Ternyata Luxembourg kece juga! #3 : Gudden nometteg Luxembourg!

Gudden nometteg 🇱🇺Luxembourg🇱🇺! 🙋🏻🙋🏻🙋🏻
Adalah “Good Afternoon” dalam bahasa Luxembourgoise.
Luxembourg, sepertinya sih jarang dijadikan destinasi andalan para wisatawan dunia. Turis dan para traveler yang ke Eropa kebanyakan melewatkan negara ini karena katanya ga banyak yang bisa dilihat dan dinikmati di negara kecil ini. Tapi, banyak juga traveler-traveler yang pernah ke sini menganggap kalau Luxembourg adalah underrated country atau hidden gems di Eropa. Artinya, sebenarnya negara ini menyimpan banyak destinasi yang indah dan menawan, hanya saja memang kalah terkenal dengan negara-negara tetangganya. Saya dan suami saya memutuskan untuk mengunjungi Luxembourg dengan alasan sederhana. Luxembourg ga terlalu jauh dari Paris dan punya situs bersejarah yang terdaftar di Unesco heritage site. Lalu apakah benar Luxembourg adalah underrated country ? Hmm kalau ini sih you may judge by yourself  setelah balik dari sini, karena masing-masing pelancong dan pengelana mempunyai kriteria masing-masing. Tapi bagi kami berdua sebuah negara apapun di manapun pasti memiliki keunikannya sendiri. Mendapati fakta bahwa Luxembourg memiliki bahasa sendiri saja sudah merupakan kejutan besar bagi kami.
FullSizeRender (4)

Place de la Constitution Luxembourg City

Sewaktu kami mendatangi Luxembourg city tourist office, kami mendapatkan majalah dan buklet petunjuk wisata seluruh negeri ini. Kami surprised juga karena destinasi wisatanya ternyata banyak, dari mulai wisata alam sampai wisata sejarah seperti kastil-kastil tua. Rasanya kami pengen tinggal lama di negara yang landscapenya berbukit-bukit ini. Negara satu-satunya di dunia yang mempunyai sistem pemerintahan Grand Duchy ini , konon adalah salah satu negara termakmur di dunia. Kecil-kecil cabe rawit gitu deh. Alasanya karena penghasilan rata-rata per kapitanya tinggi dan angka pengangguran yang sangat sedikit. Lalu apakah di negara ini ga ada pengemis dan gelandangan? Ga juga sih! Masih ada kok di sekitaran kawasan stasiun Luxembourg City. Tetapi ya secara kasat mata jumlahnya sedikiiit. Tidak seperti di kota Paris, banyak pengemis dan gelandangan di beberapa sudut kota. Salah satu kesan pertama yang membuat saya senang berada di negara ini adalah jalan dan lingkungannya begitu bersih, jarang ada sampah berceceran, ga ada tai anjing di trotoar serta ga ada bau pesing orang pipis sembarangan. Saya juga merasa aman dan nyaman di jalan tanpa takut ada copet. Lagi-lagi saya bandinginnya sama lingkungan tempat tinggal saya di Paris. Ups! but it doesn’t mean kalau saya ga suka tinggal di Paris ya 😀 . Saya tetep cinta Paris kok 🙂 .
FullSizeRender (1)

Sudut kota Luxembourg yang tampak bersih dan nyaman

Sore, senja hari dan malam pertama di kota ini, kami manfaatkan untuk random walking. Jalan-jalan keliling di sekitaran city centre Luxembourg yang penuh dengan restoran, kafe dan pertokoan, serta di ville bas Luxembourg yaitu kota bagian bawah Luxembourg. FYI Luxembourg city adalah sebuah kota yang mempunyai landscape unik. Landscapenya berbukit-bukit dan berjurang-jurang. Jadi ada kota di atas dan kota di bawah. Kota ini dikelilingi benteng kuno di beberapa sudutnya. Benteng dan ruang bawah tanah di kota inilah yang menjadi bagian Unesco heritage site. Nah tapi saya jelasinnya di postingan saya selanjutnya ya, pas saya berkunjung langsung di komplek tersebut. Kota ini mempunya beberapa sirkuit untuk heritage walk. Peta dan petunjuk gratisnya bisa didapatkan di tourism office juga. Salah satu jalur yang kami lewati sore itu adalah sirkuit Wenzeslas. Sirkuit ini sebenernya sih mempunyai guided tour sendiri dan pemegang Luxembourg card bisa mendapatkan diskon 30%. Nah untuk penghematan kami ga ikut guided tour, kami asal jalan saja meskipun akhirnya nyasar dan keluar dari sirkuit 😀 . Daripada saya kebanyakan ngomong ga jelas, saya posting foto-foto hasil penyasaran sore dan malam itu aja yaa 😀 . We enjoyed Luxembourg much that afternoon!
FullSizeRender (3)

Karena berbukit-bukit dan berjurang-jurang bangunan kapel pun bisa dibangun nyelempit di antara tebing 😀

IMG_6689

Taman kota Luxembourg yang asri

FullSizeRender (5)

Pemandangan jurang kota Luxembourg dari place de la constitution

IMG_6659

Gedung bank sentral Luxembourg yang mirip kastil

FullSizeRender (6)

Istana Grand Duchy Luxembourg, yang terletak di city centre

FullSizeRender (7)

Patung penakluk naga di Eglise Saint Michel

FullSizeRender (8)

Bock cassemates dilihat dari luar

FullSizeRender (9)

Pemandangan cantik kota Luxembourg di senja hari

FullSizeRender (10)

Bebek nongkrong Luxembourg city

IMG_6766

City centre dilihat dari gerbang Bock Cassemates

IMG_6763

Jembatan kereta api Luxembourg city dengan background kawasan modern kota ini

FullSizeRender (11)

Jembatan tua di Bock Cassemates

FullSizeRender (12)

Salah satu jalur sirkuit Wenzeslas

FullSizeRender (13)

Kota bawah Luxembourg city

IMG_6791

Di bawah jembatan La Passerelle

Iklan

2 Komentar

Filed under Ke Luar Negeri

2 responses to “Ternyata Luxembourg kece juga! #3 : Gudden nometteg Luxembourg!

  1. Dilihat dari foto2 nya emang Luxembourg ini cantik banget ya tempatnya 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s