Melancong ke kastil Haut Koenigsbourg di pegunungan Alsace

Wahai para pemirsa, ingatkah kalian tentang kejadian salah beli tiket kereta yang sudah saya tulis di sini ? Kami sangat beruntung karena pas ga ada pemeriksaan tiket di atas kereta waktu itu. Sangat beruntung juga karena ada tiket nganggur dan masih bisa kami pakai sekali lagi ke kota Strasbourg. Meskipun kami harus beli tiket pulang dan bayar penginapan semalam juga😀 . Jadi ceritanya suami saya bersikukuh pengen banget ke kastil Haut Koenigsbourg yang sebulan lalu gagal kami kunjungi. Agaknya suami saya termasuk orang yang kalau gagal suka nyoba lagi , nyoba lagi. Saya sih biasa aja, terserah mau diajak ke mana ayuk deh😛 . Dengan tiket nganggur ini berangkatlah kami kembali ke kota Strasbourg. Kali ini dengan kereta TGV yang brand new dan banyak bonus🙂 . Iya lho, pas kami naik kereta kami dikasih kenang-kenangan berupa buku, gantungan kunci dan postcard tentang TGV. Sampai di kota Strasbourg kami langsung naik kereta TER Alsace menuju ke kota Selestat, 50 km dari Strasbourg. Suami saya sudah membeli tiket kereta TER ini untuk pulang dan pergi Selestat – Strasbourg hari itu juga. Jadi kami bermalamnya di Strasbourg, bukan di Selestat. Keuntungan dari tiket TER Alsace ini, kami bisa naik kereta di jam berapa aja meskipun sudah buking untuk jam tertentu. Keretanya tersedia sekitar 20-40 menit sekali. Waktu tempuh dari Strasbourg ke Selestat dengan kereta ini hanya 20 menit saja.
IMG_1866

Kenang-kenangan dari kereta TGV

Untuk menuju ke kastil Haut Koenigsbourg, tersedia sebuah shuttle bus setiap satu jam sekali di depan stasiun Selestat. karcisnya 2 euro one way, jadi 4 euro pulang pergi. Karcis bus ini bisa digunakan untuk mendapatkan diskon karcis masuk ke area kastil. Kastil tua ini letaknya di daerah Orshwiller, pegunungan Alsace, masih sekitar 14 km dari stasiun Selestat. Selain ke kastil, shuttle bus ini juga berhenti di beberapa tempat wisata tak jauh dari Selestat seperti Volerie des Aigles dan La Montagne des Singes. Dalam bahasa Indonesia kurang lebih artinya lembah burung elang dan gunung kera🙂 . Semacam suaka marga satwa untuk burung elang dan kera-kera gunung. FYI di Volerie des Aigles ini juga terdapat sebuah kastil lain yang bernama kastil Kintzheim. Tak sampai 30 menit kemudian sampailah shuttle bus yang membawa kami ke pintu gerbang Haut Koenigsburg.
IMG_1892

Antri beli tiket

Hari itu hari minggu, jadi banyak sekali wisatawan yang sama-sama ingin melancong ke kastil ini. Tempat ini memang menjadi destinasi wisata andalan di region Alsace. Kalau menurut wikipedia sih pengunjungnya mencapai 500000 orang per tahun. Kami harus antri lumayan panjang untuk membeli tiket masuk. Dengan modal karcis bus yang kami gunakan, kami mendapatkan diskon 2 euro per tiket masuk. Aslinya sih harganya 9 euro, kami cukup membayar 7 euro saja. Beda 2 euro kan lumayan kaaan? Bisa buat beli cemilan😀 . Di loket masuk ini disediakan buklet petunjuk dan sejarah kastil dalam berbagai bahasa. Yang jelas bahasa Indonesia belum ada, jadi kami mengambil yang berbahasa Inggris.
IMG_1899

Ready to explor!

Di dalam buklet petunjuk dikisahkan bahwa seorang Duke of Souabe bernama Frederick von Hohenstaufen, mendirikan kastil ini pada abad ke 12. Ia adalah seorang penguasa di pegunungan Stophanberch yang membentang dari barat ke timur. Kastil batu ini berdiri tegak di atas ketinggian sekitar 755 meter, di tengah-tengah jalur perdagangan kala itu. Kastil ini berpindah tangan pada tahun 1479 kepada Tiersteins yang mempunyai perkebunan feodal. Tiersteins kemudian merenovasi kastil ini dan menambahkan beberapa bangunan bersifat defensif yang cocok untuk menempatkan meriam-meriam. Ketika masa perang 30 tahun di Eropa, kastil ini diserang dan rusak di banyak bagian. Kastil ini kemudian terlantar tak berpenghuni selama 2,5 abad. Pada tahun 1865, William II of Hohenzolern, kaisar Jerman kala itu, merestorasi kastil ini di bawah arsitek Bodo Ebhardt. Ketika kekuasaan region Alsace berpindah dari Jerman ke Perancis di tahun 1919, kastil ini menjadi di bawah perlindungan pemerintahan yang berpusat di Versailles.
IMG_1900

Dinding kastil nan tinggi berdiri kokoh di atas bebatuan gunung

IMG_1907

Terdapat banyak tangga naik turun dan melingkar di area kastil ini

Kastil ini seluruh dindingnya murni terbuat dari batu pasir berwarna merah. Entah di mana para pembangun kastil ini nemu batu merah sebanyak ini😀.  Untuk berkeliling kastil yang menurut saya gedhe dan terlihat epic banget ini, tinggal ikuti saja petunjuk dari buklet atau ikuti tanda panah yang tersedia di setiap ruangan. Luas area kastil ini sendiri saja mencapai 1,5 hektar, jadi jangan sampai nyasar, bisa-bisa nanti kita ga bisa keluar😀 . Menurut buklet pula ada 3 area kastil yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan. Dan menurut saya 3 area ini hanya sebagian kecil dari bagian kastil ini saja. Kebayang dunk selebihnya luas banget? Kira-kira isinya apa saja yaa? Apakah ada ruangan-ruangan rahasia di kastil ini? I just wondering! Setiap kali saya melancong ke tempat-tempat bersejarah terutama dari jaman medieval dan jaman-jaman sebelumnya, saya selalu berkhayal sambil bertanya-tanya, kira-kira pada zaman itu orang-orang cara hidupnya seperti apa ya?😀 . Apa benar mirip seperti yang ada di serial Game of Thrones? Eniwei apa saja isi ruangan-ruangan dalam kastil ini? Saya jelasinnya lewat foto saja ya, seperti biasa🙂 .
IMG_1911

Sebuah sumur tua tak jauh dari pintu area pertama. Sumurnya dalem banget!!

IMG_1913

Ruang pameran di dalam kastil yang berisi tentang sejarah berdirinya kastil ini

IMG_1921

Lukisan ala zaman medieval di dinding kastil

IMG_1924

Aneka furniture kuno yang digunakan saat zaman medieval di kastil ini

IMG_1938

Gantungan lampu yang terbuat dari tanduk rusa. Tanduk-tanduk ini merupakan hasil buruan para bangsawan dan penguasa yang tinggal di kastil ini.

IMG_1946

Ruang pamer yang berisi aneka senjata dan baju baja yang digunakan pada zaman medieval

IMG_1985

Meriam raksasa di area tower kastil ini

IMG_1970

Pemandangan dari tower Haut Koenigsbourg. Jika hari cerah, pegunungan Alpen terlihat di seberang sana.

IMG_1983

Kastil Haut Koenigsbourg

IMG_2020

It looks epic🙂

Kastil yang dikelilingi hutan lebat ini, juga mempunyai kebun yang dibuat menyerupai seperti saat jaman medieval dulu. Di kebun ini terdapat tanaman-tanaman dari mulai sayur-mayur, obat-obatan herbal sampai tanaman-tanaman yang dipakai para dukun untuk membuat ramuan mantra. Manjur beneran ga ya? Kebunya didesain sangat edukatif, jadi pengunjung bisa membaca keterangan tentang tanaman-tanaman tersebut di sampingnya. Setelah puas mengelilingi kastil, kami tertarik untuk trekking sebentar di dalam hutan di sekitar kastil. Hutannya sedang hijau-hijaunya karena masih musim panas. Walaupun musim panas, suhu udara di pegunungan ini lumayan dingin juga, jadi kami tetep berjaket😀 . Trek untuk mengelilingi hutan ini ternyata sudah disediakan lengkap dengan petunjuk-petunjuk ala anak pramuka. Jadi meskipun tampak seram setidaknya kami ga takut akan tersesat. Di akhir trek ini ternyata ada sebuah bangunan rusak yang dulunya juga merupakan bagian dari kastil yaitu ruin de Oedenbourg. Ruin ini tampak menyeramkan. Mungkin karena sepi dan tak ada seorangpun trekking bersama kami. Saya kemudian membayangkan kalau malam, kastil Haut Koenigsbourg, hutan lebat dan ruin de Oedenbourg ini suasananya bakal seperti apa ya? Tiba-tiba saya merinding disko.
IMG_2016

Tembok penjaga yang mengelilingi kastil

IMG_2059

Di sudut kebun medieval

IMG_2061

Ayo trekking ke hutan!

IMG_2106

Area ruin D’Oedenbourg

Sebelum mengunjungi kastil ini, cek website berikut :

http://www.haut-koenigsbourg.fr/en/

 

4 Komentar

Filed under Ke Luar Negeri

4 responses to “Melancong ke kastil Haut Koenigsbourg di pegunungan Alsace

  1. serasa kembali ke zaman dulu ya kak

  2. main ke kastil serasa ada di abad mana ya, mungkin agak seram saya membayangkannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s