Catatan Perjalanan ke Fakfak #12 :Menikmati sepiring sate rusa khas kota Fakfak

Warung sate daging rusa di depan gudang peti kemas pelabuhan Fakfak

Warung sate daging rusa di depan gudang peti kemas pelabuhan Fakfak

Menjelang hari terakhir di kota Fakfak saya memanfaatkan waktu makan malam saya untuk jajan. Daripada nanti saya menyesal sampai Jogja😀. Saya masih penasaran dan masih ingin mencoba sate rusa khas kota Fakfak yang banyak di jual di warung-warung di pinggir jalan , walaupun saya sudah pernah makan sate rusa di Karas. Warung-warung kuliner di kota Fakfak biasanya menunya terdiri dari aneka sea food dan ikat laut serta aneka bakar-bakaran dan sate-satean. Biasanya menu satenya adalah sate ayam, kambing atau rusa. Daging rusa di kota Fakfak ini didapat dari para pemburu yang berburu di hutan kabupaten fakfak nan luas. Saking banyaknya populasi rusa di Fakfak, daging rusa bisa didapatkan dengan harga yang lebih terjangkau dari sapi atau kambing. Cara membakar sate-sate ini juga agak berbeda yaitu dibakar dengan sabut kelapa atau kayu bukan dengan arang. Kali ini warung pilihan saya terletak di komplek kuliner Fakfak di seberang gudang peti kemas pelabuhan Fakfak.Warung-warung ini hanya buka dari sore sampai malam hari. Di tempat ini ada banyak warung serupa yang berjejeran. Saya memilih salah satu warung yang letaknya paling dekat dengan jalan. Warung ini tidak ada plakatnya, jadi saya lupa namanya *ups.

Sate daging rusa khas Fakfak

Sate daging rusa khas Fakfak

Saya dan teman saya langsung memesan 2 porsi sate daging rusa yang dimakan dengan lontong dan 2 gelas es teh. Sewaktu disajikan ternyata gubrak…porsinya gedhe banget! Sepiring sate daging rusa isinya 10 tusuk tetapi per tusuknya besar-besar. Satu porsi dengan lontong dan minum harganya Rp 45.000. Sate daging rusa ini disajikan dengan sambal kecap dengan sedikit taburan bumbu kacang dan bawang merah iris. Rasanya manis dan pedas. Menurut lidah saya sih, sate ini sudah dibumbui pedas manis dahulu baru dibakar, karena rasa rempahnya meresap sampai ke dalam daging. Istilahnya dimarinated dulu baru dibakar*bahasa Indonesianya apa ya?. Yang jelas rasanya maknyusss, enak banget. Kami berusaha untuk menghabiskan semuanya, tetapi ternyata tidak kuat. Porsinya terlalu besar buat perut kami😀. Kami lalu memutuskan untuk membungkus separo porsinya. Buat kalian yang kebetulan sedang di kota Fakfak cobalah mampir di seberang gudang peti kemas pelabuhan Fakfak. Nikmatilah kelezatan berbagai menu kulinernya🙂, terutama sate daging rusa.

2 Komentar

Filed under Keliling Indonesia

2 responses to “Catatan Perjalanan ke Fakfak #12 :Menikmati sepiring sate rusa khas kota Fakfak

  1. sate rusa … unik banget ya … pengen nyoba
    harganya lebih murah dari sate kambing kesukaan saya di jakarta …

Tinggalkan Balasan

