Random walk in Paris : Akhir musim dingin di Bois de Boulogne

Salah satu tempat escape to the nature paling dekat dari keramaian kota Paris ada di  barat kota ini. Tempat ini terletak hanya 3,4 km dari menara Eiffel. Saking sukanya saya dan suami saya jalan kaki, kami jalan kaki dari stasiun metro Trocadero. Jaraknya hanya 2,1 km dari Trocadero. Tempat ini bernama Bois de Boulogne. Bois dalam bahasa Perancis berarti hutan. Hutan mini yang kini telah berubah menjadi taman ini dulunya adalah bagian dari hutan besar bernama Oak of Rouvray. Di tempat inilah pada zaman dahulu raja dan para bangsawan berburu. Pada tahun 1852 Napoleon III membangun taman Bois de Boulogne yang terinspirasi dari Hyde Park di kota London. Meskipun disebut taman, bagian-bagian hutan dengan tanaman lebat masih terlihat luas di berbagai sisi di taman ini. Dan saya baru tahu kalau Bois de Boulogne ternyata jauh lebih luas dari Central Park yang ada di New York. Luasnya mencapai 845 hektar, sedangkan Central Park luasnya 341 hektar.

Siap jalan-jalan di Bois de Boulogne, Paris

Siap jalan-jalan di Bois de Boulogne, Paris

Hutan kota di kota Paris, Bois de Boulogne

Hutan kota di kota Paris, Bois de Boulogne

Hari itu akhir musim dingin di Eropa, jadi suhu udara masih sekitar 5-10 derajat celcius. Bagian hutan di Bois de Boulogne penuh dengan daun-daun kering yang meranggas jatuh ke tanah. Kalau meranggasnya pas awal musim gugur tampaknya di sini bakalan cantik banget. Batang-batang pohon di hutan ini tampak kering dan masih bertahan di suhu yang dingin. Hutan ini tampak sepi, tak ada satupun orang kecuali kami melintas di sana. Mungkin karena hari senin, jadi tidak ada yang berolahraga. Burung-burung gagak yang jumlahnya puluhan terbang dan hinggap di pohon-pohon, menambah suasana saat itu jadi agak horror😀. Maklum saja, di Indonesia saya jarang-jarang lihat burung gagak besar-besar kecuali di kebon sawit. Untung saja kami berdua, kalau sendirian mungkin saya agak takut, apalagi setelah suami saya bercerita kalau hutan ini beberapa tahun yang lalu menjadi tempat persembunyian para penjahat dan menjadi tempat orang-orang berbuat mesum. Di malam hari kawasan ini katanya marak dengan para penjaja cinta. Wiiih! sumpe lu ngajak gue ke sini?

Jogging track Bois de Boulogne

Jogging track Bois de Boulogne

Saking luasnya tempat ini kaki saya benar-benar merasa pegal dan butuh istirahat. Untung saja banyak sekali tersedia bangku-bangku taman di sini. Akhirnya setelah berjalan keluar menembus bagian hutan, saya melihat beberapa orang berolahraga di pinggir danau buatan. Wiih ada danau buatan yang tampak sejuk dan ada pulau buatannya juga. Bebek-bebek liar tampak berenang dengan tenang mencari makan di sekitar danau. Hmm kalau di Indonesia mungkin bebek-bebek itu sudah berakhir di panggangan🙂. Danau ini namanya Lac Inferieur yang dibangun pada tahun 1853. Di danau ini terdapat perahu-perahu kecil yang bisa disewa. Sayang karena hari senin, persewaannya tutup. Tak jauh dari danau ini terdapat kios-kios penjual makanan kecil. Tampak beberapa orang dengan anjing-anjing peliharaan mereka sedang nongkrong di sana. Kami kemudian berjalan mengitari danau buatan yang di pinggirannya penuh dengan pohon-pohon besar. Di seberang danau ini terdapat bangunan seperti tower yang dulunya digunakan oleh para raja dan bangsawan untuk mengintai buruannya. Lama-kelamaan saya tak kuat lagi berjalan😀 , terpaksa deh pulang sebelum mengitari semuanya. Stasiun metro atau kereta api bawah tanah ternyata agak jauh dari kawasan ini. Yang paling dekat adalah stasiun Ranelagh atau Jasmin di jalur no 9.

Di pinggir danau buatan Lac Inferieur

Di pinggir danau buatan Lac Inferieur

Bebek-bebek liar di Lac Inferieur

Bebek-bebek liar di Lac Inferieur

Ternyata memutari danau ini gempor juga saking luasnya :)

Ternyata memutari danau ini gempor juga saking luasnya🙂

Pos pemantau binatang buruan yang digunakan oleh kaisar dan para bangsawan

Pos pemantau binatang buruan yang digunakan oleh kaisar dan para bangsawan

Tinggalkan komentar

Filed under Ke Luar Negeri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s