Sri Panjung, trek asyik di pinggiran sungai Oya

“Mau ke mana kita?”

Adalah pertanyaan yang paling sering muncul ketika saya dan teman-teman dolan saya pengen dolan tapi masih bingung ke mana😀. As I said before, di Jogja itu tempat mainnya banyak banget, terutama yang outdoor-outdoor. Apalagi setelah setiap desa di propinsi DIY yang mempunyai potensi wisata, sadar akan potensinya. Mereka membentuk pokdarwis alias kelompok sadar wisata di setiap desa. Nah salah satu kelompok sadar wisata yang lagi gencar-gencarnya melakukan promosi ada di desa Jatimulyo, kecamatan Dlingo, Bantul. Postingan soal wisata yang ada di desa ini kebetulan lagi bersliweran di timeline socmed saya. Jadi jawaban dari mau ke mana kita hari minggu kemarin adalah ke bukit Sri Panjung yang ada di desa tersebut. Untuk menuju ke lokasi ini dari kota Jogja paling mudah adalah melalui JL Jogja – Wonosari lalu ke arah selatan di perempatan polsek Pathuk. Kemudian ikuti jalan sekitar 10 km sampai pertigaan ke arah Playen. Belok ke timur,tapi jangan nyasar sampai Playen ya, lokasinya berada sebelum jembatan dodogan sungai Oya, yang merupakan perbatasan antara kabupaten Bantul dengan kabupaten Gunung Kidul. Plang petunjuk arah untuk menuju ke tempat ini sudah dipasang di beberapa lokasi. Waktu saya dan teman saya Han sampai di daerah ini dan agak kesasar, seorang warga setempat dengan ramah menunjukkan jalan kepada kami. Jalan masuk ke kawasan wisata ini masih cor block yang dikelilingi pemandangan perbukitan jagung. Ya kebun jagungnya berbukit-bukit🙂.

IMG-20160117-WA0040

Trekking di antara perkebunan jagung

Sesampainya di lokasi ternyata aneka fasilitas pengunjung dari mulai tempat parkir, warung, gardu pandang dan toilet sudah tersedia. Kayaknya asyik juga nih pesan minuman dan makanan dari warung setempat lalu dinikmati di salah satu gardu pandang ini. Gorengan panas plus teh panas pahit yang nasgitel. Duh! kok udah mikirin makanan duluan sih? Kami lalu trekking santai di lokasi Sri Panjung ini. Ada dua trek yang bisa diikuti oleh wisatawan, trek di atas dan trek di bawah. Kami memilih trekking di atas dulu melewati jalan setapak di antara rerimbunan pohon jagung. Rasanya kayak bukan di Jogja🙂, mungkin karena di sekitaran Jogja kota lebih banyak sawah daripada kebun jagung. Trek di atas ini hanya beberapa ratus meter saja, kecuali kalau ingin melanjutkan trekking di sela-sela kebun jagung sampai kaki pegal juga bisa🙂. Di akhir trek terdapat beberapa gardu pandang yang dibangun di tepi jurang. Serem juga kalau lihat ke bawah. Meskipun pemandangan sungai oyanya indah. Anyway, yang menjadi view keren dari puncak ini adalah air terjun sri gethuk yang terkenal itu. Air terjun yang terletak di desa Bleberan , kecamatan Playen, Gunung Kidul. Jadi pengunjung bisa melihat air terjun dan pemandangan di atasnya.

IMG-20160117-WA0033

Pemandangan dari atas bukit sri panjung, ada air terjun sri gethuk di bawah

Kami kemudian menyusuri trek yang berada di bawah meskipun kami saat itu kepanasan, ngos-ngosan dan butuh minum😀. Sudah sampai di sini sayang banget kalau menyerah. Sebaiknya memang membawa air putih yang banyak supaya tidak dehidrasi ketika jalan-jalan. Trek di sepinggir sungai oya ini cukup menarik karena tebing-tebing di pinggirannya berbentuk seperti dinding gua. Trek yang di bawah ini ujungnya adalah sungai oya, jadi pengunjung bisa bermain air di sana. Kalau masih mau menerabas jalan setapak ya ketemunya di seberang air terjun sri gethuk lagi. Tetapi jalan setapaknya licin, curam dan agak seram karena seperti sarang ular dengan banyak gua kecil dan rerimbunan tumbuhan liar. Terpeleset sedikit bisa jatuh ke betauan sungai😦. Sepertinya sih treknya sengaja tidak diteruskan sampai ke depan air terjun karena bisa menimbulkan konfilk masalah wisata antar kabupaten. Lagian air terjunnya kan memang milik Gunung Kidul.  Dilemma memang kalau satu tempat wisata terletak di perbatasan, harus ada MoU mungkin? Wih kok jadi ngomong serius gini? Yang jelas selama kami di sini kami menikmati trek dan pemandangan alam dari sungai, bukit karst serta kebun jagung. Endingnya, kami duduk-duduk di warung lokal sambil menikmati segelas es teh manis dan cemilan-cemilan ndeso. Nikmat mana lagi yang bisa kami dustakan. Terimakasih Tuhan🙂.

IMG-20160117-WA0017

Sekali-sekali wefie lah yaaa

IMG-20160117-WA0022

Jalan setapak di pinggiran tebing dengan dinding yang mirip goa

IMG-20160117-WA0025_1

Air terjun sri gethuk dilihat dari sri panjung

Location in google map (eh tapi di mapnya ditulis tri panjung) :

10 Komentar

Filed under Keliling Indonesia

10 responses to “Sri Panjung, trek asyik di pinggiran sungai Oya

  1. Berarti kalau ke Yogya gak bakalan kehabisan t4 wisata ya

  2. kak kok unik nama sungainya ya oya gitu belum pernah kesini soalnya

  3. Ohh baru tahu kalo ada Sri Panjung buat lihat Sri Gethuk dari atas kek begini. Banyak orang yang main basah di Sri Gwthuk, jarang expose tempat ini. Nice lah mbak😀

  4. woa keren bener track untuk trackingnya … apalagi yang di pinggiran tebingnya … fotoable😀
    sayang dari sri panjung ga bisa langsung akses mudah ke air terjun sri gethuk. Ini mungkin yang disebut ego sektoral itu ya.
    padahal kalau di buatkan akses .. dua2nya malah jadi hidup, seperti mall yang saling buat connecting di antara kedua bangunannya

  5. ih keren ya ada kelompok sadar wisata di Jogja, Bantul dan Gunung Kidul luasssss banget. Pantai di Gunung Kidul aja banyak banget, asik bgt bisa punya geng wisata, tinggal culik aja buat diajak traveling pasti mau. hahaha

    • Mungkin hampir di setiap desa di Jogja punya pokdarwis, kalau ga ada wisata alam, yang dijual wisata budaya atau simply kehidupan pedesaan. Iya luas banget nih, dr dulu aku dolan aja ga abis2 nih😀.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s