Ternyata Luxembourg kece juga! #1 : Paris to Luxembourg City

Meskipun sudah jam 6.30 pagi, langit kota Paris masih gelap bak jam 3 dini hari. Kami bersiap menuju ke terminal bus eurolines yang berada di pinggiran kota ini. Hari itu kami akan traveling ke Luksemburg (Luxembourg), negara kecil yang berbatasan dengan Perancis, Jerman dan Belgia. Opsi termurah untuk menuju ke Luxembourg City yang kami dapat adalah dengan cara ngeteng naik bus sampai kota Metz, lalu lanjut dengan kereta TGV. Kereta TGV direct dari Paris memang ada, tetapi waktu itu harganya selangit bingiit 😀 . Perjalanan dari Paris ke Metz sendiri dengan eurolines memakan watu 5 jam. Pagi itu bus yang kami tumpangi ternyata mempunyai trayek Paris, Perancis sampai Varna,Bulgaria. 2500 km boo!!! Supir dan crewnya orang Bulgaria semua, serta hampir separo penumpangnya orang Bulgaria. Mereka akan berada di jalan selama 2 hari. Buset dah! kalau saya sepertinya ga akan sekuat mereka. Dahulu saja ketika saya naik bus dari Lampung sampai Padang selama 2 hari 2 malam , keluar dari bus serasa keluar dari kulkas. Badan saya lemas selama berhari-hari. Salut banget deh sama mereka! Saya suka perjalanan panjang tapi harus disertai banyak istirahat dan mampir-mampir juga 😀 alias medot-medot.

Trayek bus eurolines dari Perancis ke Bulgaria, kami berhenti di kota Metz, Perancis

Eniwei fenomena yang kerap saya jumpai ketika di terminal bus di Indonesia ternyata juga terjadi di sini. Beberapa penumpang ga tahu kalau mereka over bagasi dengan membawa kardus-kardus banyak berisi pakaian dan aneka barang. Mirip deh kayak di Indonesia 😀 . Mereka juga memanfaatkan kardus sebagai pengganti koper atau tas pakaian. Beberapa dari mereka terlihat ngeyel minta diangkutin semua barangnya dan sempat berdebat dengan para crew bus. Aiih, ternyata orang-orang yang ga baca terms and condition sebelum naik transport apapun ada di mana-mana yaa 😀 , tenang aja gak cuma di Indonesia kok.
Dari kota Metz kami naik kereta cepat TGV. Perjalanan memakan waktu 40 menit saja untuk sampai ke Luxembourg City yang hanya berjarak 65 km. Ketika kami masuk perbatasan negara ini, ciri khas rumah-rumah, dan bangunan-bangunanya terlihat sedikit berbeda dengan Perancis. Kata suami saya sih lebih mirip sama bangunan-bangunan di Belgia. Kami juga disambut dengan landscape perbukitan di mana-mana sepanjang perjalanan menuju ke ibu kota negeri kecil ini. Eh ternyata negara ini berbukit-bukit juga yaa! Saya baru tahu! 😀 .

Sampai deh di stasiun Luxembourg

Kami sampai jam 4 sore di kota ini.
“Moien Luxembourg City!  🇱🇺new country unlocked!🇱🇺 “
Moien adalah Hello dalam bahasa Luxembourgoise. Tadinya sih saya pikir negara kecil ini lebih banyak berbahasa Perancis. Ternyata mereka mempunyai bahasa dan dialek sendiri yang merupakan campuran Perancis dan Jerman, yaitu Luxembourgoise. Meskipun demikian, sebagian besar penduduknya lancar berbicara Perancis, Jerman, Inggris bahkan Belanda. Papan petunjuk dan peringatan, kebanyakan ditulis dalam 3 bahasa.

Contoh bahasa Luxembourgoise di mesin tiket kereta

Sebelum merencanakan traveling dadakan ke negara ini, kami sempat browsing mengenai things to do di negara ini. Kami benar-benar clueless tentang negara ini, karena saya jarang mendengar orang-orang yang traveling ke sini. Kami menonton beberapa vlog tentang Luxembourg dan menengok website resmi tourism Luxembourg. Ternyata eh ternyata, di negara ini terdapat Luxembourg card. Kartu pass yang berlaku 1 sampai 3 hari dengan harga terjangkau. Luxembourg card bisa digunakan sebagai tiket masuk sebagian besar museum dan tempat-tempat wisata di negeri ini. Kartu ini juga membebaskan penggunanya untuk naik transport berupa bus, tram dan kereta yang wilayahnya se negara ini! Eiih baru kali ini ada tourism card yang bisa digunakan satu negara 😊👍🏽 . Yaa meskipun negara kecil, tapi kan jangkauannya tetap luas 🙂 .
Hal pertama yang kami lakukan ketika sampai di kota ini tentu saja menyambangi tourism office terdekat. Kami masing-masing membeli Luxembourg card untuk dua hari yang harganya 20 euro per orang. Selain itu kami juga diberi peta, buku panduan dan majalah gratis tentang wisata Luxembourg. Ternyata banyak juga hal yang bisa dilakukan dan tempat-tempat yang bisa dikunjungi di negara ini.

Sehabis membeli Luxembourg card yang bisa dipakai satu negara 😀

Cek di sini untuk membeli Luxembourg Card : VisitLuxembourg
Dari tourism office yang berada di city centre, kami langsung menuju hotel yang sudah kami pesan melalui booking.com . Kami pikir hotel yang kami buking adalah hotel standar karena harganya murah. Ternyata kami nginep di bisnis hotel yang harga asli per malamnya 300-an euro. And you know what, kami cuma bayar kurang dari seperempat harganya! Emang sih kalau rajin-rajin ngecek deal hotel kadang kita bisa dapat hotel berbintang dengan harga hostel 😀 . Niat backpacking kan yang penting murah dan untung.
Kami lalu menghabiskan sisa hari pertama dengan muter-muter city centre dan mencoba makanan khas Luxembourg. Nah tapi ceritanya lanjut ke postingan berikutnya yaa 😀 .