Crunchy-crunchy Manggo, Mangga apa yang paling enak menurutmu?

Mangga di kota tua Jakarta

Mangga di kota tua Jakarta

Mangga, siapa yang tak kenal dengan buah ini ? Buah tropis nan manis dan asam dengan beribu jenis dan varietas. Buah favorit saya tentunya. Nah kok tiba-tiba ngomongin mangga? Ini karena saya habis pulang dari Jakarta. Kota yang tidak terlalu saya sukai karena udaranya terlalu berat buat saya, tetapi jika saya sedang berada di sekitaran Jakarta ada satu hal yang selalu saya cari. Tukang jual mangga potong! Yang bikin saya kangen sama ibukota adalah mangga potong! Sejak pertama kali saya menemukan tukang mangga potong di jalanan Jakarta beberapa tahun lalu saya jadi ketagihan. Sebenarnya kalau beruntung bisa saja saya menemukan jenis mangga yang sama dengan mangga yang ada di Jakarta di kota Jogja. Tapi rasanya kok beda ya? Motong sendiri sama dipotongin tukang mangga😀 . Mangga potong yang sering dijual oleh tukang buah dan tukang mangga di Jakarta adalah mangga indramayu atau mangga indramayu yang ditanam di Bogor. Begitu kata tukang mangganya. Harga seplastiknya berkisar antara Rp 2000 sampai Rp 10.000 tergantung besar kecilnya. Menemukan tukang buah atau tukang mangga potong sangatlah mudah di Jakarta. Cari saja tempat ramai pedagang kaki lima, pasti ada satu atau dua yang jual mangga potong. Di daerah kota tua Jakarta juga banyak tukang mangga potong yang memang khusus menjual mangga potong. Biasanya mereka menjual mangga plus garam pedas atau gula jawa pedas sebagai pelengkapnya. Kalau saya sih suka dimakan begitu saja. Tekstur mangga yang dijual di jakarta sangat pas dengan lidah saya. Manis, sedikit asam dan yang terpenting adalah sensasi crunchynya yang asyik banget di mulut😀. Enak buat dikraus-kraus karena seratnya padat. Menurut manggo award saya mangga potong ini adalah the best manggo in Indonesia.

Karena saya belum keliling dunia. Saya belum tahu the best manggo in the world yang mana😀. Yang jelas tukang mangga di Jakarta mendapatkan saingan cukup berat dari negara tetangga yaitu Filipina. Sewaktu saya jalan-jalan di Manila. Di sana juga banyak tukang buah yang menjual mangga potong seperti di Jakarta. Rasa dan teksturnya mirip. Jangan-jangan mangga yang dijual di sana dari jenis yang sama? Selain itu Filipina juga punya dried manggo dan dried green manggo yang berasal dari daerah Cebu. Dried manggo adalah mangga yang dikeringkan dan diberi gula. Dried manggo ini sangat mudah ditemukan di supermarket di Manila. Setiap kali saya mampir ke supermarket di sana, saya tidak bisa menahan diri untuk membeli dried manggo. Biasanya setelah saya membelinya langsung habis dalam waktu beberapa jam saja. Sama seperti mangga indramayu tekstur mangga cebu juga padat serat sehingga sensasi crunchynya terasa di mulut.

Dried manggo from Cebu, Picture from prooffoodcorp.com

 

Kalau menurut kamu, mangga yang paling enak mangga apa?

 

3 Komentar

Filed under Travel Food and Fruit

3 responses to “Crunchy-crunchy Manggo, Mangga apa yang paling enak menurutmu?

  1. Saya suka jenis mangga Manalagi. Kalau di tempat simbah saya di Klaten ditanami banyak pohon Mangga Golek, bentuknya panjang, rasanya manis banget dan tekstur dagingnya lembut. Itu juga enak. Selain itu saya selalu suka sama musim mangga, hahaha, sebab 1 kg mangga bisa dihargai Rp 5.000.

  2. daroe

    Mangga potong di jakarta de best *jadingiler

Tinggalkan Balasan

