Chilling in Paris plages, pantai jadi-jadian di tengah kota Paris

What? Pantai di tengah kota Paris? Awalnya saya agak aneh juga mendengarnya. Bagaimana caranya memindahkan pantai ke tengah kota? Jangan-jangan mereka pakai pawang pantai ternama? Pawang pantai apanya pawang hujan coba?😀 . Daripada penasaran, karena letaknya cuma lima langkah dari rumah, tentu saja saya tidak mau kalah dengan warga kota seribu cahaya ini untuk berama-ramai ke Paris plages. Oya plages sendiri adalah pantai dalam bahasa Perancis. Paris plages digelar sejak tahun 2002 di beberapa tempat di kota ini, diantaranya adalah di pinggir sungai La Seine dan di pinggir kanal St Martin. Pantai jadi-jadian ini hanya available saat musim panas saja. Ya iyalah, masak musim dingin mau mantai juga?😀 .
IMG_2662

Hari pertama ke Paris plages

 

So what is inside Paris plages? Macem-macem ternyata bo! Event tahunan ini sengaja mendatangkan pasir pantai asli. Pasir pantai ini disebarkan di sepinggir sungai lengkap dengan kursi-kursi malas dan area bermain pasir untuk anak-anak. Siapapun boleh duduk dan bermain di sini. Selain itu para pedagang ala pantai dadakan juga bermunculan di sini, seperti kedai  es krim, stand minuman, kedai makanan dan lain-lain. Fasilitas seperti shower gratis, toilet dan air minum gratis juga tersedia selama acara ini. Beberapa event budaya dan olahraga juga diselenggarakan di area Paris plages seperti tai chi bersama, yoga bersama atau berdansa bersama. Tak hanya itu, ada pula aksi sosial yang digelar selama acara Paris plages seperti donor darah.
IMG_2667

Area bermain pasir untuk balita di pinggir sungai La Seine

Perbedaan Paris plages di La Seine dan di kanal St Martin adalah di La Seine areanya lebih panjang dan pasirnya lebih banyak tetapi para pengunjung tidak bisa bermain air karena lalu lintas sungai ini terlalu padat. Event-event besar seperti lomba volley pantai juga lebih banyak di kawasan ini tetapi lokasinya berada di depan Hotel de Ville Paris. Sedangkan di kanal St Martin permainan airnya lebih banyak mulai dari perhau-perahuan, sepeda air, perahu layar yang semuanya bisa disewa per jam atau per 30 menit. Di kanal St Martin juga terdapat arena outbound  dan wahana permainan air lengkap untuk anak-anak.
IMG_2670

Pasirnya benar-benar didatangkan dari pantai

IMG_2769

Wahana permainan air di kanal St Martin

IMG_2674

Enjoying my ice cream sepanjang Paris plages

IMG_2983

Shower dadakan, penyegar di tengah hari yang panas

Para penduduk kota Paris dan sekitarnya serta para traveler terlihat sangat antusias dan berbondong-bondong mengunjungi Paris plages. Saya sendiri dan suami saya ke area ini beberapa kali sekedar untuk jalan-jalan di sore hari sambil makan es krim. Terkadang kami membawa peralatan lengkap seperti sarung pantai dan buah-buahan serta minuman, lalu menggelarnya di tempat yang sudah disediakan. Semacam piknik di bawah sengatan matahari gitu lah. Anyway how do the Parisian enjoying Paris plages? Mereka datang ke sini dengan peralatan lengkap seperti ke pantai. Para wanita tak lupa membawa bikini dan berjemur di atas sarung pantai di pasir. Para pria juga tak mau kalah menggelapkan kulit mereka dengan berjemur dan mengenakan baju renang. Anak-anak membawa permainan dan peralatan untuk membangun istana pasir. Suasananya terlihat sangat seru! Pokoknya kalau pas traveling ke Paris pas summer, you shouldn’t miss it deh!
IMG_2989

Enjoy the sand and the sun, not the water😛

Pantai jadi-jadian ini ternyata tak hanya di Paris saja. Di kota-kota besar di Perancis dan Eropa yang jauh dari pantai seperti Brussel, Belgia juga mempunyai event pantai dadakan setiap tahunnya. Kata suami saya sih, karena pas summer ga semua orang sempat atau punya uang lebih untuk ke pantai. Oleh karena itu pemerintah kota-kota tersebut menghadirkan pantai untuk warganya secara gratis. Pantai-pantai dadakan ini tak hanya berada di pinggir sungai atau kanal, tetapi juga di sepinggir kolam, danau atau waduk setempat. Sebenarnya pantai jadi-jadian di pinggir danau ini ada beberapa lokasi di luar kota Paris. Danaunya bisa buat berenang pula!  Sayang saya ga sempet ke sana😀 . Tapi untungnya summer ini saya udah ke pantai beneran cuma belum diposting aja😀. Next summer maybe, penasaran juga sama pantai dadakan yang di pinggir danau😀 .
IMG_3127

Keramaian Paris plages dari jembatan pont neuf

Tinggalkan komentar

Filed under Ke Luar Negeri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s