The other escape to Gunung Kidul : Pantai ngeden, pantai butuh dan hutan watu payung

Tempat escape dari kota Jogja itu banyak banget! Saking banyaknya saya suka bingung sendiri mau ke mana😀 . Yang jelas semua kabupaten di propinsi DI Yogyakarta mempunyai keunggulan dan keunikan masing-masing. Pagi itu karena lagi pengen lihat laut biru dan pasir putih, saya mengajak adik saya bermotor ria ke Gunung Kidul. Nah di Gunung Kidul sendiri ada puluhan pantai pasir putih yang layak disambangi. Saya kemudian teringat tentang suatu desa di kecamatan Panggang. Namanya desa Krambil Sawit. Saya pernah 3 kali tugas penelitian di desa ini. Setiap saya bertugas , responden saya selalu mengusulkan untuk main ke pantai yang ada di ujung selatan desa ini. Namanya pantai Ngeden dan pantai Butuh. Namun waktu itu saya belum sempat ke sana. Mumpung ingat tentang pantai ini, kami kemudian memutuskan untuk ke sana.  Pantai-pantai di desa Krambil Sawit jaraknya sekitar 50 km dari kota Jogja. Rute favorit saya untuk menuju ke daerah ini adalah lewat jalan Imogiri barat atau Imogiri timur lurus terus sampai Siluk dan naik ke Panggang. Petunjuk menuju ke pantai bisa dengan mudah ditemukan dan diikuti dari jalan utama. Sampai di Krambil Sawit beberapa bagian jalan memang masih agak gemronjal untuk dilewati tetapi katanya sih beberapa bulan ke depan jalan menuju ke kedua pantai ini akan diaspal.

Jpeg

Selamat datang di pantai Ngeden

Pantai pertama yang kami sambangi adalah pantai ngeden atau ngedan. Entah kenapa namanya terdengar aneh😀. Pantai yang lagi happening ini sudah memiliki fasilitas berupa toilet dan gazebo-gazebo untuk beristirahat. Garis pantainya sih pendek dan ombaknya serem. Not user friendly buat main ombak apalagi berenang😀. Tetapi jalan setapak yang dibangun di bukit-bukit dan karang-karang di pinggir lautnya asyik buat berjalan-jalan. Di sudut-sudut karang juga terdapat gua karang. Pengunjung dilarang memasuki gua ini. Ada banyak gardu pandang yang juga asyik buat duduk-duduk sembari memandangi deburan ombak dan lautan luas. Kalau dari pengamatan saya sih di kawasan ini sudah mulai dibangun beberapa villa-villa baik yang komersil dan pribadi. Terutama di atas-atas bukit. Kebayang ga tinggal di situ dengan pemandangan laut biru setiap hari?
Jpeg

Jalan setapak di kawasan pantai Ngeden

Jpeg

Ombak di pantai Ngeden besar banget

Jpeg

Spoted! Ngedate di pantai ini asyik juga🙂

Jpeg

Tangga turun dari sebuah gazebo di atas karang di pantai Ngeden

Kami kemudian melanjutkan perjalanan ke pantai Butuh yang lokasinya 4 km dari pantai Ngeden. Berbeda dengan pantai Ngeden yang sudah ramai dan full fasilitas, pantai butuh tampak masih perawan. Hanya ada sebuah rumah kebun tempat memarkir kendaraan saja. Ketika kami di sini nobody but us was there. Rasanya jadi seperti pantai pribadi. Pantai Butuh juga ombaknya besar dan sangat bahaya untuk berenang. Bapak yang menjaga parkir bilang biasanya kalau weekend ada sekumpulan pecinta alam atau pemancing-pemancing yang berkemah di sini. Selain ke pantai ini mereka juga trekking sampai ke pantai Ngulen. Wih ada pantai lain lagi nih? Pantai Ngulen sementara hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki naik turun bukit dan tebing dari pantai Butuh. Biasanya sih saya semangat trekking tapi karena hari itu panas banget kami main-mainnya di pantai Butuh saja deh.

Jpeg

Menuju pantai Butuh

Jpeg

Pantai Butuh yang masih sepi

Jpeg

Narsis dulu, mumpung pantai berasa milik sendiri😀

Dari Krambil Sawit kami bermaksud untuk pulang langsung ke Jogja. Tetapi sampai di sebuah persimpangan jalan, kami melihat sebuah plang wisata alam  hutan watu payung. Akhirnya sekalian saja kami berbelok ke arah yang dimaksud. Kami sampai ke sebuah kawasan hutan yang sangat hijau dan asri. Kawasan yang masih masuk kecamatan Panggang ini benar-benar masih sepi. Kami kemudian berjalan terus mengikuti jalan sampai akhirnya kami mendapatkan view yang begitu indah. Jackpot!! Pemandanganya bagus banget! Kami senang sekali menemukan tempat ini, meskipun akhirnya waktu pulang kami sempat nyasar jauh sampai ke Paliyan😀 . Overall it was a nice escape day!
Jpeg

A breath taking view dari hutan watu payung, kecamatan Panggang

Pantai Ngeden dan Pantai Butuh on the map :

Hutan watu payung on the map :

Ups! belum available di peta😀

Tinggalkan komentar

Filed under Keliling Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s