Frituur, gorengan ala Belgia yang endeess :)

P1070825

Aneka macam frituur sebelum digoreng

Meskipun di Belgia ada banyak menu kuliner kelas internasional yang patut difavoritkan, saya memilih frituur sebagai makanan yang paling saya sukai😀. Suami saya memperkenalkan makanan ini ketika saya pertama kali ke negara ini. Ia bilang frituur merupakan makanan favoritnya sedari kecil. Ia dan ayahnya mengajak saya sore-sore ke sebuah kedai tak jauh dari rumah. Kedai kecil ini tampak ramai dipenuhi pelanggan yang mengantri. Suami saya bilang kedai frituur mudah di temukan di seluruh penjuru Belgia layaknya warung bakso atau mie ayam di Indonesia. Bahkan di kota kecil sekalipun pasti punya beberapa kedai frituur. Suami saya bilang frituur pertama kali dibuat pada tahun 1840-an di kota Antwerp. Makanan ini dijual di acara-acara festival dan pasar malam dengan tenda. Cikal bakal street food di Belgia. Lama kelamaan penjual frituur menggunakan food truck atau membuka kedainya seperti sebuah restoran cepat saji. Di Antwerp dan Bruges sendiri katanya ada sebuah museum tentang frituur. Wah segitunya yah? sampai ada museumnya segala. Kapan-kapan kalau ke Antwerp mari kita sambangi😀.

P1070827

Kentang gorengnya banyak banget

P1070826

Frituur lagi😀

So? makanan seperti apakah frituur ini? Frituur adalah kentang goreng khas Belgia yang dimakan dengan aneka snack goreng ala Belgia. Sekilas sih kentang gorengnya ga ada bedanya sama french fries biasa, tapi begitu dimakan teksturnya lebih mantep. Cobain deh!. Aneka macam snack gorengannya beraneka macam. Di satu kedai frituur paling tidak mempunyai 20 macam variasi gorengan seperti sosis, nugget, meat ball, sate-satean, dan lain-lain. Bahannya dari daging sapi, ayam, ikan atau babi. Agak mirip sih sama tempura-tempuraan yang sering dijual di jalan😀. Tapi tentu saja frituur diasajikan dengan lebih serius. Pembeli bisa memilih aneka macam saus dan mayonesnya sendiri. Ada saus original, saus bbq, saus pedas, saus keju, mustard, samurai, curry dan lain-lain. Saya waktu itu pesan nugget ayam dengan saus mayones pedas. Tapi ya pedasnya kurang nampol kalau buat lidah Indonesia🙂. Kapan-kapan kalau jajan harus bawa saus sendiri😀. Gorengan yang disajikan begitu gurih ditambah kentang gorengnya yang endess. Mungkin karena saya sebagai orang Indonesia terbiasa makan gorengan begitu dapet makanan beginian rasanya seneng banget. Untuk orang Belgia sendiri, frituur merupakan street food dan fast food ala mereka. Jadi fungsinya tak cuma sebagai snack tetapi sebagai main course juga. Harganya termasuk terjangkau sekitar 3-6 euro per paketnya. Gimana ? Tertarik mencoba?

Jpeg

Pengunjung yang mengantri

P1070828

Enjoy your frituur🙂

4 Komentar

Filed under Ke Luar Negeri

4 responses to “Frituur, gorengan ala Belgia yang endeess :)

  1. gorengannya rapi banget! kentang gorengnya sungguh menggoda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s