Cerita dari Cambodia #4 : Temple hopping hari pertama di Siem Reap

Setelah setengah hari kami habiskan untuk mengunjungi Angkor Wat dan Prasat Bayon, temple hopping dengan tuktuk pun berlanjut. Pak Sela, supir tuktuk kami menunggu dengan setia di bawah pohon di sebuah sudut lapangan di komplek Angkor Thom. Kami hanya tinggal jalan kaki dari candi ke candi di Angkor Thom karena jaraknya dekat-dekat. Selepas Angkor Thom, kami menggunakan tuktuk dari candi ke candi. Kami pasrah saja kepada pak Sela akan membawa kami ke candi yang mana saja. Special request kami hari itu hanya ke candi Tomb Raider yaitu Ta Prohm. Karena saya bingung postingan ini bentuknya seperti apa, lebih baik saya membuat list candi-candi yang kami kunjungi hari itu termasuk Angkor Wat dan Prasat Bayon.

1. Angkor Wat
  2. Prasat Bayon (Angkor Thom)
  3. Baphuon (Angkor Thom) . Candi Baphuon letaknya hanya 10 menit jalan kaki dari candi Bayon ke arah utara. Candi Hindhu ini dibangun oleh raja Udayadityawarman II pada abad ke 11. Candi bertingkat 3 ini merupakan candi yang bentuknya seperti gunung di komplek Angkor Thom. Baphuon memiliki walkway yang panjang dari gapura sampai ke bangunan utama. Seperti catwalk yang panjang🙂.  Putri-putri kerajaan Khmer jaman dahulu kala pasti suka berjalan di sini. Kami menyusuri catwalk, eh, walkway ini dari ujung ke ujung. Tak seperti di candi Bayon, Baphuon relatif sepi dari pengunjung. Kami dengan leluasa menjelajahinya dari tingkat ke tingkat. Candi ini memiliki koridor keliling yang berada di tingkat 2. Di tingkat paling atas terdapat sebuah bangunan menyerupai piramid. Bentuk bangunan yang banyak dipakai oleh kerajaan-kerajaan jaman dahulu. Candi Baphuon terbuat dari campuran batu hitam dan batu merah. Ketika kami turun ke bawah melalui sisi barat candi, kami melihat jajaran bebatuan hitam yang tersusun tidak rata, malah tampak membulat menyerupai wajah manusia. Kami berhenti sejenak memandangi tumpukan batu aneh tersebut sambil menebak-nebak. Waktu itu kami tidak sadar kalau jajaran batu tersebut adalah Buddha tidur raksasa yang dibangun pada abad ke 16. Salah satu keunikan candi Baphuon. Yah ga diambil deh fotonya. Maklum buku panduan kami waktu itu terkubur di dalam backpack jadi kami clueless😀.
    Walk way panjang di candi Baphuon

Candi Baphuon nan cantik

Bangunan utama candi Baphuon

Bangunan seperti piramida di puncak candi Baphuon

4. Phimeanakas (Angkor Thom) . Dari Baphuon kami berjalan kaki ke arah utara membelah hutan menuju candi Phimeanakas. Candi ini dibangun di akhir abad ke 10 oleh raja Jayawarman V. Candi ini juga merupakan candi Hindhu berbentuk pyramid yang bentuknya lebih kecil dari candi Baphuon. Konon katanya candi pribadi raja ini pada jaman dahulu merupakan candi cantik dengan tower yang terbuat dari emas. Candi ini juga terbuat dari campuran batu hitam dan batu merah. Biasanya para pengunjung dan wisatawan hanya mengamati candi ini sekilas saja atau sambil lewat. Candi yang dikelilingi pepohonan hijau ini merupakan tempat yang sempurna untuk kami berdua beristirahat. Duduk-duduk sambil mengelus kaki kami yang pegal sambil memandangi candi di bawah pohon🙂. Di utara candi ini masih ada 2 candi kecil yaitu Prasat Preah Palilay dan Tep Pranam. Karena perut kami sudah keroncongan, kami memutuskan untuk tidak mengunjunginya dan kembali ke tuktuk.

candi Phimeanakas

5. Elephants Terrace & Lepper King Terrace (Angkor Thom). Membujur di gerbang candi Phimeanakas terdapat sebuah teras yang terkenal dengan sebutan Elephants terrace. Disebut demikian karena patung-patung dan ornamen reliefnya berbentuk gajah. Gajah merupakan kendaraan utama kerajaan dan hewan yang dihormati pada jaman dahulu kala. Teras gajah ini dibangun oleh raja Jayawarman VII pada akhir abad ke 12. Di sebelah utara teras ini terdapat Lepper King Terrace yang juga dibangun oleh Jayawarman VII di akhir abad ke 12. Dinding Lepper King Terrace penuh dengan relief yang merupakan simbol dari para setan, naga dan makhluk-makhluk mitologi lainnya. Kami berjalan kaki di teras yang panjang ini sampai ke ujung yang tampak seperti labirin panjang. Di luar teras ini ada banyak warung makan berjejer-jejer, tetapi harganya mahal yaitu sekitar 3 $ ke atas.
    Pemandangan dari Elephant Terrace

Relief makhluk-makhluk mitologi di Lepper King terrace

6. Chau Say Tevoda. Dari komplek Angkor Thom, pak Sela membawa kami keluar melewati gerbang timur. Tuktuk kami lalu berhenti di 2 candi kecil yang berseberangan. Candi pertama adalah Chau Say Tevoda yang dibangun pada awal abad ke 12 oleh raja Suryawarman II. Meskipun candi yang terbuat daru batu hitam ini merupakan candi Hindhu, relief-relief yang terukir di dindingnya tak hanya bertema Hindhu, tapi juga bertema Buddha. Sebuah lambang bahwa ke dua agama ini tampak rukun di masa itu.

Candi Chau Say Tevoda

7. Thommanon. Candi ke dua yang terletak di seberang Chau Say Tevoda adalah candi Thommanon. Candi Hindhu ini tampak sangat terawat karena kegiatan restorasinya berjalan dengan baik sejak tahun 1960. Thommanon dibangun pada akhir abad ke 11 oleh Suryawarman II  di masa yang sama dengan Angkor Wat. Dari dua candi ini kami kembali Candi hopping dengan tuktuk.

candi Thommanon

8. Spean Thma. Nah sambil lewat , tak jauh dari Chau Say Tevoda dan Thommanon terdapat tumpukan batu yang bercampur dengan akar-akar pohon. Bangunan ini merupakan jembatan batu kuno peninggalan kerjaan Angkor. Kami berhenti sejenak hanya untuk mengambil gambar dari atas tuktuk.

Kontruksi jembatan kuno Spean Thma

9. Ta Keo. Candi Ta Keo merupakan salah satu candi besar yang dibangun pada abad ke 10 oleh raja Jayawarman V. Candi ini merupakan candi Hindhu yang dipersembahkan untuk dewa Siwa. Pada jaman dahulu kala di puncak candi yang berbentuk seperti piramid ini terdapat sebuah ornamen emas besar. Berhubung hari itu candi Ta Keo sedang direnovasi besar-besaran kami hanya bisa melihatnya dari luar.

Candi Ta Keo

10. Ta Prohm. Setelah beberapa penjelajahan candi kecil yang tak banyak pengunjung, kami kembali lagi ke candi yang penuh dengan wisatawan. Selain Angkor Wat dan Bayon, Ta Prohm adalah candi ke tiga yang diminati para pengunjung. Ta Prohm terletak 7 km dari Angkor Wat dan 4,6 km dari candi Bayon. Untuk sampai ke komplek candi kami harus berjalan kaki membelah hutan dari pemberhentian tuktuk. Candi besar ini menjadi sangat terkenal karena film Tomb Raider yang diperankan oleh Angelina Jolie. Ta Phrom juga dikenal sebagai temple jungle karena banyaknya pohon liar yang tumbuh di antara dinding-dindingnya. Candi Buddha ini dibangun pada pertengahan abad ke 12 sampai awal abad ke 13 oleh raja Jayawarman VII. Ia mempersembahkan candi ini untuk ibundanya tercinta. Candi ini dulunya difungsikan sebagai kuil, asrama dan pusat ajaran Buddha. Selain itu candi ini dulunya juga dijadikan tempat untuk menyimpan emas dan perhiasan. Ada dua rute untuk mengelilingi candi ini, yaitu rute panjang dan rute pendek. Karena sedang semangat 45, kami menjalani ke dua rute tersebut. Candi yang dikerumuni pohon-pohon besar ini tampak gelap dan berlumut, menambah kesan kunonya jadi semakin terasa. Saking banyaknya wisatawan, untuk berfoto di spot-spot dinding yang ditumbuhi akar, pengunjung harus mengantri satu-satu🙂 . Untung saja salah satu spot foto tempat adegan utama Tomb Raider malah sepi pengunjung, jadi kami dengan leluasa berfoto di sana🙂 .
    Bagian depan candi Ta Prohm

Akar-akar pohon yang menggerogoti bangunan candi

Foto dulu sebelum banyak yang antri :)

Foto dulu sebelum banyak yang antri🙂

Salah satu tempat adegan film Tomb Raider

11. Banteay Kdei. Tak jauh dari Ta Prohm terdapat sebuah candi besar yang gaya bangunannya hampir sama yaitu Banteay Kdei. Tak seperti Ta Prohm, pengunjung candi ini hanya sedikit. Sedikit sekali. Tampaknya kebanyakan turis memang hanya mengunjungi candi-candi yang terkenal saja. Banteay Kdei juga dibangun oleh Jayawarman VII pada akhir abad ke 12. Candi ini dulunya juga difungsikan sebagai kuil dan asrama Buddha. Candi ini juga tampak gelap dan berlumut karena dikelilingi pohon-pohon besar. Seperti di Ta Prohm , beberapa bagian dinding candi di sini juga di tumbuhi akar-akar pohon. Beberapa traveler tampak dengan tenang duduk-duduk sambil beristirahat menikmati sepinya candi ini. Karena kaki saya sudah sangat pegal, kami menelusuri candi ini dari sisi selatan saja.
    Candi Banteay Kdei

Bagian tengah candi Banteay Kdei nan panjang

Altar Buddha di Banteay Kdei

12. Srah Srang. Begitu keluar gapura candi Banteay Kdei di sebelah timur, terdapat sebuah candi kecil dan danau buatan yang bernama Srah Srang. Danau ini dibangun oleh pada pertengahan abad ke 10, lalu diteruskan pembangunannya oleh raja Jayawarman VII pada abad ke 12. Saat kami ke sini, candi di pinggir danau ini sedang direnovasi. Menurut majalah Siem Reap visitor guide, sunrise di danau ini sangat indah. Salah satu spot sunrise terbaik selain di Angkor Wat.

Srah srang yang sedang direnovasi

13. Prasat Kravan. Jarum jam di tangan saya menunjukkan waktu jam 5 sore. Kaki saya sudah pegel-pegel ga karuan. Ga kebayang deh kalau nekad sewa sepeda, apa kami bisa bertahan? Kalau hanya mengunjungi bebebrapa candi saja saya kira sih bisa. Kami kembali naik ke tuktuk dari Srah Srang. Pak Sela kemudian membawa kami ke candi terakhir di hari pertama yaitu Prasat Kravan. Berbeda dengan candi-candi sebelumnya yang terbuat dari batu hitam dan campuran batu merah, candi ini murni terbuat dari batu bata merah. Candi kecil ini dibangun pada awal abad ke 10 oleh  Harshawarman I. Seorang bangsawan pada jaman itu. Merupakan candi Hindhu yang dipersembahkan untuk dewa Wisnu. Di candi ini terdapat relief-relief tentang dewa Wisnu dan dewi Lakhsmi.