Trip to Compiegne #1 : Random walk & stay with local

Setelah sebulan lebih mengubek-ubek kota Paris, akhirnya suami saya mengajak saya keluar kota. Melihat sisi lain negeri Perancis. Ia membawa saya menaiki kereta api TER SNCF dari Gare du Nord, sejauh 90 km ke arah utara menuju ke kota kecil Compiegne. Kota ini berada di daerah Picardie di propinsi Oise. Sebagai wanita gumunan dari Jogja, pertama kali naik kereta TER wajar dunk kalau saya gumun😀. Meskipun jaraknya 90 km, ternyata waktu tempuh kami hanya 1 jam saja. Dua kali lebih cepat dari kereta di Indonesia. Gimana kalau saya naik Shinkansen ya? Apa ga tambah gumunan saya? Anyway harga tiket kereta ini untuk tujuan kota Compiegne adalah 15 euro. Selama perjalanan pemandangan pedesaan, hutan, sungai dan lahan pertanian silih berganti mewarnai pandangan dari balik jendela kereta. Ternyata Perancis mempunyai lahan hijau yang cukup luas dan asri.

Mumpung sepi foto dulu sama kereta SNCF :D

Mumpung sepi foto dulu sama kereta TER SNCF😀

Sesampainya di stasiun Compiegne kami berjalan-jalan sejenak di pusat kotanya. Di kota ini terdapat sungai besar yang membelah di tengah-tengah. Namanya sungai Oise. Di pinggir sungai terdapat jalan setapak untuk berolah raga. Kayaknya asyik banget nih kalau jogging di sini sambil melihat perahu-perahu yang melintas. Suasana di kota ini begitu tenang dan sepi meskipun antar bangunan terlihat saling berdekatan dan padat. Ke mana ya orang-orang? Mungkin saya agak shock karena selama di Paris manusia ada di mana-mana😀. Di beberapa sudut kota terdapat rumah-rumah dari abad pertengahan seperti di Colmar *ups padahal saya belum ke sana, hanya melihat gambarnya saja. Itu lho rumah-rumah yang ada kayu melintang di tembok-temboknya. Baru melihat satu dua rumah dengan model ini saja saya sudah senang. Well its something new for my eyes🙂. Hmm saya jadi pengen ke Colmar karena di sana rumah dengan model seperti ini banyak dan berjejer-jejer. Di sisi lain kota ini juga terdapat gereja gothic tua dan biara tua dari abad pertengahan.

Sungai oise di kota Compiegne

Sungai oise di kota Compiegne

Jalan setapak yang biasa digunakan untuk jogging oleh masyarakat Compiegne

Jalan setapak yang biasa digunakan untuk jogging oleh masyarakat Compiegne

Bangunan rumah kuno dengan kayu-kayu di temboknya

Bangunan rumah kuno dengan kayu-kayu di temboknya

Kantor walikota Compiegne

Kantor walikota Compiegne

Gereja gothic tua di Compiegne

Gereja gothic tua di Compiegne

Bekas biara tua di kota Compiegne

Bekas biara tua di kota Compiegne

Tak sengaja kami melewati sebuah reruntuhan bangunan yang dulunya merupakan sebuah dungeon yang dipakai untuk memenjarakan Joan of Arc di abad ke 15. Ternyata sejarah kota ini memang tidak bisa dipisahkan dari kisah kepahlawanan mbak Joan. Ia begitu gigihnya mengangkat senjata dan memperjuangkan daerah ini dari orang-orang Burgundi dan orang-orang Inggris pada jaman perang yang sudah berlangsung ratusan tahun. Ia wafat dengan cara dihukum bakar oleh orang-orang Inggris di usia 19 tahun. Sedih banget ceritanya😦 . 25 tahun setelah kematiannya ia diangkat sebagai pahlawan. Di tahun 1803 Napoleon Bonaparte mengharumkan namanya dengan menjadikannya simbol nasional Perancis.Hingga kini mbak Joan juga dianggap sebagai salah satu santa di gereja katolik Perancis. Atas jasanya yang besar tersebut di kota ini dibangun sebuah patung Joan of Arc yang digambarkan sedang berjuang dengan gagahnya.

Reruntuhan penjara Joan of Arc

Reruntuhan penjara Joan of Arc

Joan of Arc pernah di sini pada abad ke 15

Joan of Arc pernah di sini pada abad ke 15

Patung Joan of Arc yang gagah di kota Compiegene

Patung Joan of Arc yang gagah di kota Compiegene

Kami menginap semalam di kota kecil ini. Opsi paling murah untuk menginap di Compiegne adalah melalui airbnb. Tidak ada hostel di kota ini dan hotel harganya sangat mahal. Kami membuking sebuah kamar di rumah keluarga lokal beberapa hari yang lalu. Ini merupakan kali ke tiga kami menggunakan airbnb dan pertama kalinya di Perancis. Sebelumnya kami menggunakan airbnb di Indonesia dan tempat yang kami inapi memang berbentuk homestay. Nah ini pertama kalinya kami benar-benar tinggal di sebuah kamar di rumah orang. Well rasanya sih seperti couchsurf tetapi bayar. Tuan rumah airbnb kami orangnya ramah dan helpful. Kita sebut saja ia sebagai mr P. Ia sampai menjemput kami di jalan supaya kami tidak kecapean jalan kaki. Rumah yang kami tempati adalah tipikal rumah-rumah keluarga Perancis yang homy lengkap dengan 3 ekor kuncing lucu-lucu. Tuan rumah juga menyediakan berbagai buku petunjuk, majalah dan pamflet tentang wisata di Compiegne di kamar kami. Untuk makan malam daripada kami bingung cari makan di luar, kami meminta tuan rumah memasakkan makanan keluarga mereka. Kami membayar extra euro untuk makan malam bersama ini. Katanya sih ini pertama kalinya ada tamu airbnb minta dimasakin. Ia memasak steak sapi dengan chestnut, kacang panjang dan kentang. Yuhuu pertama kalinya saya makan chestnut. Kok teksturnya mirip jengkol cuma ga bau yah? Hihihi.  Pengalaman tinggal di rumah mr P setidaknya membuat saya mendapatkan pengalaman baru lagi tentang gambaran besar kebiasaan orang perancis di rumah.

Buku pentunjuk dan majalah tentang wisata di Compiegne yang disediakan tuan rumah kami

Buku pentunjuk dan majalah tentang wisata di Compiegne yang disediakan tuan rumah kami

Makan malam kami, lengkap dengan wine dan dessertnya tapi ga kefoto :P

Makan malam kami, lengkap dengan wine dan dessertnya tapi ga kefoto😛

Selain random walk dan escape dari Paris tujuan utama kami ke Compiegne adalah ke Imperial Palace dan ke sebuah kota kecil tak jauh dari sana. Kata suami saya sih kota itu belum dilist di Lonely Planet Perancis yang tebalnya saja 850 halaman. Well mau jelajah ala road less traveled nih? Siapa takut! Well ceritanya saya lanjutkan ke postingan berikutnya ya🙂

Tinggalkan komentar

Filed under Ke Luar Negeri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s