Catatan perjalanan ke Fakfak #3 : pulau Ugar, pulau nan cantik

Pagi itu saya dan tim penelitian saya mendapatkan tugas mendadak. Kami diusulkan untuk bertugas di pulau ugar selama sehari penuh. Pulau ugar masih menjadi wilayah distrik Kokas. Letaknya di sebelah utara kota Kokas. Salah satu rekan kerja saya bilang pulau ini cantik banget, seperti raja ampat ke dua. Saya jadi penasaran dengan perkataan teman saya tersebut. Kami berangkat sekitar jam 8.30 pagi dari pelabuhan kokas dengan menyewa sebuah long boat yang muat untuk 12 orang. Jika ingin menyewa long boat ini dari penduduk setempat di kokas, harga sewanya sekitar Rp 500.000 dari pagi sampai sore sudah termasuk bahan bakar. Penduduk kokas banyak yang memilki long boat karena profesi utamanya adalah nelayan, sehingga cukup mudah menyewa long boat dari penduduk. Pagi itu ombak cukup bersahabat dengan kami sehingga air di samping long boat tidak tampias terlalu banyak masuk ke dalam. Meskipun demikian, kami sudah siap membawa mantol, payung atau plastik untuk jaga-jaga jika ombak masuk ke dalam long boat. Tips dari kami para peneliti lapangan yang sudah akrab dengan perjalanan laut, jika tidak ingin basah, setidaknya siap sedia jas hujan sewaktu-waktu di dalam long boat. Karena basah terkena air laut itu pliket mo! *Eh .

rekan-rekan kerja saya selama di pulau ugar

rekan-rekan kerja saya selama di pulau ugar

Kami menempuh perjalanan sekitar 30 menit melewati gugusan karang dan pulau-pulau kecil nan cantik dan hijau. Mungkin saja ya, jika pulau-pulau kecil ini dilihat dari atas akan tampak seperti gugusan pulau di wayag atau pianemo😀. Air laut sepanjang perjalanan kami berwarna biru kehijauan, cantik menyatu dengan pulau-pulau karang tersebut.Di pulau ugar terdapat satu kampung muslim yang namanya sama dengan pulau tersebut. Penduduknya hanya sekitar 60 KK yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan.  Begitu mendarat di pasir putih pas di depan kampung, terlihat satu keluarga yang sedang makan siang dengan lauk lobster besar-besar. Dan kami cuma bisa menelan ludah melihatnya😀. Menurut pak sekretaris kampung, lobster adalah makanan biasa di pulau ini. Kampung ugar adalah salah satu penghasil lobster utama di kabupaten Fakfak. Kami disambut dengan baik oleh masyarakat kampung ini dari mulai kami menjalankan tugas wawancara sampai dengan selesai. Bahkan adik-adik kecil di kampung ini sangat bersahabat dan ramah kepada kami. Setelah selesai bertugas mereka membawa kami ke sebuah pantai di pulau ini. Namanya pantai kidai magen. Pantai yang pasirnya putih bersih dan airnya biru berkilau. Breathtaking view banget! Sayang sekali sih jika pergi ke pantai ini tanpa berenang atau bermain dengan pasirnya. Saya yakin spot bawah lautnya pasti sangat indah! Saya penasaran! Sayang saya tidak membawa persiapan apa-apa ke mari😦 . Kami nongkrong manis di pinggir pantai dengan adik-adik kecil baru kami sambil menikmati buah jeruk bali asli pulau Ugar yang rasanya sangat manis dan enak. Sampai sore menjelang dan kami pulang ke Kokas.
Oleh-oleh foto dari pulau Ugar :
Melewati bukit-bukit karang menuju ke pulau ugar

Melewati bukit-bukit karang menuju ke pulau ugar

Mendarat di pulau ugar

Mendarat di pulau ugar

children of ugar #1

children of ugar #1

children of ugar #2

children of ugar #2

kampung ugar

kampung ugar

salah satu pantai di kampung ugar

salah satu pantai di kampung ugar

sumur yang dikeramatkan masyarakat ugar

sumur yang dikeramatkan masyarakat ugar

selamat datang di kidai magen

selamat datang di kidai magen

Bersama adik-adik baru kami

Bersama adik-adik baru kami

pantai kidai magen, pulau ugar

pantai kidai magen, pulau ugar

kole-kole, perahu kecil khas papua

kole-kole, perahu kecil khas papua

bermain kole-kole sepertinya menyenangkan

bermain kole-kole sepertinya menyenangkan

Lo

Another photo from Ugar Island

Another photo from Ugar Island

Lokasi pulau Ugar di google map

16 Komentar

Filed under Keliling Indonesia

16 responses to “Catatan perjalanan ke Fakfak #3 : pulau Ugar, pulau nan cantik

  1. Sumpaaaah foto2nya keren banget. Emang Indonesia tuh indah banget ya. 😍

  2. Wah cakep banget nih pulau. Semoga saya nanti bisa kesana, aamin.

  3. Asyiknya yang bisa bertugas sambil jalan-jalan ke tempat-tempat indah 🙂

  4. Kenapa aku jadi malah merasa perlu alih profesi jadi seorang peneliti untuk bisa nyampe kemari ya mbak? Seandainya ditanya warga, “ada keperluan apa datang ke pulau kami?” Klo aku jawab “mau jalan2 aja” kok kayaknya agak gimana gitu. Ntar mereka mikir “kurang kerjaan sekali orang kota ini”, hahaha😀

    • Hahaha, kalau mau beralih jadi peneliti mah gampang lho sebenarnya. Kalau di pulau ini masyarakatnya sadar kok kalau pulaunya buat wisata. Di Papua orang-orang juga suka jalan-jalan jadi gapapa asal mblusuk kemana gitu😀

  5. lobster yang mewah dan mahal di jakarta … disana adalah biasa ….😀
    btw … pantainya indah sekali ..

  6. Tahun ini saya berkesempatan mengunjungi Ugar, alhamdulilah. Bersyukur pernah kesana. Mendapat mama dan adik angkat selama disana. Yang selalu menemani dan membantu penelitian saya. Dan saya mengenal anak kecil yang memakai baju oranye dengan gambar angry bird, yang memakai kalung itu. Anaknya bandel, tapi lucu. Sampel penelitian saya suka diambil sama dia hahaha. Tapi saya gak marah, karena anak2nya memang friendly sekali. Setiap sore selalu mengajak untuk bermain di laut. Hahaha such a wonderful memory, miss that momen :”)

    • Wah berapa hari di sana? Saya cuma sehari doank di sana. Kenangan bermain bersama anak-anak Papua memang sangat berkesan🙂 , semoga kapan-kapan kita bisa balik lagi ke sana🙂

  7. Waah ada Tibo di foto itu. Kangen banget rasanya sama kampung ugar.. Baca tulisan ini jadi ikut bernostalgia mbak. hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s