Mie ongklok, mie kuah kental super lezat ala kota Wonosobo

Salah satu gerobak mie ongklok di alun-alun Wonosobo

Salah satu gerobak mie ongklok di alun-alun Wonosobo

Saya suka mencoba berbagai macam jenis makanan yang terbuat dari mie, dari mie jawa sampai mie ramen. Saya juga suka aneka sate-satean, dari sate padang sampai sate daging rusa. Nah makanan enak yang bisa menggabungkan keduanya adalah mie ongklok, makanan khas kota Wonosobo. Kemarin, karena saya tidak dapat penginapan murah di daerah Kledung, Temanggung, saya dan teman saya bablas mencari penginapan di kota Wonosobo. Salah satu alasanya adalah karena pengen makan mie ongklok. Di Jogja saya belum menemukan warung mie ongklok yang enak. Mie ongklok adalah mie kuning basah berkuah kental kanji yang dibubuhi sayuran kucay dan kol. Mie ini disajikan dengan sate sapi terpisah atau satenya bisa juga langsung disajikan di atas mie lengkap dengan bumbu kacangnya. Terdengar aneh? Mie berkuah kok langsung dicampur sate dan bumbu kacang? Meskipun tampaknya aneh, buat saya ini endesss bingiit. Nama ongklok ternyata berasal dari nama saringan mie yang terbuat dari bambu. Mie ini memang pas disajikan panas dan dimakan saat malam hari di dinginnya kota Wonosobo.

Pesanan saya baru dibikin dan saya sudah sangat ngiler

Pesanan saya baru dibikin dan saya sudah sangat ngiler

Awalnya saya menyambangi mie ongklok yang katanya paling enak di Wonosobo yaitu mie ongklok longkrang. Sayangnya ketika sampai di sana mienya sudah habis. Saya dan teman saya kemudian mencari mie ongklok di alun-alun Wonosobo. Di alun-alun ini ada banyak pedagang mie ongklok dengan gerobak. Kami memilih salah satunya dengan random. Penjualnya menanyakan berapa jumlah cabe rawit untuk tingkat kepedasan mienya. Cabe rawit tersebut diuleg di mangkok langsung. Satu porsi mie ongklok tanpa sate dihargai Rp 5000 saja dan Rp 15.000 dengan 8 tusuk sate daging sapi. Murah meriah kan? Walaupun random gerobak rasa mie ongkloknya tetep enak banget!
Mie ongklok yang langsung dicampur dengan sate sapi bumbu kacang pesanan saya

Mie ongklok yang langsung dicampur dengan sate sapi bumbu kacang pesanan saya

Sarapan pagi dengan mie ongklok sate ayam

Sarapan pagi dengan mie ongklok sate ayam

Paginya sebelum meninggalkan kota Wonosobo, kami makan mie ongklok lagi. Kali ini belinya di warung bakso di daerah Kertek. Lucunya hampir semua warung bakso dan mie ayam di Jalan Kertek, Wonosobo ini juga menjual mie ongklok. Mie ongklok yang kami pesan ternyata satenya sate ayam bukan sate sapi. Meskipun demikian rasanya tetep enak. Apa sih yang ga enak buat saya?😛 Perpaduan mie dan sate khas Wonosobo ini patut diapresiasi lho sebagai kekayaan variasi kuliner di Indonesia. Jadi penasaran siapa ya yang dulu punya ide membuat mie ongklok pertama kali ya?

7 Komentar

Filed under Keliling Indonesia

7 responses to “Mie ongklok, mie kuah kental super lezat ala kota Wonosobo

  1. mie ongklok wonosobo .. ngetop poooll …
    saya aja yang belum pernah ke wonosobo …😦
    mie + sate sapi .. hanya 15 rebong … murah bingitttts ..
    bener2 mesti kudu wajib dicoba …

  2. yang enak mie ongklok yg di longkrang, mbak . tapi di alun-alun juga enak sih.
    semua enak deh hehe

    salam kenal dr dieng🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s