Road trip ke Ngargoyoso #1 : 102 km dari Yogyakarta

Pernah dengar tentang daerah Ngargoyoso yang ada di kabupaten Karanganyar ? Atau pernah dengar tentang kebun teh kemuning, candi sukuh dan candi cetho ? Nah ketiga tempat ini terletak di sisi barat kaki gunung lawu di kecamatan Ngargoyoso , kabupaten Karanganyar, provinsi Jawa Tengah. Letaknya sekitar 40 km sebelah timur kota Solo atau 102 km dari kota Yogyakarta. Jujur saja jarak Ngargoyoso dari Yogyakarta baru saja saya ukur dengan google map. Sebelumnya saya kira jaraknya cuma sekitar 60 km. 60 km dari Hongkong ?😀 . Pantesan saja sekembalinya saya dari sana pantat dan punggung saya pegel ga karuan. Meskipun demikian perjalanan saya bolak-balik 204 km selama 3 hari 2 malam dengan motor ini tidak saya sesali, malah bikin ketagihan *EH*. Saya berangkat dari Jogja sekitar jam 2 siang dengan motor bergigi supaya lebih enak digunakan untuk mendaki dan menuruni jalan yang naik turun. Saran saya sih, kalau mau ke daerah Kemuning dari Jogja, pastikan dulu kendaraan dalam keadaan benar-benar fit dan kuat untuk menanjak serta rem berfungsi dengan baik. Sebenarnya ini kali ke dua saya road trip ke sana. Di kesempatan ke dua ini, saya road trip ditemani suami saya tercinta❤. Kenapa saya memilih ke sana lagi ? Selain pengen pamer keindahan alam Indonesia ke suami, menurut saya salah satu hamparan perkebunan teh terindah berpadu dengan wisata arkeologi adanya ya di sana. Salah satu yang masih tergolong bisa dijangkau memakai motor dari kota Jogja. Ke Kemuning,Ngargoyoso jika dari Jogja, lebih baik dan sangat disarankan untuk menginap, supaya tidak capek dan bisa mengeksplor beberapa tempat-tempat menarik sekaligus yang ada di sana. Di kawasan ini banyak penginapan murah meriah yang tersebar di dekat candi sukuh, candi cetho, desa ngetrep (jalan ke arah kebun teh), dan di dekat air terjun parang ijo.

penginapan beauty lawu

penginapan beauty lawu

kamar-kamar di penginapan beauty lawu

kamar-kamar di penginapan beauty lawu

kamar tidurdi penginapan beauty lawu

kamar tidurdi penginapan beauty lawu

Saya tidak terlalu ngebut mengendarai motor dan lebih memilih melewati jalur alternatif, delanggu – baki – bekonang – karanganyar – ngargoyoso. Setelah 4 jam saya baru sampai di sana. Kebetulan karena lapar dan pengen banget minum teh, saya langsung menuju ke kedai teh ndoro donker. Sayang, ternyata kedai teh ini sudah tutup jam 17.30. Sore itu jam 6 suasana sudah begitu gelap. Sayangnya kami terlambat untuk menikmati sunset yang ada di sana😦 . Kami segera mencari tempat makan dan mencari homestay. Pada saat saya pertama kali ke sini, saya menginap di sekitar candi sukuh. Kali ini saya ingin mencoba menginap lebih dekat ke kebun teh. Atas saran tukang parkir setempat saya mendatangi homestay beauty lawu yang terletak di desa ngetrep tepat di pinggir jalan menuju ke kebun teh. Harga homestay ini Rp 70.000 per malam. Fasilitasnya TV, double bed, selimut,kamar mandi dalam, sabun, sikat, gigi, pasta gigi, shampo, dan handuk untuk 2 orang. Jam 9 pagi, diharuskan sudah check out dari penginapan ini. Makanan dan minuman juga tersedia di homestay ini sebelum jam 9 malam. Rata-rata homestay dan penginapan yang ada di Ngargoyoso harganya berkisar Rp 50.000 sampai Rp 100.000. Dan tentu saja tanpa AC karena dinginnya udara di sini sudah melebihi dinginnya AC😀. Karena sudah tepar dan malam itu begitu sepi, kami langsung terkapar di penginapan.

2 Komentar

Filed under Keliling Indonesia

2 responses to “Road trip ke Ngargoyoso #1 : 102 km dari Yogyakarta

  1. Waow murah juga ya! Kadang saya khawatir dengan harga yang murah segitu bakal mendapatkan fasilitas yang “plus-plus” :p

Tinggalkan Balasan

