Mers Les Bains , a beach escape in Picardie

Jadi ini pertama kalinya saya mantai di benua Eropa😀 . Sewaktu saya tinggal di Jogja dulu, saya sering banget mantai. Ya paling tidak sebulan sekali lah. Rasanya seperti ada suasana, hembusan angin dan suara deburan ombak yang dirindukan kalau saya lama ga ke pantai. Ketika saya mantai, saya ga  harus cebur-ceburan atau kena air. Yang penting ya bisa melihat laut saja, saya sudah senang. Beruntunglah jika kalian tinggal di dekat pantai, seperti di kota Jogja. Buat saya 25-50 km ke pantai itu ga jauh lah, masih bisa diusahakan ke sananya pakai motor. Sejak saya pindah ke Paris yang jaraknya paling tidak 200 km dari laut, kerinduan saya akan laut semakin menjadi-jadi *jiaaah. Beruntung siang itu sebelum pulang ke Paris, mr C host kami di desa Vergies mengajak kami mantai. Pantainya berjarak 44 km dari Vergies. Karena jalannya lancar tanpa macet, 45 menit kemudian sampailah kami di kota Le Trreport. Salah satu kota pantai yang terkenal di Normandy. Kami kemudian mengunjungi sebuah pantai yang berada di utara kota Le Trepport. Pantai yang kami kunjungi ini sebenarnya masuk ke propinsi Picardie. Namanya pantai Mers Les Bains. Pantai ini berada di selat Inggris. Wiih di seberang sana udah Inggris dunk ya?
IMG_1162

Good afternoon Mers Les Bains!

Jika ingin menuju ke kota Le Treport atau Mers Les Bains dari Paris, paling mudah dan praktis adalah dengan kereta api dari stasiun Gare du Nord. Tetapi tidak ada kereta yang direct ke Le Treport. Traveler harus transit dan berganti kereta di kota Beauvais, Amiens, Laon atau Abbevile.  Saya kemudian iseng browsing penginapan di Le treport dan Mers Les Bains melalui booking dot com, airbnb dan hostelworld. Ternyata oh ternyata hotel-hotel di kawasan ini mahal-mahal ampuun, paling murah sekitar 50 euro ke atas. Kalau melalui airbnb masih ada kamar yang harganya 30 euro-an. Dan ternyata tidak ada satupun hostel di kawasan ini. Opsi paling murah ya dengan airbnb.
IMG_1141

Belle Epoque

Sesampainya kami di tepi pantai, saya amazed dengan jejeran apartemen dan villa yang menghadap ke pantai. Desainnya khas, unik dan warna-warni. Its look like some fairy tale looks buildings *apalah😀. Seperti yang saya pernah lihat di film-film, walaupun saya sudah lupa film yang mana😛. Kata mr C, arsitektur bangunan ini memang khasnya Mers les Bains, namanya Belle Epoque. Bangunan-bangunan ini selain berfungsi menjadi tempat tinggal juga menjadi rumah ke dua atau villa orang-orang kaya di Perancis yang kebanyakan berasal dari Paris. Sejak dibangunnya jalur kereta api pada abad ke 19 sampai ke sini, Mers les Bains menjadi populer sebagai destinasi escape bagi orang Paris. Mereka kemudian membangun Belle Epoque sebagai villa dan tempat peristirahatan mereka.  Kayaknya asyik juga nih tinggal di sini, pemandangannya apartemen lain dan laut🙂 .
IMG_1152-001

Sepertinya beneran cozy tinggal di salah satu apartemen ini

Kami lalu mencari spot untuk duduk-duduk di pinggir pantai. Pantai Mers Les Bains ini sangat berbeda dengan pantai-pantai yang pernah saya kunjungi sebelumnya. Pantainya batu-batu! Dan beneran cuma batu-batu saja ga ada pasirnya. Jadi kami harus berhati-hati berjalan di atasnya supaya tidak jatuh😀 . Jatuh di batu-batu sama pasir kan kerasa banget bedanya kan? Benar-benar tempat refleksi kaki gratis terbesar yang pernah saya kunjungi! Walaupun berbatu-batu, pengunjung pantai ini tetap banyak, apalagi ketika musim panas. Mereka ke pantai seperti layaknya mengunjungi pantai berpasir. Hari itu suhu udara lumayan dingin, masih sekitar 15-18 derajat. Tetapi banyak juga wisatawan yang dengan santainya berenang mengenakan bikini dan gegoleran di atas batu. Kami bertiga sih ke pantai dengan pakaian lengkap, pakai sepatu lagi!😀 . Dingiin bo! Suami saya mengajak saya turun ke laut sekedar bermain ombak, tapi saya sedang males kena air dingin😛 . Pantai mers les bains ini ombaknya cukup landai dan aman untuk berenang. Beberapa pengunjung pantai bahkan sengaja membawa kanoe dan boat karet untuk dimainkan bersama.

IMG_1147-001

Semuanya batu!😀

IMG_1148

Too cold to nyemplung, sitting by the sea is alrready ok!!

Mr C kemudian mengajak kami untuk susur pantai ke arah utara. Susur pantai di atas batu-batu, rasanya lebih berat dari pada berjalan di atas pasir😀 . Di beberapa bagian pantai terdapat pondok-pondok kecil berwarna putih berjejeran. Kata mr C , pondok-pondok ini disewakan kepada pengunjung untuk menyimpan barang-barang mereka ketika bermain di pantai. Kami berjalan kaki sampai ujung. Kontur kawasan Mers les Bains ini bertebing-tebing kapur. Tebingnya menjulang tinggi sampai 100 meter. Jadi pemandangannya terlihat kontras antara tebing, batu-batu dan laut. Mr C bilang, di seberang sana, di Inggris, bentuk pantainya juga seperti ini. Konon kata para ilmuwan geografi, daratan Inggris dan Eropa puluhan ribu tahun lalu pernah menyatu. Oleh karena itu bentuk landscape kawasannya sama.
IMG_1154

Pondok-pondok pantai Mers Les Bains

IMG_1165

Tebing kapur, bebatuan dan laut, menjadi pemandangan yang unik

Di sudut tebing-tebing yang sepi pengunjung ini banyak seagull atau burung camar sedang mendarat di bebatuan kapur. Burung-burung ini banyak beterbangan di sekitaran Mers les Bains. Saking banyaknya seagull di tempat ini, sampai-sampai ada cafe dan bar yang namanya les mouttes , bahasa perancis dari burung camar. Biasanya banyak pula pengunjung yang nongkrong di tempat ini sambil seagull watching. Kawasan Mers Les Bains dan sepanjang garis pantai di barat Perancis ini di musim-musim tertentu juga biasa dikunjungi untuk seals watching aka melihat anjing laut. Wew! sejak mr C bercerita demikian, langsung saja saya masukkan seals watching ke dalam bucket list saya😀 . Kapan-kapan tapinya😛 . Beach escape hari itu kemudian diakhiri dengan nongkrong di les mouttes sambil melihat burung-burung camar beterbangan.
IMG_1180

Hai seagull! diambil dari kamera dengan zoom maksa maksimal😛

Recommended website before visiting Mers Les Bains:

http://www.mers-les-bains-tourisme.fr/

http://www.merslesbains.fr/

http://www.tourisme.fr/2446/office-de-tourisme-mers-les-bains.htm

8 Komentar

Filed under Ke Luar Negeri

8 responses to “Mers Les Bains , a beach escape in Picardie

  1. apartemennya cantik2, baru liat pantai batu bukannya pasir🙂

  2. pantai yang ada tebingnya .. kerennnnn
    apalagi kalau sambil menginap di salah satu vila klasik itu …🙂

  3. Bebatuan dan tebingnya tinggi banget. Jadi ingat film serial Game of Thrones kalau lihatnya hehehe. Itu sudut-sudut hotelnya keren banget untuk diabadikan mbak😀

    • Mungkin GoT syutingnya di pesisir UK, Perancis sama Itali kali ya, soalnya konturnya banyak yang bertebing kayak gini. Iya lucu-lucu bangunannya😀, sayang kameraku ga memper kemarin haha.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s