Random walk in Paris : Moulin Rouge dan Musée de la Vie Romantique

Voulez-vous coucher avec moi ce soir ?
Voulez-vous coucher avec moi

Lirik lagu yang terkesan nakal ini terngiang-ngiang di benak saya. Untung saja sekarang saya bisa menyanyikan lirik nakal ini ke suami saya *ehh. Saya jadi teringat film hollywood tentang kisah cinta seorang penari kabaret yang diperankan Nicole Kidman dan seorang pria yang diperankan oleh Ewan Mc Gregor. Kisah yang bersetting di Moulin Rougue ini berada di kota Paris. Moulin Rouge dalam bahasa Indonesia berarti kincir angin merah. Seperti kebanyakan turis yang sedang bertamasya di Paris, saya juga penasaran ingin mengunjungi Moulin Rouge. Sekedar melihat halaman depannya saja sih, karena untuk menonton kabaret yang ditampilkan di dalamnya, tiketnya mahal sekali *masih jalan-jalan ngirit. Kapan-kapan kalau ada rejeki lagi boleh lah nonton🙂 .

Gedung Moulin Rogue di Boulevard de Chlicy

Gedung Moulin Rogue di Boulevard de Chlicy

Sebelum bergerak menuju ke Moulin Rouge, saya dan suami saya melakukan riset terlebih dahulu tentang tempat-tempat lain yang bisa dikunjungi secara gratis di dekat Moulin Rouge. Kami mengecek website Paris info untuk mencari tahu. Ternyata ada satu tempat yaitu sebuah museum tak jauh dari sana. Untuk menuju ke Boulevard de Clichy tempat kincir angin merah ini, kami menggunakan metro atau kereta bawah tanah jalur 2 dan turun di stasiun Blanche. Jalur bus yang melewati kawasan ini adalah no 67. Sampai di depan bangunan yang dibangun tahun 1889 ini, ternyata banyak sekali turis yang sedang foto-foto. Sedikit mencari tahu tentang Moulin Rouge di wikipedia, ternyata tempat ini merupakan cikal bakal tempat pertunjukan tari modern di jamannya. Tari-tarian tersebut yang menjadi pedoman pertunjukan tari kabaret di seluruh Eropa. Moulin Rouge memiliki sejarah yang panjang, bahkan di suatu masa pernah booming karena tarian erotisnya yang sensasional. Banyak film dan tayangan dokumenter yang mengangkat tema tentang Moulin Rouge, oleh karena itu traveler dari seluruh dunia menyempatkan untuk datang ke sini meskipun tidak menonton pertunjukan. Seperti saya, cukup foto-foto saja di sini. Sekarang ini pertunjukan-pertunjukan kabaret yang digelar di Moulin Rouge kebanyakan penontonnya adalah turis.

Musee de La Vie Romantique tampak depan

Musee de La Vie Romantique tampak depan

Dari Moulin Rouge, saya dan suami saya kemudian berjalan kaki sejauh 450 meter menuju ke rue Chaptal. Di tempat ini terdapat sebuah museum yang bernama Musee de La Vie Romantique. Museum ini terbuka untuk umum dan gratis, kecuali ketika sedang ada pameran, bagian pameran biasanya berbayar. Sebelum kemari, saya memang sengaja tidak googling. Jadi di benak saya dengan nama museum tersebut pastilah isinya tentang hal-hal romantis atau cinta-cintaan yang ada di Paris. Ternyata tidak🙂 , museum ini adalah sebuah museum seni dan sastra. Hmm atau mungkin karena seni dan sastra pada masa itu memang terkesan romantis🙂.  Museum ini berada di sebuah rumah yang dibangun pada tahun 1830. Rumah 2 lantai ini dulunya merupakan milik Ary Scheffer, seorang pelukis kelahiran Jerman. Museum ini merupakan satu diantara 3 museum seni dan sastra pribadi yang ada di kota Paris. Museum ini pada masanya sekitar tahun 1830-an merupakan tempat nongkrong dan bertukar pikiran para seniman-seniman Eropa. Well ternyata di zaman itu mereka gaul juga🙂. Nama-nama seperti musisi Chopin, pelukis Eugene Delacroix,penulis Charles Dickens sering nongkrong di tempat ini. Koleksi-koleksi di dalam museum ini bermacam-macam, ada barang-barang pribadi seniman dan keluarganya, lukisan-lukisan, sket, patung , dan masih banyak lagi. Di depan museum ini terdapat taman kecil dengan beberapa meja dan tempat duduk untuk nongkrong. Saat ini taman tersebut dikenal sebagai tempat nongkrong mahasiswa seni, seniman, dan penulis. Sembari istirahat kami nongkrong di tempat ini, siapa tau saja aura-aura seni ini menyengat saya supaya lebih kreatif!🙂
Salah satu ruangan di dalam Musee de la Vie Romantique

Salah satu ruangan di dalam Musee de la Vie Romantique

Koleksi di dalam Musee de La Vie Romantique

Koleksi di dalam Musee de La Vie Romantique

Halaman di depan Musee de la Vie Romantique yang sering digunakan untuk nongkrong para seniman dan mahasiswa seni

Halaman di depan Musee de la Vie Romantique yang sering digunakan untuk nongkrong para seniman dan mahasiswa seni

Tinggalkan komentar

Filed under Ke Luar Negeri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s