Soto Betawi, my first experience

Saya emang lagi keminggris, alias suka nulis judul pakai bahasa Inggris tapi postingannya tetep bahasa Indonesia😀. Jadi ceritanya saya masih berada di ibu kota Indonesia tercinta, Jakarta selama 2 bulan terakhir ini. Makan di kota ini tinggal pilih saja, mau makanan dari ujung dunia pun ada🙂. Harganya bervariasi dari yang murah banget sampai yang seharga restoran michelin. Saya dan suami saya, terkadang lebih memilih menu-menu makanan yang jarang ada di Jogja seperti soto mie bogor, mie juhi, asinan sampai burger king😀. Sayang saja kalau dilewatkan, sudah sampai Jakarta,kami ingin mencoba yang berbeda. Terutama kami ingin mecicipi aneka menu Betawi. Salah satunya adalah soto betawi. Seumur hidup di manapun saya berada, saya belum pernah makan soto Betawi. Ups, tampaknya saya ketinggalan jaman katenye, seperti di dalam lirik lagu Si Doel Anak Sekolahan😀.

Jpeg

Semangkuk soto betawi mencos H Sarnadi

Berbeda dengan soto khas daerah lain, soto Betawi yang asli menggunakan campuran susu untuk kuahnya. Soto pakai kuah susu? Terdengar aneh but let’s try! Fetuccini carbonara dengan kuah susu saja enak kok😀. Sajian soto yang bertopping daging sapi atau jeroan sapi ini juga mempunyai keunikan rasa dari minyak samin,taburan emping, kerupuk, irisan tomat, daun bawang dan bawang goreng. Hmm bayangin saja saya udah meneteskan air liur. Berhubung saya dan suami saya sedang ngekost di JL Paseban, Jakarta Pusat, saya pengen nyobain soto betawi yang dekat-dekat saja dulu. Dekat tapi otentik🙂. Seorang teman yang suka kuliner memberi rekomendasi untuk makan di warung soto mencos H Sarnadi. Kata teman saya usia warung ini sudah 40 tahun lebih. Warung soto betawi ini mempunyai ciri khas unik yaitu soto betawi dengan topping kaki sapi. Soto di warung kecil tapi ramai ini, disajikan terpisah dengan nasi. Sebagai pelengkapnya disajikan pula jeruk nipis dan acar mentimun bawang merah. Begitu sotonya di depan mata, langsung saja kami nikmati. Rasanya sungguh lezat! Kuah kentalnya magteh dan sama sekali tidak eneg walaupun ada campuran susunya. Mungkin karena campuran bahan segar dan asam seperti tomat dan jeruk nipis. Daging dan kikil sapinya juga pas empuk dan kenyalnya. Suami saya dengan lidah baratnya pun doyan banget. Dia bilang sih kapan-kapan pengen makan soto ini lagi. Anyway, 2 porsi soto dengan minum harganya Rp 50.000 saja. Finally! Saya ga ketinggalan zaman lagi😛. My first soto betawi experience was great! Well done pak H Sarnadi🙂.

P1050363

Super yummy soto betawi

Lokasi soto mencos H Sarnadi, JL Percetakan negara no 2D, Paseban, Jakpus.

Tinggalkan komentar

Filed under Keliling Indonesia

Tinggalkan Balasan

