini saya mendapatkan tawaran ngetrip bareng dari teman-teman couchsurfing seharga Rp 625.000 selama 4 hari 3 malam. Masih murah kan? Tanpa pikir panjang, saya mengajak pacar saya untuk bergabung dengan teman-teman CS ini. Kami berdua saking excitednya sampai menginap selama 2 malam di Jepara sambil menunggu kapal ferry dan bertemu dengan teman-teman CS di pelabuhan pantai kartini. Sewaktu hari H yang rencananya kami akan naik kapal ferry bareng-bareng, saya dan pacar saya baru sadar kalau trip bareng yang kami ambil ini pas long weekend dan high season. Kami dan teman-teman CS yang dibela-belain datang dari Bandung dan Jakarta sampai kehabisan tiket kapal ferry. Padahal agen trip kami sudah ngantri dari subuh di depan loket ferry. Keributan banyak terjadi di pelabuhan akibat banyak yang tidak dapat tiket ferry. Untung saja agen trip kami bertanggung jawab. Mereka menyewa perahu kayu besar untuk transport kami dari pelabuhan kartini sampai ke pelabuhan Karimunjawa. Kebayang ga? dari pulau Jawa ke Karimunjawa naik perahu kayu? Selama perjalanan saya tertidur pulas akibat minum antimo karena saya takut mabuk laut. Ternyata waktu tempuh dengan perahu kayu sama dengan waktu tempuh dengan kapal ferry yaitu 4-5 jam perjalanan.

Kali ini kami naik perahu kayu ke Karimunjawa karena kehabisan tiket ferry :D

Kali ini kami naik perahu kayu ke Karimunjawa karena kehabisan tiket ferry😀

Tahun 2008 dulu, trip island hopping saya rutenya ke pulau-pulau sebelah timur pulau Karimunjawa, seperti ke pulau cilik, pulau gosong, pulau gosong tengah sampai ke pulau sintok. Trip waktu itu diakhiri dengan berenang bersama hiu di pulau Menjangan besar. Waktu itu pulau-pulau di karimunjawa masih sangat sepi dari pengunjung. Hanya saya dan teman-teman saya yang terlihat mengeksplor dan island hopping di lautan. Kali ini island hopping kami mengambil rute berbeda yaitu di pulau-pulau sebelah barat Karimunjawa. Karena lagi rame-ramenya dermaga rakyat di karimunjawa sampai penuh dengan wisatawan. Untung saja saat island hopping tidak semua wisatawan mengambil rute yang sama dengan kami. Kami island hopping, mantai dan snorkeling ke pulau cemara kecil, pulau gosong cemara, pulau taka bimbang dan pulau menjangan kecil. Kami juga sempat snorkeling di dekat pulau Karimunjawa. Spot snorkeling ini keren banget karena terumbu karangnya masih sangat alami dan terjaga. Kami juga sempat mampir ke pantai tanjung gelam nan cantik. Sayangnya karena saking banyaknya perahu bersandar dan wisatawan berkumpul di sana, saya dan pacar saya jadi kurang bisa menikmati. Lain kali kami akan datang lagi ketika sepi saja deh.

Kami dan teman-teman ngetrip kami dari CS saat di perahu untuk island hopping di sisi barat karimunjawa

Kami dan teman-teman ngetrip kami dari CS saat di perahu untuk island hopping di sisi barat karimunjawa

Underwater Karimunjawa di dekat pulau cemara kecil

Underwater Karimunjawa di dekat pulau cemara kecil

Birunya air laut bening di pulau cemara kecil

Birunya air laut bening di pulau cemara kecil

Pantai tanjung gelam yang indah, sayangnya lagi rame banget :)

Pantai tanjung gelam yang indah, sayangnya lagi rame banget🙂

Hari pertama dan ke dua island hopping , untuk makan siang kami selalu makan di pulau. Bapak-bapak guide kami memasakkan ikan bakar yang dimasak di atas pasir. Ikannya macam-macam dan besar-besar mulai dari ikan dorang, kakap merah, kakap putih, ikan layur sampai ikan kakak tua yang warnanya biru. Ikan bakar ini dimakan dengan sambal dan lalapan, dimakan bersama-sama di atas tikar yang digelar di atas pasir. Nikmat banget deh! Rasanya seperti piknik di surga. Makan ikan bakar dari ikan segar sambil melihat pemandangan birunya air laut yang bening. Di malam hari ketika pulau Karimunjawa ramai pengunjung seperti ini, terdapat pasar malam di lapangan kecamatan. Yang dijual macam-macam, dari aneka sea food bakar yang murah meriah, souvenir berupa kaos dan gantungan kunci, makanan olahan khas karimunjawa sampai jeruk asli karimunjawa. Saya sempat jajan siomay dan bakso ikan di sini dan rasanya lezat sekali karena daging ikannya beneran terasa🙂 . Hari terakhir island hopping, acara snorkeling terakhir kami mengambil spot di pulau menjangan kecil. Lautan di sekitar pulau ini terkenal dengan ikan-ikanya yang ramah. Waktu kami nyemplung bareng-bareng, ikan-ikan yang jumlahnya ribuan ini tak takut berenang di sekitar manusia. Malah ikan-ikan ini terbiasa meminta roti atau kue. Ikan-ikan ini langsung menyerbu kue dan roti yang kami bagikan. Hmm ikan jaman sekarang makanannya roti!  Akhirnya island hopping hari itu diakhiri dengan menyambangi hiu di pulau menjangan besar. Karena saya sudah pernah, maka pacar saya mengajak saya dan dua orang teman lain untuk menaiki donat. Donat ini ditarik speed boat berputar-putar sekencang-kencangnya. Sayapun berteriak sekencang-kencangnya. Rasanya jantung saya beneran mau copot! Ga lagi-lagi deh. Saya kan penakut dan bukan adrenalin junkie. By the way anyway busway rasanya ga asyik kalau saya banyak cerita di sini. Mendingan lihat foto-foto saya saja deh ya😀 . Yang jelas buat saya kepulauan Karimunjawa adalah sebuah surga kecil di Jawa Tengah, salah satu kepualauan terindah yang pernah saya sambangi dalam hidup saya🙂 . Saya gak lebay, buktikan saja sendiri🙂 .

Pesisir pulau cemara kecil

Pesisir pulau cemara kecil

Is this heaven?

Is this heaven?

Makan siang kami, ikan bakar khas karimunjawa

Makan siang kami, ikan bakar khas karimunjawa

Piknik dan makan siang bareng

Piknik dan makan siang bareng

Snorkeling di dekat pulau Karimunjawa, the best spot untuk melihat terumbu karang yang masih alami so far

Snorkeling di dekat pulau Karimunjawa, the best spot untuk melihat terumbu karang yang masih alami so far

Underwater karimunjawa #1

Underwater karimunjawa #1

Underwater karimunjawa #2

Underwater karimunjawa #2

Underwater karimunjawa #3

Underwater karimunjawa #3

Underwater karimunjawa #4 terumbu karang berwarna biru keunguan. so beautiful!!

Underwater karimunjawa #4 terumbu karang berwarna biru keunguan. so beautiful!!

Underwater karimunjawa #5

Underwater karimunjawa #5

Sunset hari ke dua di karimunjawa

Sunset hari ke dua di karimunjawa

Underwater karimunjawa #6 di sekitar pulau taka bimbang

Underwater karimunjawa #6 di sekitar pulau taka bimbang

Underwater karimunjawa #7 di sekitar pulau taka bimbang

Underwater karimunjawa #7 di sekitar pulau taka bimbang

Underwater karimunjawa #8 di sekitar pulau taka bimbang

Underwater karimunjawa #8 di sekitar pulau taka bimbang

Pantai di pulau gosong cemara

Pantai di pulau gosong cemara

A lonely mangrove tree di pulau gosong cemara

A lonely mangrove tree di pulau gosong cemara

Ribuan ikan kecil di dalam laut pulau menjangan kecil

Ribuan ikan kecil di dalam laut pulau menjangan kecil

Underwater pulau menjangan kecil

Underwater pulau menjangan kecil

Dermaga ferry di pulau karimunjawa saja penampakannya seperti ini!

Dermaga ferry di pulau karimunjawa saja penampakannya seperti ini!

Feeding the fish di pelabuhan ferry karimunjawa

Feeding the fish di pelabuhan ferry karimunjawa

Suasana di dalam ferry saat pulang ke Jawa! Gila! penuh banget!

Suasana di dalam ferry saat pulang ke Jawa! Gila! penuh banget!

2 Komentar

Filed under Keliling Indonesia

2 responses to “Plesiran Karimunjawa, pengalaman ke dua

  1. jamboelz

    itu ane didepan sendiri pas naik kapal kayuu hahah..
    Ane jg yg nyari kapal..ane dah semaleman ngantri ddepan loket tp ga dpt tiket jg..alhamdulilah punya temen dikarimunjawa yg kapalnya bisa disewa..jd ga sia2 dah ngantrinya hehe..

Tinggalkan Balasan

