A glimpse of Candi Umbul, petirtaan kuno di lembah Grabag, Magelang

Sambil menyelam minum air, sembari balik ke Jogja mampir dulu ke candi umbul. He jayus amat sih, bikin peribahasa tapi gagal😀. Karena saya dan 2 travelmates saya belum tau di mana lokasi tepatnya, maka kami mengikuti petunjuk dari mbah gugel untuk menuju ke sana dari Ambarawa. Ternyata lokasinya tidak terlalu jauh dari jalan raya Magelang-Semarang. Tapi jalan yang kami lalui hanya cukup untuk kendaraan roda dua saja. Sepertinya kendaraan roda empat harus melewati jalur lain yang lebih lebar. Sebelum ke lokasi ini kami sempat googling karena di sekitaran Yogyakarta dan Magelang tidak banyak situs petirtaan kuno. Menurut saya, petirtaan kuno adalah sebuah situs unik yang perlu dikunjungi. Candi umbul adalah sebuah petirtaan kuno dengan air hangat yang berlokasi di desa Kartoharjo, kecamatan Grabag, Magelang. Umbul dalam bahasa jawa berarti mata air yang keluar dari dalam tanah. Tempat ini disebut dengan candi umbul karena umbulnya terbuat dari batu-batu candi dengan corak-corak ukiran batu dan arca ala candi.  Lokasinya berada di sebuah lembah yang dikelilingi persawahan bertingkat. Saat kami ke sana sawahnya sudah habis dipanen, jadi kalau lagi pas hijau-hijaunya, area ini pasti indah banget. Kami membayar Rp 3000 per orang untuk bisa masuk ke dalam area candi.

Jpeg

Petirtaan yang lebih kecil di Candi Umbul

Hari itu hari minggu. Awalnya kami ingin mencoba berendam di dalam umbul candi yang terbuat dari batu andesit ini, tetapi karena saking padatnya orang, kami mengurungkan niat. Candi umbul benar-benar dipadati pengunjung yang ingin mandi di sana. Lagi cendol-cendolnya pokoke😀. Sayangnya para pengunjung banyak yang membuang sampah sembarangan dan  duduk-duduk di atas arca-arca candi tersebut. Oh no! Mereka apa ga tau ya kalau itu peninggalan sejarah ratusan tahun yang lalu? Seharusnya sih dirawat dan diperlakukan dengan baik😦 . Ini kan petirtaan kuno, bukan seperti kolam renang biasa😦. Kalau ada umat Hindhu atau Buddha yang datang untuk beribadah kemari dan melihat orang sembarangan duduk di atas arca, mereka pasti akan sedih.
Jpeg

Candi Umbul

Jpeg

Jejeran arca dan batu candi di Candi Umbul

Kami akhirnya hanya duduk-duduk saja dengan lemas sambil googling tentang sejarah candi ini. Ternyata pembangun petirtaan ini masih dipertanyakan, apakah wangsa syailendra yang beragama Buddha yang juga membangun candi Borobudur atau wangsa Sanjaya yang bergama Hindhu karena terdapat arca lingga dan yoni di komplek ini. Candi umbul ini diperkirakan dibangun pada abad ke 7 sampai abad ke 10. Konon katanya sih candi ini merupakan tempat pemandian raja-raja, permaisuri serta putri-putri pada jaman dahulu. Kolamnya ada 2, kolam air hangat dan kolam air dingin. Kolam air hangatnya  katanya sih bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Jika ingin ke candi ini sebaiknya sih saat weekday supaya sepi bak kolam pribadi🙂 . Kami sih masih penasaran kalau ada ritual Hindhu atau Buddha yang diadakan di tempat ini akan seperti apa. Ada yang pernah berkunjung saat ada ritual?
Lokasi Candi Umbul di google map:

7 Komentar

Filed under Keliling Indonesia

7 responses to “A glimpse of Candi Umbul, petirtaan kuno di lembah Grabag, Magelang

  1. bangunan candinya cuman tinggal secuil begitu ya …
    kalau bangunan candinya sudah di rekonstruksi .. pasti keren dan unik .. karena satu2nya candi yang ada kolam renangnya …🙂

    • Iya batu dan arcanya tingal sedikit, mungkin dulu banyak yang dicuri buat bikin ulekan. Iya menurutku juga unik, siapa tau ini kolam renang buatan pertama yang ada di Indonesia lho, who knows😀

  2. kak aku pecinta candi loh

  3. Itu kolam renang apa mata air yak? Aku kok heran,..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s