Seperempat hari di kota Amiens

Kota Amiens, adalah persinggahan terakhir kami untuk transit kembali ke Paris setelah 3 hari menginap di rumah mr C. Tiket kereta intercites yang sudah kami beli berangkat jam 3 sore dari stasiun Amiens. Waktu itu jarum jam masih menunjukkan pukul 9 pagi ketika kami tiba di sini. 6 jam transit enaknya ngapain ya? Kami tak punya rencana apapun hari itu, hanya random walk saja menyusuri ibu kota Picardie yang tampak sepi pagi itu. Mengapa sepi? Karena ini hari minggu pemirsa! Eh saya sudah pernah cerita belum sih tentang hari minggu di Perancis ? Sepertinya belum deh😀 . Jadi hari minggu di negara ini sungguh sangat berbeda dengan hari minggu di Indonesia. Hari minggu di Indonesia begitu hore dan meriah. Seluruh toko, restoran dan tempat hiburan buka sampai malam. Kalau toko tutup hari minggu di Indonesia malah bakal rugi banget karena pengunjung terbanyak biasanya hari minggu kan? Di Perancis setiap hari minggu sebagian besar toko dan tempat makan tutup. Supermarket bahkan toko-toko yang menjual bahan kebutuhan pokok sebagian besar tutup di hari minggu. Hanya beberapa toko yang buka, itupun hanya sampai jam 1 siang. Jalanan kota pada hari minggu di Perancis sangat lengang dan sepi. Orang-orang biasanya menghabiskan waktu bersama keluarga mereka di rumah untuk bersantai.  Di Perancis, tempat-tempat yang buka dan ramai di hari minggu adalah museum dan taman-taman kota. Restoran-restoran yang buka pada hari minggu biasanya adalah restoran yang harganya mahal, kedai kebab atau mc donald🙂 . Jadi kalau lagi bingung cari makanan apa di Perancis pas hari minggu, cari saja kedai kebab atau mc donald, sebagai alternatif makanan murah.

IMG_1326

Good morning Amiens! Bangunan tertinggi di Amiens di foto ini adalah Tour Perret

IMG_1292

Pusat kota tampak sepi dan lengang

IMG_1288

Kantor walikota Amiens

IMG_1287

Menara belfort kuno di Amiens

IMG_1293

Sebuah jam tua di persimpangan jalan

Anyway, pagi itu kami random walk dan melintasi kawasan quai belu nan cantik. Sebuah sungai bernama river somme membelah kawasan ini. Beberapa orang terlihat bermain perahu dan kanoe di sungai ini. Yang saya suka dengan sungai-sungai di Eropa adalah, mereka benar-benar merawat kawasan sungainya. Di kota besar atau kota kecil, kota wisata atau tidak, mereka bisa membuat sungai menjadi tempat yang nyaman untuk berperahu atau bermain air. Atau sekedar duduk-duduk di pinggir sungai saja sudah menyenangkan. Di kawasan ini juga terlihat beberapa seniman sedang melukis dan bermain musik bersama. Kami lalu berjalan kaki melewati semua restoran yang berjejer-jejer penuh dengan turis dan keluarga yang akan makan siang. Awalnya kami pengen makan di salah satu restoran ini, tetapi karena harganya lumayan mahal, ga jadi deh😛 . Kami akhirnya mencari warung kebab terdekat untuk makan siang.
IMG_1313

Quai Belu dengan jejeran restorannya

IMG_1321

River Somme membelah perumahan di Amiens

IMG_1317

Katedral Amiens dilihat dari quai belu

Salah satu tempat yang wajib dikunjungi wisatawan di kota ini adalah Cathedrale Notre Dame D’Amiens. Yap! Sama seperti kota Strasbourg , Paris, Reims dan lainnya , kota ini juga mempunyai sebuah gereja berarsitektur gothic yang menarik untuk dikunjungi. Katedral Amiens termasuk dalam 10 katedral tercantik di Perancis. Mumpung kami ada di kota ini, kami meluangkan waktu untuk berkunjung kemari. Karena hari minggu, masih ada misa dilaksanakan di katedral ini. Meskipun demikian pengunjung diperbolehkan masuk, asal melalui jalur yang telah disediakan dan dilarang bersuara. Katedral yang dibangun antara tahun 1220 sampai tahun 1270 ini merupakan salah satu UNESCO heritage site sejak tahun 1981. Katedral ini merupakan yang tertinggi dan terbesar di Perancis dan terbesar ke 19 di dunia. Kami kemudian duduk di bangku belakang sambil menyaksikan para jemaat gereja melaksanakan misa. Suara organ dan nyanyian para jemaat terdengar menggema di seluruh ruangan katedral, menambah suasana menjadi semakin khidmat. Setelah misa selesai kami berjalan keliling gereja sambil mengamati desain interiornya yang terlihat megah dan terasa mistis🙂 .
IMG_1301

Patung para saint di pintu katedral Amiens

IMG_1307

Ukiran dan pahatan di dinding yang tampak sangat detil

IMG_1308

Koridor di dalam katedral Amiens

IMG_1303

Sedang ada misa di katedral Amiens

IMG_1286

Katedral Amiens tampak depan

Sebenarnya dan sesungguhnya😀 ada banyak destinasi wisata di kota ini yang bisa dikunjungi di hari minggu seperti tour perret, hortilonagges, yaitu floating garden yang bisa dikelilingi dengan perahu, museum-museum, situs-situs arkeologi dan beberapa tempat di sudut kota yang terkenal dengan suasana meriahnya. Tetapi karena kami takut kehabisan waktu dan telat naik ke kereta akhirnya jalan-jalan di Amiensnya ga bisa sampai puas😀 . Tapi kami tetap senang kok, Au revoir Amiens!
Recommended website before visiting Amiens

9 Komentar

Filed under Ke Luar Negeri

9 responses to “Seperempat hari di kota Amiens

  1. kotanya bener2 syantikk …. asyik klyuran disini apalagi sambil sepedahan😀

  2. Ahhh cantik dan bersih bgt, suka deh

  3. Wow pengen kesana deh. Ehh si mr C siapakah? Kepohh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s