Melarikan diri dari panasnya kota Jogja ke blue lagoon ngemplak

blue lagoon tirta budi ngemplak

blue lagoon tirta budi ngemplak

Saya selalu penasaran sama apapun yang berwarna biru. Apalagi sebuah kolam alami berwarna biru tosca bening yang letaknya ternyata tidak jauh dari kota Jogja. Saya baru tahu tempat ini dari internet beberapa hari yang lalu. Belakangan ini karena kota Jogja suhunya mencapai 35 derajat celcius ke atas, rumah saya yang bermodal kipas angin ini masih terasa panas. Rasanya ingin sekali menceburkan diri ke kolam air tersebut. Gambarnya di beberapa situs sungguh menggiurkan untuk diceburin. Berhubung tempat ini sedang menjadi trending topic maka saya memilih salah satu hari weekdays untuk ke sana supaya tidak terlalu ramai. Sesampainya di sana, hmm yang datang udah banyak juga yah, gumam saya. Dari parkiran motor saja lumayan banyak. Pemandian yang bernama resmi tirta budi ini sebenarnya sudah ada dari sedari dulu  di dusun dalem, desa widodomartani, ngemplak, sleman, Kata bapak yang menjaga loket tiket, tempat ini menjadi populer beberapa bulan yang lalu akibat para mahasiswa yang sedang ada kegiatan di sana membuat website untuk pemandian ini. Sebenarnya di tahun 2009 saya pernah penelitian di desa ini dan tinggal di base camp yang letaknya hanya 200 meter dari dusun dalem, tetapi kok saya ga tau tempat ini ya?😀 .

blue lagoon yogyakarta

blue lagoon yogyakarta

blue lagoon yogyakarta

blue lagoon yogyakarta

sendang lanang di tirta budi

sendang lanang di tirta budi

suasana sungai nan alami di tirta budi

suasana sungai nan alami di tirta budi

Menurut saya wajar saya sih tempat semacam ini menjadi booming didatangi banyak pengunjung. Mereka juga pasti penasaran seperti saya. Siapa yang tidak penasaran melihat air biru alami yang terlihat sangat menyegarkan? Setahu saya di Jogja memang banyak mata air, sendang atau umbul tetapi tidak semenggiurkan di tirta ini. Kalaupun ada pemandian seperti ini biasanya tepiannya sudah disemen atau dibentuk seperti kolam renang, jadi menurut saya menjadi kurang alami. Mengunjungi pemandian ini juga mengingatkan saya akan masa kecil saya bermain di belik dan sungai di dekat rumah saya yang sekarang sudah tidak seperti dahulu lagi. Sungainya kotor dan beliknya sudah tidak keluar airnya. Saya benar-benar menikmati nostalgia masa kecil saya di sini. Tirta budi juga memiliki beberapa sendang yaitu sendang lanang dan sendang wedok yang pada waktu dahulu dipakai masyarakat untuk mandi dan mencuci. Selain laguna biru dan sendang, sungainya juga bersih dan alami dengan beberapa pancuran air tanah dari sisi sungai. Lalu kenapa warnanya bisa biru yah? saya rasa karena kedalamannya sekitar 3 meter dan sumber airnya memang masih sangat bersih. Karena dalam inilah beberapa orang berani beradu loncat tinggi silih berganti. Selain itu di mata air ini juga terdapat ikan-ikan kecil yang suka memakan kulit mati alias ikan terapi. Jadi kalau tidak berani berenang bisa duduk dipinggirannya sambil digigitin ikan. Wilayah sleman utara sebagai tempat penyimpan mata air tanah utama di Provinsi DIY, saya kira memiliki ratusan mata air atau sendang atau sungai yang masih sangat alami. Saya jadi penasaran ada tidak ya umbul lain yang seperti ini?

3 Komentar

Filed under Keliling Indonesia

3 responses to “Melarikan diri dari panasnya kota Jogja ke blue lagoon ngemplak

  1. Hi Ndanda,

    My name is Tania Stephanie and I’m the Creative Editor of IDNtimes. IDNtimes is the leading online media company, which delivers worth-sharing content to young generation in Indonesia. Last month, we booked 8 millions users and 30 millions pageviews.

    With this, we would like to feature your original photos (https://kelanakecil.files.wordpress.com/2014/10/p1040196.jpg) as part of our content in IDNtimes.com. The credit is still yours and we will put the source appropriately (including backlink to your blog). If you feel uncomfortable and hesitant, please let us know by sending an email to tania@idntimes.com. Thank you for your attention and have a nice day ahead🙂

  2. Ping-balik: 9 Wisata Alam yang Jarang Dikunjungi dan Instagramable Banget di Jogja | Kerupuk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s