Natural pool @ wediombo beach

Pantai wediombo

Pantai wediombo

Berhubung saya lagi seneng-senengnya lihat foto-foto tentang natural pool di beberapa website traveling yang ada di dunia ini *jiah* , saya jadi penasaran di Jogja dan sekitarnya ada ga ya tempat seperti ini. Menurut saya sendiri definisi natural pool adalah sebuah kolam yang terbentuk secara alami yang masih bersih, bening dan bisa untuk berenang. Contohnya seperti sendang, sungai, air terjun yang di bawahnya bisa untuk berenang atau laguna kecil di pinggir laut. Setelah beberapa kali googling saya menemukan dua tempat yang membuat saya penasaran. Pertama adalah blue lagoon yang ada di Ngemplak yang sudah saya sambangi 2 minggu yang lalu. Ke dua adalah natural pool yang ada di pantai wediombo. Saya pernah 2 kali ke pantai wediombo tetapi belum  tau kalau pantai ini mempunyai natural pool. Berbekal petunjuk beberapa blog dan keterangan adik saya yang ternyata pernah ke sana, berangkatlah saya ke wediombo. Rute favorit saya untuk menuju ke pantai ini adalah jalur selatan dari imogiri-panggang karena jalannya sepi dan pemandangannya asyik di mata. Untuk menemukan pantai ini sangatlah mudah, tinggal ikuti saja petunjuk arah yang terpampang sedari kota wonosari atau pantai baron.

Natural pool di pantai wediombo ini terletak di ujung selatan garis pantai. Oya pantai wediombo ini berbeda dengan pantai-pantai lain di gunung kidul karena garis pantainya menghadap ke barat. Jadi ketika masuk area pantai wediombo tinggal belok ke kiri jalan kaki menyusuri pantai  sampai ujung yang berbatu-batu. Karena saya ke sana pas weekday, kebetulan tidak ada orang sama sekali di natural pool ini. Meskipun kecil, kolam yang dikelilingi batu karang ini terlihat menggiurkan untuk berenang karena airnya biru bening dan terdapat beberapa ikan laut berwarna-warni. Ada pula bintang-bintang laut yang sedang menenangkan diri di sini😀 . Kedalamannya mencapai 1,5 meter. Kalau menurut saya sih karena ada bagian yang membuat ombak masuk ke sini dan mendorong air ke dalam, sebaiknya berenang ketika agak surut. Perenang cemen atau yang tidak bisa berenang sama sekali sebaiknya jangan nyemplung sendiri ke sini. Jikalau ingin berenang, ada baiknya membawa snorkle supaya bisa sekalian snorkeling kecil-kecilan dan mengamati biota laut yang sedang “terjebak” di natural pool ini. Senang juga di Jogja ternyata ada yang seperti ini, tidak perlu jauh-jauh ke kiluan atau ke aruba.

Natural pool pantai wediombo

Natural pool pantai wediombo

4 Komentar

Filed under Keliling Indonesia

4 responses to “Natural pool @ wediombo beach

  1. waduh, saya malah belum tahu ada tempat ini di Wediombo. Dulu fokusnya ke Pantai Jungwok jadi ngga sempet keliling-keliling.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s