Sungai bertingkat Lepo di Dlingo

Papan petunjuk ke Lepo, Dlingo

Papan petunjuk ke Lepo, Dlingo

Masih dalam rangka mencari natural pool yang bisa untuk berenang, seorang teman saya menyarankan untuk mengunjungi air terjun lepo yang terletak di kecamatan Dlingo, Kab Bantul, Yogyakarta. Ia pergi ke sana saat masih musim kemarau dan saat itu airnya berlimpah. Karena saya memang lagi ketagihan hunting natural pool, akhirnya kemarin saya menyambangi tempat ini. Untuk menuju ke sini, karena teman saya juga lupa di mana letak tepatnya, saya menggunakan GPS a.k.a gunakan penduduk setempat. Dari kota Yogyakarta, jika menggunakan kendaraan bermotor akan memakan waktu tempuh sekitar 45 menit sampai 1 jam. Untuk menuju ke kecamatan Dlingo, bisa lewat bukit pathuk ke selatan atau bisa lewat imogiri naik ke arah Mangunan. Air terjun Lepo ini letaknya tidak jauh dari kantor kecamatan Dlingo, yaitu di dusun pokoh 1. Jika sudah sampai di dusun pokoh, penduduk setempat akan senang hati menunjukkan di mana letaknya. Motor atau mobil bisa dititipkan di rumah penduduk setempat yang sudah bertuliskan “parkir” dengan biaya sukarela. Untuk menuju ke lokasi, pengunjung tinggal trekking sedikit saja menuruni anak tangga yang sudah disemen.

Jalan setapak menuju ke Lepo

Jalan setapak menuju ke Lepo

Ketika sampai di sana, IMHO sekilas mirip dengan air terjun banyunibo atau air terjun pulosari yang ada di Krebet, Bantul. Sungainya terbentuk dari bebatuan kapur yang berwarna terang. Jika airnya penuh warna sungainya akan berubah menjadi hijau karena lumut yang ada di dasar sungai. Menurut saya sih, selain air terjun, sungai Lepo ini juga bisa disebut sungai bertingkat, karena air terjunya ada di beberapa tingkatan. Kalau mau ekstrim sedikit, sepertinya tempat ini cocok untuk susur sungai karena terletak di lembah perbukitan. Anyway, kemarin air sungai Lepo ini debit airnya sedikit, jadi tidak bisa untuk berenang seperti di natural pool. Debit air sungainya akan membesar ketika di pertengahan musim penghujan. Menurut informasi dari penduduk setempat, sebentar lagi tempat ini akan dibuka menjadi tempat wisata oleh kab Bantul. Jadi kalau mau ke air terjun Lepo sebelum dibuka, buruan deh ke sana!🙂

Sungai lepo, Dlingo

Sungai lepo, Dlingo

Salah satu air terjun yang ada di lepo, Dlingo

Salah satu air terjun yang ada di lepo, Dlingo

1 Komentar

Filed under Keliling Indonesia

One response to “Sungai bertingkat Lepo di Dlingo

  1. Dulu pas saya kemari warga sekitar lagi mbangun tempat parkir. Trus di deket air terjunnya itu ada semacam rangka2 warung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s