Random walk in Paris : Dari menara Eiffel, jembatan Inception sampai patung Liberty

Pagi yang dingin di awal bulan maret, saya dan suami saya berniat jalan-jalan ke menara Eiffel. Aneh rasanya jika sudah sampai di Paris tetapi tidak berfoto dengan background landmark utama kota ini. Kali ini saya niatnya cuma bener-bener ingin foto saja, tidak ingin antri berjam-jam seperti turis lain untuk naik ke atasnya. Selain itu saya juga sedang ngirit , jadi hanya jalan-jalan ke tempat yang gratis-gratis saja. Saking ngiritnya saya dan suami saya jalan kaki dari tempat tinggal kami menyusuri sungai La Seine sampai di Camp de Mars tempat menara Eiffel berada. Kami menghabiskan waktu sampai 50 menit berjalan kaki. Walaupun lumayan jauh, saya tidak merasa capek karena gedung-gedung dan jembatan-jembatan sepanjang sungai La Seine keren-keren arsitekturnya.

Patung dari Gustave Eiffel yang berada tepat di bawah menara Eiffel

Patung dari Gustave Eiffel yang berada tepat di bawah menara Eiffel

Menara Eiffel, menara besi yang dirancang oleh Gustave Eiffel ini dibangun 1887.Menara ini adalah bangunan tertinggi di kota Paris, setinggi 324 meter. Menara ini merupakan bangunan tertinggi di dunia sejak dibangun sampai tahun 1930. Sekarang menara Eiffel menempati urutan ke 9 menara tertinggi di seluruh dunia. Awalnya menara ini hanya dibangun untuk sebuah pameran akbar di Eropa yang bernama Exposition Universelle dan akan dibongkar setelahnya. Tetapi karena menara ini menjadi icon dan landmark yang digemari oleh penduduk kota Paris dan menarik para wisatawan, bangunan ini tetap  dibiarkan berdiri dengan gagah di tengah-tengah kota Paris. Menara ini juga berfungsi sebagai pemancar radio dan televisi. Untuk naik ke menara Eiffel pengunjung diharuskan mengantri dan membayar tiket seharga 11 euro untuk sampai ke tingkat pertama saja dengan elevator. Jika ingin naik sampai puncak pengunjung harus membayar 17 euro dengan elevator. Antrian untuk naik ke menara ini puanjaaang banget. Rata-rata pengunjung mengantri 2 jam untuk naik ke atas. Antrian agak sepi adalah antrian naik ke menara ini lewat tangga yang tiketnya seharga 7 euro, tetapi hanya sampai ke tingkat pertama tidak sampai ke puncak. Tiket untuk naik ke menara ini bisa dibeli online di website resminya.

Menara Eiffel tampak bawah

Menara Eiffel tampak bawah

Seperti para pengunjung lain, wajib berfoto dengan background menara Eiffel

Seperti para pengunjung lain, wajib berfoto dengan background menara Eiffel

Saya dan suami saya yang memang tidak berniat untuk naik ke atas hanya menikmati menara ini dari camp de mars, taman di sekitar menara Eiffel, dan dari bawah menara ini. Ada banyak bangku-bangku yang disediakan di sekitar bangunan tertinggi di paris ini. Jika sekedar ingin piknik gratisan di sini, bisa banget! Camp de Mars dikelilingi oleh bangunan-bangunan apartemen mewah milik para milyuner kota Paris dan para selebritis dunia. Siapa tahu saja pas duduk-duduk di sini ada mbak Jennifer Lopez yang lagi dadah-dadah dari jendela🙂. Sebuah apartemen di Paris yang bisa memandang menara Eiffel dari jendelanya, harganya bisa mahal sekali.

Lorong sepeda Pont de Bir-Hakeim

Lorong sepeda Pont de Bir-Hakeim

Dari Camp de Mars, suami saya mengajak saya ke sebuah bangunan lain tidak jauh dari situ. Namanya Pont de Bir-Hakeim, sebuah jembatan unik di atas sungai La Seine. Jembatan bertingkat dua  ini didesain untuk menyeberangkan kendaraan biasa dan kereta metro sekaligus. Jembatan campuran antara besi dan batu ini dibangun pada tahun 1903 oleh seorang arsitek terkenal Perancis bernama Jean-Camille Formige. Lorong tepat di tengah jembatan ini digunakan untuk para pesepeda melintas. Di sisi luar lorong sepeda ini terdapat lampu-lampu gantung antik yang digantung di tiang jembatan. Kebayang dunk, kalau malam pasti indah sekali. Suami saya mengajak saya kemari karena ia ingin menunjukkan bahwa jembatan ini pernah menjadi lokasi syuting film kesukaanya yaitu Inception. Ah! saya baru ingat adegan Leonardo di Caprio dan Ellen Page sedang berada di dalam mimpi berjalan membuka cermin mimpi di jembatan ini. Bagi para penggemar film ini jembatan ini dijuluki jembatan Inception.

Jembatan Inception Paris

Jembatan Inception Paris

Dari tengah jembatan ini terdapat sebuah lintasan pejalan kaki yang letaknya berada di tengah-tengah sungai La Seine, bernama Allee des Cygnes atau juga disebut sebagai Ile aux Cygnes. Ile aux Cygnes dalam bahasa Inggris berarti Isle of the Swans, dibangun pada tahun 1827. Siang itu saya ngebet untuk melihat bangunan lain yang saya lihat dari film juga🙂. Ternyata bangunan yang saya maksud berada di ujung Ile aux Cygnes yang panjangnya 850 meter. Jadi kami harus berjalan kaki sampai ke ujung dari jembatan Inception. Pulau panjang buatan manusia ini , hari itu tampak sepi. Kami tidak berpapasan dengan satu orangpun di sana. Para turis tidak berjalan kaki sampai kemari. Ada tiga jembatan yang melintas di pulau ini termasuk jembatan Inception. Setelah lumayan gempor berjalan, sampailah kami di bangunan yang dimaksud. Sebuah replika patung Liberty yang muncul di dalam film National Treasure : Book of Secret. Patung ini tingginya seperempat dari patung aslinya di New York dan dihadapkan ke arah barat , mengarah kepada bangunan aslinya. Patung ini dibuat pada tahun 1889 dan merupakan pemberian dari komunitas Amerika di kota Paris. Selain di tempat ini, Paris juga mempunyai replika patung Liberty lain yang dipajang di Musee D’Orsay dan Musee des Arts et Metiers.

Ile aux Cygnes nan sepi

Ile aux Cygnes nan sepi

Patung Liberty di Paris yang muncul dalam film National Treasure:Book of Secret

Patung Liberty di Paris yang muncul dalam film National Treasure:Book of Secret

Entah berapa kilometer yang sudah kami lintasi dari Chatelet sampai ke Ile aux Cygnes. Random Walk hari itu tampaknya harus berakhir karena kaki saya sudah minta dipijet😀. Kami kemudian kembali ke tempat tinggal kami dengan metro. Saya rasa cara menikmati kota ini memang paling tepat dengan berjalan kaki dari satu tempat ke tempat lainnya. Masih banyak tempat-tempat di paris yang less Touristy tetapi menarik untuk dikunjungi. Saya sangat bersemangat untuk random walk-random walk lainnya di kota ini.
Keterangan :
Stasiun kereta bawah tanah atau Metro terdekat dari Menara Eiffel adalah Bir Hakeim & Passy yang termasuk di Line 6 dan Trocadero yang berada di Line 9. Stasiun RER terdekat adalah Champ de Mars yang berada di Line C. Bis-bis yang berhenti di dekat menara Eiffel adalah jalur 82,42, 69 dan 87. Tiket online masuk ke menara Eiffel bisa dibeli di sini.

2 Komentar

Filed under Ke Luar Negeri

2 responses to “Random walk in Paris : Dari menara Eiffel, jembatan Inception sampai patung Liberty

  1. Eiffeeel….. serasa pengen cepet cepet kesana..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s