Paris – Ghent with Eurolines, alternatif transportasi untuk keliling Eropa

Counter check in Eurolines di Gallieni, Paris

Kebanyakan travelers yang sedang Eurotrip menggunakan kereta atau pesawat untuk pindah dari kota ke kota di berbagai negara. Atau hitchike sekalian. Kereta memang pilihan yang paling banyak diminati karena mudah, praktis dan cepat. Yeah, you know lah jarak kota antar negara di benua Eropa itu ga jauh-jauh amat, ga kayak di Indonesia dan kecepatan keretanya juga jauh lebih cepat. Harga kereta antar negara di Eropa sistemnya sama seperti tiket pesawat. Kalau pas high season terkadang harganya malah lebih mahal daripada tiket pesawat. Saat itu suami saya mengajak saya untuk pulang kampung ke Belgia. Kami pengen pulang kampung tapi gimana caranya biar bisa murah meriah dengan transportasi umum. Kami sudah mengecek harga tiket kereta tapi harganya sedang melambung tinggi. Suami saya kemudian mengajak saya naik bus saja. Saya malah baru tau kalau antar negara di Eropa ada bus juga😀. Kami kemudian membuking tiket bus dari Paris ke kota Ghent di Belgia, menggunakan eurolines, perusahaan bis terbesar di Eropa. Semudah membuking pesawat, kami tinggal mengunjungi websitenya saja. Sama juga seperti pesawat dan kereta, tarif bus eurolines juga tergantung pada hari dan season. Tapi ketika high season pun harganya tidak akan setinggi tiket kereta api.Waktu itu kami cukup membayar 14 euro per orang dari Paris ke Ghent. Murah kan? Eurolines juga mempunyai tiket pass yang bisa digunakan untuk beberapa kali perjalanan sekaligus dalam batas waktu tertentu.

Papan jadwal kedatangan Eurolines

Di kota Paris terminal bis eurolines berada di beberapa tempat seperti Gallieni, Concorde, La Defense, Orly, Place de Chlicy, Porte de Charenton dan Roissy. Kebetulan terminal keberangkatan kami untuk ke kota Ghent berada di Gallieni. Untuk menuju ke sana kami tinggal naik kereta bawah tanah jalur 3 menuju ke pemberhentian terakhir stasiun Gallieni. Begitu turun di stasiun ini, sudah ada petunjuk ke terminal bus Eurolines. Tinggal jalan kaki sebentar saja mengikuti panah petunjuk. Saya senang sekali karena transportasi di Paris cukup terintegrasi dengan baik. Begitu masuk terdapat ruang check in seperti di bandara. Para penumpang harus check in dan menukarkan tiketnya dengan kartu boarding sesuai dengan tempat duduk masing-masing. Petugas check in kemudian memberitahukan kami harus menuju ke bus stop yang mana untuk menunggu bis. Di ruangan check in ini juga terdapat papan informasi keberangkatan antar negara. Dengan Eurolines dari Paris, travelers bisa pergi ke kota-kota seperti Amsterdam, London, Lisbon, Praha, Sofia, Coppenhagen, hingga ke Kiev di Ukraina. Bahkan ada juga jurusan yang menuju ke Maroko di Afrika Utara. Lengkap deh pokoknya, bikin saya mupeng pergi ke semua kota di Eropa😀. Ruang tunggu di terminal bis ini juga termasuk nyaman mirip seperti di bandara. Terdapat beberapa cafe-cafe kecil juga jika penumpang ingin membeli makanan dan minuman. Dari ruang tunggu menjelang keberangkatan, petugas akan mengumumkan boarding ke berbagai macam jurusan dengan pengeras suara.

Boarding card Eurolines

Terminal bus indoor Eurolines

Kami berangkat dari Paris sekitar jam 3 sore dan sampai di Ghent jam 6 malam, 3 jam perjalanan. Busnya sungguh nyaman dengan reclining chair dan penghangat udara. Bus yang kami naiki adalah bus yang paling sederhana karena perjalanan kami hanya sekitar 3 jam saja. Bus-bus eurolines jarak jauh biasanya bertingkat dengan kursi-kursi yang lebih nyaman dan toilet. Selama perjalanan kami melewati jalan tol terus sampai ke kota Ghent. Jadi kecepatan bus cukup stabil untuk perjalanan 296 km. Kami sekali berhenti di dekat kota Lille di sebuah rest area jalan tol untuk ke toilet selama 30 menit. Pemberhentian bus eurolines di Ghent, Belgia berada di stasiun Sint-Pieters. Stasiun yang sama jika dengan kereta api dari Paris ke Ghent. So? what do you think? Budget terbatas belum tentu tidak bisa keliling Eropa karena alasan tiket kereta mahal. Bis eurolines ini bisa menjadi alternatif murah untuk keliling Eropa.