Posong pass, surga kecil di antara Sindoro Sumbing

Sebulanan ini saya sama sekali ga kemana-mana,kurang piknik dan terjebak dengan rutinitas di Jogja *curhat. Saya kangen road trip ke suatu tempat yang pemandanganya indah. Entah ke gunung, hutan atau pantai.Karena saya seminggu ini menemukan banyak postingan tentang obyek wisata posong yang terletak di kabupaten Temanggung, saya jadi penasaran. Hari sabtu kemarin saya naik motor berboncengan dengan teman saya dari Jogja ke sana. Jauh? Iya!! Jaraknya 88 km dari Jogja. Kami berangkat jam 11 siang dan berniat menginap di sekitar obyek wisata tersebut. Saya penasaran dengan keindahan lembah yang berada di antara dua gunung yaitu Sindoro dan Sumbing ini. Dari foto-fotonya di google sih cantik banget! Kami sampai di obyek wisata Posong jam 3 sore setelah mampir sebentar untuk makan siang. Perjalanan motor Jogja-Secang-Temanggung-Parakan itu kejam men!! Kami hampir tertabrak bis karena banyak  yang  nyelonong pengen nyelip kendaraan lain dan nekad melawan arah tanpa mempedulikan ada motor di sana. Terutama di jalan raya Secang sampai Parakan. Thanks God! Kami masih hidup!

Gunung Sindoro di sore hari yang terlihat dari obyek wisata Posong Pass

Gunung Sumbing, dari Posong Pass

Sampai di Posong kami tak henti-hentinya bersyukur karena kami sampai di tempat yang indah ini dengan selamat. Kami seperti merasa di surga setelah melewati neraka jalanan penuh dengan truk dan bus yang pada ngawur. Posong pass letaknya di desa Tlahab, Kledung, Temanggung. Untuk masuk ke obyek wisata Posong pengunjung wajib membayar karcis Rp 7000 per orang. Jarak Posong dari jalan raya adalah 3 km. Jalan masuk ke obyek wisata ini masih terbuat dari batu-batu yang disusun membelah perkebunan kopi dan tembakau yang membentang di lereng gunung Sindoro. Di beberapa tempat, terdapat warung-warung kopi lokal yang dibangun di tengah kebun kopi. Pemandangan lembah hingga puncak gunung Sumbing terlihat sangat cantik dari Posong pass. Begitu pula pemandangan gunung Sindoro yang bersiluet terkena matahari sore. Pemandangan seperti ini seketika mendamaikan pikiran saya. Sebenarnya paling pas mengunjungi tempat ini ketika matahari terbit karena lembah di lereng Sindoro ini pas menghadap ke timur. Matahari akan terbit dari balik gunung Sumbing. Lembah di lereng Sindoro ini dipenuhi dengan tanaman tembakau milik petani setempat. Rasanya seperti berada di agro wisata tembakau🙂. Jika ingin menginap, pengunjung bisa menyewa tenda minimal untuk 10 orang. Tenda ini didirikan di antara perkebunan tembakau. Dari tenda ini, pengunjung langsung bisa menikmati terbitnya matahari. Hmm so tempting! Pengen! Tetapi karena kami cuma berdua dan belum terdapat homestay di sana, kami hanya berkunjung saja menikmati keindahan alam sampai menjelang senja.

Lahan perkemahan dan tenda yang disediakan jika ingin menginap melihat sunrise di Posong pass