I lost my heart in Prague #7 : Kembali lagi ke Old Town Square

Kami kembali lagi ke Old Town Square kota Praha. Tetapi kali ini kami tak hanya berada di luar bangunan-bangunan cantik ini. Kami memanfaatkan Prague card yang sudah kami beli, untuk memasuki beberapa museum dan bangunan bersejarah secara gratis. Bangunan pertama yang kami tuju adalah menara jam astronomi. Katanya sih, pemandangan dari puncak jam ini adalah salah satu yang terindah karena berada di tengah-tengah kota. Well kota yang terkenal dengan sebutan seribu menara ini , memang menaranya di mana-mana. Dari menara gereja sampai menara-menara pengawas dari jaman dahulu kala. Meskipun menaranya emang ga sampai seribu tetapi Praha memiliki lebih banyak tower daripada kota-kota lain.
p1110844

Gedung berwarna-warni gaya Bohemia di Old Town

p1110845

Gedung unik di samping old town hall

Pintu masuk menara jam astronomi berada di dalam tourist information centre kota Praha, bukan di bawah menara itu sendiri. Yang di bawah menara hanya untuk membeli tiket masuknya saja. Jadi gedung yang tampak berjejer-jejer dan berbeda dari luar ini ternyata bersambung satu dengan lainnya. Dan tak cuma gedung ini saja lho yang kelihatan ga nyambung dari luar tetapi nyambung di dalam. Beberapa gedung lain juga. Seperti the stone bell house dan beberapa palace di komplek luar Prague Castle. Dari lobby pusat informasi turis kami tinggal mengikuti petunjuk ke pintu masuk menara jam astronomi yang berada di lantai atas. Setelah menukarkan tiket, kami menuju ke puncak menara dengan menggunakan lift mini, yang katanya merupakan salah satu lift terunik di Praha. Sampai di atas, pemandangannya seperti di foto-foto berikut.
p1110850

Old town square dilihat dari atas

p1110856

The baby tower Praha dilihat dari menara jam astronomi

p1110849

Petrin hill dilihat dari clock tower, old town

p1110858

The other view from the tower

Menara jam astronomi, termasuk menara yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Menaranya kecil tetapi orangnya banyak dan sesak. Jadi kalau di atas berlama-lama kasihan juga pengunjung lain yang mengantri untuk melihat view dari sini. Berhubung kami wisatawan yang baik hati dan tidak sombong *jiaah, 5 menit di atas cukuplah. Kami menuruni menara ini dengan tangga. Eh bukan tangga juga sih, tetapi seperti koridor memutar yang dibuat menurun. Di sepanjang koridor ini terpasang foto-foto sejarah tentang jam astronomi ini. And you know what? Prague orloj ini adalah yang tertua di dunia yang masih berfungsi. Dibuat pada tahun 1410.
p1110861

Lift unik untuk ke puncak menara

Selama di dalam menara jam ini , saya pikir kami bisa melihat interior jam dari dalam. Ternyata tidak. Interior jam ini bisa dilihat dari tempat lain (tour lain dengan tiket yang berbeda) yang juga terletak di dalam gedung yang sama. Kami lalu melanjutkan penjelajahan kami ke Old Town Hall and Tower, yang juga gratis untuk pemegang Prague card. Untuk masuk ke tempat ini, pengunjung harus mengikuti guided tour yang tersedia setiap satu jam sekali. Untung saja pas kami menukarkan tiket, turnya yang berbahasa Inggris baru saja dimulai, sekitar 5 menit yang lalu. Turnya selalu dimulai beberapa menit sebelum jam astronominya berdentang. Jadi ketika berdentang, pengunjung bisa melihat wayang-wayang kayu di dalamnya berputar. Sayangnya kami terlambat beberapa detik pas astronomical clocknya berhenti berputar 😀 .
p1110866

Mengintip interior dari astronomical clock

Bersama para pengunjung yang lain , kami dibawa menjelajahi old town hall yang merupakan kantor dewan kota Praha yang pertama dan tertua. Pada tahun 1338, dewan kota mendirikan old town hall  dengan cara membeli sebuah rumah dari keluarga patrician bernama Volflin.  Keluarga patrician artinya keluarga elit keturunan bangsawan romawi kuno. Dewan kota kemudian merombak bangunan aslinya menjadi berarsitektur gothic. Mereka kemudian juga membeli rumah-rumah yang berada di samping-sampingnya, untuk memperluas kantor dewan kota. Oleh karena itulah mengapa, bangunanya unik, terlihat bangunan berbeda-beda dari luar, tetapi nyambung di dalam . Setiap bangunan ini memiliki nama dan julukanya masing-masing. Menaranya, di mana jam astronomi tertempel, adalah menara tertinggi di Praha pada zaman pertengahan. Menara ini ternyata memiliki sebuah kapel cantik, dengan ornamen kaca patri yang berwarna-warni. Kapel ini dibangun pada tahun 1381.
p1110865

Salah satu ruangan cantik di dalam old town hall

p1110867

Kapel kecil di dalam old town hall

Mas-mas guide yang membawa kami menerangkan tentang ornamen, lukisan dan ruangan di tempat ini dengan bahasa Inggris yang fasih. Seperti guide yang di Vysehrad juga fasih berbahasa Inggris. Menurut saya sih, bahasa inggrisnya orang Ceko bagus-bagus deh. Selama beberapa hari di sini kami selalu lancar berkomunikasi dengan orang Ceko. Anyway, si mas guide membawa kami menjelajahi ruangan demi ruangan. Ruangan terakhir yang kami jelajahi adalah ruang rapat dewan yang terkadang juga masih digunakan untuk rapat dengar pendapat. Beberapa ruangan ini old town hall ini juga disewakan untuk umum, seperti untuk pesta pernikahan atau pesta keluarga lainnya. Anyone interested to have a party here?
p1110868

Pintu unik di dalam old town hall

p1110873

Ruangan dewan yang luas

Si mas guide kemudian membawa kami menuruni tangga berputar yang panjang. Saya pikir turnya akan berakhir saat kami berada di ruangan old town hall yang terakhir. Soalnya di pocket guide yang kami dapat dari membeli prague card, hanya tertera tur di dalam old town hall saja. Kami lalu dibawa menjelajahi wilayah bawah tanah old town square. Nah setahu saya ada tur tersendiri tentang underground old town, dan kami harus membayar tiket sebesar 400 czk. Apakah ini tur yang sama atau tidak? Atau tur ini adalah cuplikan dari tur bawah tanah yang sebenarnya? Setidaknya kami tak perlu mengeluarkan uang lebih untuk menjelajahi wilayah bawah tanah old town. Mas guide ini kemudian menerangkan fungsi ruangan-ruangan dan lorong-lorong misterius yang ada di sini. Selain sebagai tempat penyimpanan bahan makanan, beberapa tempat juga pernah dijadikan tempat untuk menghukum orang-orang yang dianggap bersalah pada jaman dahulu kala.
p1110876

Welcome to underground Praha

Ketika kami sedang beriringan menyusuri lorong-lorong tersebut, salah seorang wisatawan bertanya tentang sebuah pintu misterius tak jauh dari tempatnya berdiri. Mas guidenya kemudian menjawab, bahwa yang dibalik pintu tersebut masih misterius. Ia sendiri meskipun sudah bertahun-tahun menjadi guide, tak pernah tau apa yang sebenarnya ada di balik pintu. Ia bilang, konon dibaliknya terdapat tumpukan kerangka dan tengkorak manusia yang dulu ditemukan di sepanjang ruang bawah tanah. Saya langsung merinding disko, bisa jadi tempat ini adalah catacomb seperti yang ada di Paris. Jangan-jangan nanti bakalan ada film as above so below versi kota Praha. Tur bawah tanah kami kemudian berakhir di sebuah ruang bawah tanah dengan tanda salib kayu hitam raksasa tertempel di dinding. Di sebelahnya terdapat jejeran patung-patung kuno yang dulu sempat menghiasai bagian gedung old town hall. Kami kemudian keluar melalui sebuah lorong bsar dengan lukisan putri Libuse yang digambarkan sedang meramal masa depan kota Praha.
p1110885

Patung-patung kuno yang kemudian disimpan di bawah tanah

p1110886

Lukisan putri Libuse di old town hall

Recommended website , kalau ingin mengikuti tour underground Prague :
Iklan

6 Komentar

Filed under Ke Luar Negeri

6 responses to “I lost my heart in Prague #7 : Kembali lagi ke Old Town Square

  1. Keren banget ya Praha. Bener gak kl pengeluaran kl liburan disana relatif lbh rendah dibanding kl ke negaraw barat lain kaya belanda, perancis, dll? Aku mau rencana kesana taun dpn ❤

    • Menurutku kotanyan cantik soalnya banyak menara dan berbukit-bukit. Memang lebih murah dari negara eropa barat, dari hotel sama makanan juga lebih murah. Amin, semoga rencananya terwujud 🙂 .

  2. jadi penasaran kak dengan astronomical clocknya

  3. cantik bgt emang disini yaa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s